Iklan Responsif

Benarkah Jupiter Bintang Gagal?

PROFIL JUPITER

Assalamualaikum teman-teman
Kembali lagi dengan artikel sains yang kali ini akan membahas tentang Jupiter. Apa saja yang ada pada Jupiter? Benarkah ada bintik merah sebesar bumi di Jupiter? Dan benarkah kalau Jupiter itu bintang yang gagal? Penasaran? Yuk cek!

Benarkah Jupiter Bintang Gagal?

Definisi Jupiter

Jupiter adalah planet kelima yang dekat dengan matahari. Inti dari planet ini diselimuti hidrogen cair dan atmosfernya dipenuhi oleh awan hidrogen dan helium. Jupiter sendiri merupakan raksasa gas besar yang telah berulang kali menyelamatkan bumi dari hujan meteor. 

Tanpa permukaan berbatu yang menghadang angin, badai di planet jupiter bisa berlangsung selama jutaan tahun. Dengan mempelajari pergerakan gas dari jupiter manusia bisa memahami sistem cuaca di bumi.

Bintik Merah Raksasa

Jupiter memiliki ciri khas berupa bintik merah raksasa atau biasa disebut Great Red Spot. Bintik ini merupakan pusaran badai yang berada di sebelah selatan garis ekuator planet. 

Bintik merah ini telah diamati sejak tahun 1830 dan perkiraan sudah ada sejak 350 tahun. Bintik merah ini sangat misterius sehingga NASA mengirimkan pesawat antariksa Juno untuk meneliti bintik merah ini.

Berdasarkan data yang diperoleh oleh Juno diketahui bintik merah itu berukuran 16.000 km atau sekitar 1,3 kali lebih besar dari bumi. Akan tetapi, lama kelamaan lubang tersebut semakin menyusut.

Data yang diperoleh oleh pesawat Juno akhir-akhir ini menyebutkan bahwa bintik merah ini memiliki akar yang dapat menembus hingga 300 km ke dalam atmosfer jupiter. 

Juno menyebutkan bahwa akar ini memiliki kedalaman 50 hingga 100 kali lebih dalam daripada lautan di bumi dan bagian dasar memiliki suhu yang lebih hangat dibandingkan dengan suhu atas.

Juno telah mendeteksi adanya radiasi yang berada tepat di atas atmosfer jupiter. Zona tersebut meliputi ion hidrogen, oksigen, dan sulfur yang aktif begerak dengan kecepatan hampir seperti kecepatan cahaya.

Jupiter Bukan Planet Tapi Bintang  Gagal

Planet jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya, namun ada yang mengatakan jika jupiter ini bukanlah sebuah planet tetapi sebuah bintang yang gagal.

Kita lihat dahulu perbedaan antara planet dan bintang berikut ini :

1. Ada tidaknya reaksi nuklir yang membakar hidrogen inti.
Inti planet tidak mengalami pembakaran hidrogen, tetapi inti bintang mengalami hal ini. Untuk melakukan pembakaran ini harus memiliki suhu tinggi untuk membakar hidrogen dan syaratnya sebuah objek tersebut harus masif dan memiliki massa minimal 80 kali dari massa jupiter. Obyek yang memiliki massa 80 kali massa jupiter sudah pasti masuk dalam kategori bintang.

2. Cara pembentukannya
Bintang terbentuk ketika awan gas dan debu antar bintang memiliki kerapatan yang tinggi. Sedangkan planet terbentuk dari materi sisa pembentukan bintang. 

Setelah bintang terbentuk kemudian  ada sisa materi yang kemudian mengelilingi bintang seperti sebuah piringan pipih. 

Materi di dekat bintang membentuk planet batuan dan planet yang tersusun oleh gas  terbentuk jauh dari bintang seperti planet gas dalam tata surya.

Akan tetapi, ada juga objek yang disebut bintang gagal. Bintang gagal ini terlalu kecil. Sekalipun materi pembentukannya sama seperti pembentukan bintang pada umumnya sehingga tidak dapat dikatakan sebagai planet. 

Dari massanya, bintang gagal memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan dengan bintang pada umunya namun massanya tetap lebih besar daripada massa jupiter dan sering dianggap sebagai obyek pertengahan antara planet dan bintang. 

Bintang gagal ini massanya sekitar 18 kali massa jupiter dan ia masih tidak mampu membangkitkan pembakaran di inti. 

Kesimpulannya, jupiter bukan sebuah bintang gagal, tetapi ia memang benar sebuah planet karena ia terbentuk dari gas  di dalam piringan bintang setelah terbentuk.

Apakah Jupiter Termasuk Bintang Gagal?

Jupiter tetap bukan bintang gagal sekalipun memancarkan gelombang radio. Materi pembentukan jupiter dan bintang gagal saja sudah berbeda. Massa jupiter juga jauh dari massa minimum sebuah objek yang digolongkan ke dalam bintang.

Jupiter mampu memancarkan 1,6 kali energi yang ia terima dari matahari. Radiasi dari jupiter mengungkapkan bahwa inti jupiter memang sangat panas dan pelepasan panas ini untuk mendinginkan inti planet.

Bisakah Jupiter Menjadi Bintang?

Galileo diterjunkan ke planet jupiter. Instrumen yang gagal dan ilmuwan takut ia tidak akan bisa berkomunikasi dengan pesawat ruang angkasa di masa depan. Apabila dibiarkan ditakutkan Galileo akan menabrak satu persatu bulan yang ada pada Jupiter. 

Ada sebagian ilmuwan yang mengatakan menabrakkan Galileo ke Jupiter adalah aman, namun adapula yang mengatakan akan menyebabkan reaksi kaskade yang akan membuat Jupiter menjadi bintang kedua di tata surya.

Walaupun sebagian besar Jupiter terbuat dari hidrogen, namun ia tidak memiliki cukup massa untuk menjadi sebuah bintang.matahari memproduksi energinya melalui fusi. 

Matahari melakukan reaksi fusi dengan mengompres hidrogen turun ke titik tekanan tinggi dan suhu memampatkan atom hidrogen menjadi helium. 

Matahari lebih besar 1000 kali daripada Jupiter. Untuk membuat Jupiter seperti matahari, maka membutuhkan 1000 Jupiter yang digabungkan menjadi satu. Baru kita memiliki bintang kedua seperti matahari dalam tata surya kita.

Jadi, dengan menabrakkan antariksa ke permukaan planet gas seperti Jupiter tidak akan mebuat dia terbakar atau mulai melakukan reaksi fusi. 

Kita tidak akan pernah mendapatkan bintang kedua dalam tat surya kecuali ada banyak planet seperti Jupiter yang saling menabrakkan dirinya satu sama lain.

Tapi bisa saja kita bisa mendapatkan matahari kedua jika Allah menghendaki. Dia pencipta seluruh alam ini. Apabila DIA sudah berkehendak maka terjadilah.

Apakah Permukaan Jupiter Berbentuk Padat?

Jupiter tidak memiliki permukaan padat seperti bumi tapi ia mesmiliki inti padat berupa batuan es sekitar 10-15 kali massa bumi. 

Di bawah planet jupiter terdapat lapisan tebal hidrogen dan helium sekitar 21000 km yang berubah dari gas ke cair seiring dengan meningkatnya tekanan dan bertambahnya kedalaman.

Demikian uraian tentang apakah Jupiter bintang gagal. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Penulis : Firda Nurul Izzah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel