Iklan Responsif

Sering Merasa Lelah, Apakah Pertanda Penyakit Lupus?

CIRI-CIRI PENYAKIT LUPUS

Sering Merasa Lelah, Apakah Pertanda Penyakit Lupus?

Definition Lupus

Lupus atau disebut dengan penyakit 1000 wajah. Lupus sendiri adalah suatu penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh atau disebut dengan imun tubuh yang menyerang pada  jaringan, sel dan organ tubuh nya sendiri. 

Penyakit lupus disebut dengan penyakit autoimun. Lupus dapat menyerang pada berbagai anggota di organ tubuh seperti sel darah, kulit, ginjal, paru-paru, sumsum belakang, otak dan paru-paru. Pada kondisi orang yang normal, sistem pada kekebalan tubuh atau imunnya akan melindungi tubuhnya dari infeksi. 

Akan tetapi pada seorang penderita penyakit lupus, suatu sistem imunnya justru akan menyerang pada tubuhnya sendiri. Lupus tergolong penyakit yang sangat berbahaya dan cukup banyak merenggut nyawa seseorang. Penyakit  ini tergolong setara dengan penyakit kanker yang bisa menimbulkan kematian. 

Lupus Symptoms

Penyakit lupus dapat menyerang berbagai macam sistem organ, sehingga gejala yang timbul pada penyakitnya sangat bervariasi. yaitu sebagai berikut: 
1. Butterfly Rash atau Malar rash 
Ruam yang menyerupai gambaran kupu-kupu, biasanya muncul pada bagian tubuh wajah terutama di bagian pipi yang mirip seperti kupu-kupu, tangan, leher dan kulit kepala. Ruam ini sering meninggalkan bekas lukanya. . Malar rash merupakan ciri yang khas pada penyakit lupus.

2. Photosensitivity 
Ruam-ruam yang timbul atau semakin parah dikarenakan setelah terkena paparan sinar matahari secara langsung.

3. Arthritis (Radang sendi) 
Perdangan pada sendi tubuh yang menimbulkan ruam, nyeri yang sangat sakit, bahkan anggota tubuhnya sampai bengkak. 

4. Gejala umum lainnya penderita penyakit ini sering merasa kelelahan yang berlebihan sampai tidak bisa berjalan, badan terasa sangat lemah, demam, dan pegal-pegal pada sendinya. Gejala ini muncul pada masa aktif saja, sedangkan pada masa non aktif (resimis) gejala ini akan menghilang. 

Lupus Cause

Lupus merupakan suatu penyakit yang timbul akibat gangguan pada sistem imun atau kekebalan tubuh oleh seseorang. Hal itu mungkin bisa terjadi karena adanya suatu kombinasi antara lingkungan dan genetika. 

Jadi penyebab penyakit odapus atau lupus memang  masih belum diketahui secara pasti. Meskipun belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun sudah ada beberapa pemicu pontesialnya.

1. Faktor genetik 
Jika disalah satu keluarganya ada yang mempunyai riwayat penyakit lupus maka akan besar kemungkinan penyakit tersebut akan menular secara turun temurun.

2. Faktor lingkungan 
Lingkungan yang kurang sehat maka akan rentan dapat menimbulkan penyakit lupus atau odapus. Misalnya pada lingkungan yang berasap rokoknya terlalu banyak, lingkungan yang berpolusi dan lingkungan yang banyak ada zat beracunnya.

3. Jenis kelamin
Wanita memiliki resiko sangat lebih tinggi mengidap penyakit odapus yaitu sekitar 9 kali lebih tinggi dibandingkan dengan seorang pria.

4. Hormon tubuh
Hormon androgen seorang pria lebih rendah dibandingkan hormon esterogen yang ada pada tubuh wanita yaitu 9 kali lebih tinggi. Sehingga wanita lebih mudah terkena penyakit tersebut.


Lupus Types

1. Systemic lupus erthematosus (SLE)
Jenis lupus ini yang paling sering terjadi dikalangan para wanita. Jenis penyakit ini menyerang berbagai jaringan pada tubuh seperti, kulit, sendi, otak, paru-paru, ginjal, dan pembuluh darah.

2. Discoid lupus erthematosus
Jenis lupus yang diserang adalah pada bagian jaringan kulit, sehingga menyebabkan teradinya ruam-ruam.

3. Neonatal lupus 
Penyakit lupus yang menyerang pada bayi baru lahir. Penyakit ini dialami oleh seorang bayi yang dilahirkan ibu yang memiliki penyakit lupus atau odapus..

4. Lupus akibat obat-obatan
Gangguan pada penyakit ini biasanya hanya terjadi pada waktu yang singkat. Mungkin obat-obatan yang dikonsumsi menimbulkan efek samping yang gejalanya mirip dengan penyakit lupus.

5. Subacute cutaneous lupus erythematosus
Penyakit lupus yang jaringan tubuhnya terasa terbakar dan menimbulkan luka, bahkan ruam merah-merah jika terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Prevention of Lupus

Sebagian besar orang yang mengidap penyadit lupus adalah kaum perempuan. Penyakit ini juga bisa dihindari dengan menerapkan pola gaya hidup yang sehat. 

Jika ingin meminimalisir terkenanya atau kambuh terhadap penyakit lupus:
1. Hindari berfikir yang berlebihan karena bisa menimbulkan stress
2. Menerapkan hidup yang lebih sehat 
3. Sering-sering berolahraga
4. Jika penderitanya merokok, maka hindari terlebih dahulu
5. Istirahat harus secara cukup
6. Harus menghindari paparan sinar matahari pada siang hari secara langsung

Penulis : Farda Zahroh Dinafil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel