Iklan Responsif

Bahaya Buang Air Kecil Sembarangan

Efek buruk buang air kecil sembarangan di tempat umum

Efek buruk buang air kecil sembarangan di tempat umum

Buang Air Kecil

Halo Guys kembali lagi bersama saya di artikel sains kali ini. Kali ini saya akan membuat artikel bertema efek buruk buang air kecil sembarangan di tempat umum. Tapi pertama kali yang kita bahas adalah bagaimana tipe buang air kecil yang di sebut dengan buang air kecil sembarangan itu.


Buang Air Kecil

Pipis Sembarangan


Buang air kecil sembarangan atau pipis sembarangan adalah kegiatan membuang hasil ekskresi di tempat yang tidak seharusnya di buang dan dapat menyelakai orang lain. Dan sebagian besar buang air kecil sembarangan dilakukan di tempat umum dan mengganggu ketertiban jalan dengan baunya. 

Padahal apa yang mereka lakukan di tempat umum tersebut dapat merugikan diri mereka dan orang lain di sekitar mereka. Baik efek buruk itu merugikan kehidupan sosial mereka maupun kesehatan mereka.

Pipis Sembarangan

Kesehatan Diri Sendiri

Pengaruh buang air kecil sembarangan pada kesehatan diri yang paling terlihat adalah pengaruh terhadap kesehatan seseorang yang buang air kecil sembarangan. Pengaruh buruk itu di sebabkan karena organisme-organisme sepeti virus, bakteri, kuman dan organisme lainnya masuk kedalam lubang alat vital dari udara kotor dari luar dan  masuk menganggu tubuh kita dengan sifat parasit mereka.

Saat sifat parasit mereka muncul tubuh kita akan dimasuki oleh penyakit dan akan sakit karenanya. Dari penyakit-penyakit yang masuk ke tubuh kita saat kita buang air kecil sembarangan terdapat berbagai penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita, penyakit tersebut diantaranya adalah :

Kesehatan Diri Sendiri

Penyakit Berengan 
Penyakit yang terjadi karena jamur masuk di sela-sela selangkangan dan menjadi infeksi kulit.

Penyakit Bisul
Penyakit ini timbul karena bakteri atau organisme lainnya masuk ke permukaan pori-pori kulit yang menyebabkan sel darah putih mencoba menyerang bakteri hingga permukaan pori-pori tersebut mengakibatkan timbulnya gundukan.

Penyakit Kurap
Di mana penyakit ini disebabkan oleh jamur dermatofita. Berbeda dengan panu, penyakit kurap akan menimbulkan rasa gatal yang hebat ketika kulit berkeringat. Bentuknya agak bulat dengan bagian tepi berwarna lebih merah akibat peradangan.

Penyakit Panu (Pitiriasis versikolor)
Di mana penyakit panu tersebut disebabkan oleh kuman tinea versikolor dan umumnya tidak menimbulkan gatal. Penyakit ini akan menyebabkan bercak bersisik berwarna-warni mulai dari putih, merah, sampai kecokelatan. Biasanya mengenai bagian muka, leher, badan, ketiak, tungkai, lengan, dan masih banyak lagi.

Kesehatan Lingkungan.
Selain berpengaruh terhadap kesehatan diri sendiri kencing sembarangan juga dapat menimbulkan beragai macam penyakit bagi orang sekitar kita bahkan orang yang kencing sembarangan dapat menyebarkan penyakit yang dapat menular hanya dengan uap dari air seni di tempat yang umum.
Berikut ini berberapa penyakit yang dapat Menular Melalui Udara :

Penyakit Influenza atau Flu 
Virus influenza sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Penyakit yang ditularkan lewat udara terjadi karena kontak langsung, seperti bersin atau batuk ataupun tidak langsung contohnya adalah seperti uap kencing orang yang mengidap flu.

Dalam banyak kasus, seseorang yang mengidap virus influenza ini akan mengalami gejala ringan seperti batuk, bersin, demam, lelah, nyeri otot, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Yang bikin resah, penyakit yang ditularkan lewat udara contohnya adalah uap dari kencing di mana virus ini terus bermutasi dan menyebabkan berbagai penyakit serius lainnya. Misalnya, flu burung atau swine flu.

Penyakit TBC
Penyakit TBC memiliki cara penularan hampir sama dengan virus flu. Di mana Bakteri tuberkulosis (TBC) bisa menyebar di udara pada saat pengidapnya batuk, meludah, bersin, ataupun uap kencing mereka. Penyakit Tuberkulosis sendiri merupakan infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang bisa menyerang dan merusak jaringan tubuh pengidapnya. 

Selain menyerang paru-paru, Bakteri TBC juga bisa menyebar ke tulang, sistem saraf pusat, jantung, kelenjar getah bening, dan organ lainnya. TBC laten merupakan jenis TBC yang paling sering diidap oleh seseorang yang terinfeksi. 

TBC laten ini merupakan bakteri TBC yang “tertidur” atau belum aktif secara klinis. Bakteri TBC ini akan aktif dan menunjukkan gejala-gejalanya setelah periode waktu tertentu. Bisa beberapa minggu atau tahun, bergantung dengan kondisi kesehatan dan daya tahan pengidapnya.

Itu adalah berberapa penyakit yang rentan sekali tertular dari air kencing yang menguap di udara jadi sebaiknya  kita menjauhi buang air kecil sembarangan atau tempat yang biasanya banyak orang yang buang air kecil sembarangan.

Bahaya Buang Air Kecil Sembarangan

Tinjauan dari sudut pandang Islam
Menurut Agama Islam buang air kecil sembarangan di pinggir jalan tanpa menutupi diri adalah termasuk dosa besar, juga menjadi sebab terkena siksa di alam kubur. Di samping itu pakaian yang kita pakai saat buang air mudah terkena najis karena bekas kencing pada kemaluan tidak dibersihkan, begitu pula bau kencing tersebut sangat mengganggu orang lain.

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati salah satu sudut kota Madinah atau Makkah, lalu beliau mendengar suara dua orang yang sedang diazab di kubur. Beliau pun bersabda,
يُعَذَّبَانِ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ، بَلَى، كَانَ أَحَدُهُمَا لاَ يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ، وَكَانَ الآخَرُ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ

“Mereka berdua disiksa. Mereka menganggap bahwa itu bukan perkara besar, namun sesungguhnya itu perkara besar. Orang yang pertama disiksa karena tidak menutupi diri ketika kencing. Adapun orang yang kedua disiksa karena suka mengadu domba.” (HR. Bukhari 216 dan Muslim no. 292).

Dari Penjelasan di atas kita telah paham bahwa buang air kecil sembarangan itu dosa besar dan akan di siksa nantinya saat kita sudah berada dalam Alam kubur. Jadi bagi kalian yang merasa beragama muslim sebaiknya kalian menjauhi perbuatan buruk seperti buang air kecil sembarangan dan melakukan hal yang lebih baik dan berguna bagi diri kalian dan orang lain.

Tinjauan dari sudut pandang Islam

Tips Menjaga Kesehatan.

Baik sebelum artikel ini saya akhiri saya akan memberikan tips menjaga kesehatan dan cara buang air kecil yang baik agar penyakit tidak masuk ke dalam tubuh kita.

Tips yang pertama adalah buang air kecil di tempatnya. Karena jika kita buang air kecil di tempatnya kita bisa terhindar dari penyakit yang telah saya bahas sebelumnya dan juga tidak menyebabkan orang lain sakit dengan penyakit kita.

Tips kedua adalah membersihkan diri kita setelah kita buang air kecil. Karena setelah buang air kecil pasti ada bakteri dari dalam tubuh atau luar yang menempel di tubuh kita sebaiknya kita membersihkan alat vital kita agar bakteri tersebut tidak masuk ke tubuh kita dan menyebabkan penyakit.

Tips ketiga adalah berdoa sebelum kita masuk ke dalam ruangan kita buang air kecil.Karena dengan berdoa kita dilindungi oleh Allah dari setan, jin dan penyakit yang dapat menempel di tubuh kita.

Itu saja tips yang bisa saya berikan untuk menjaga kesehatan tubuh kalian.Semoga Artikel yang saya buat bermanfaat bagi saya dan ada semua yang membaca artikel ini.
Terima Kasih

Penulis : Muhammad Nuh Fathsyah Siregar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel