Iklan Responsif

Gerhana Matahari: Pengertian, Proses Terjadinya, Jenis, dan Dampak Gerhana Matahari

Gerhana matahari. Telusuri selengkapnya!!!

Gerhana Matahari: Pengertian, Proses Terjadinya, Jenis, dan Dampak Gerhana Matahari

Definisi Gerhana Matahari

Gerhana matahari merupakan suatu kejadian ketika matahari tertutup oleh bulan karena pada saat itu posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Sehingga  ketika gerhana matahari terjadi, kondisi bumi akan gelap. Terjadinya gerhana matahari biasanya hanya terdapat di beberapa wilayah tertentu dan kondisi bulan menutupi matahari ini hanya berlangsung beberapa menit saja. 

Penyebab Terjadinya Gerhana Matahari

Gerhana matahari dapat terjadi jika matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus atau jika bulan berada di antara bumi dan matahari. Karena bulan terletak di antara bumi dan matahari, maka bayang-bayang bulan akan mengenai bumi, artinya cahaya matahari yang akan menuju ke bumi pada siang hari terhalang oleh bulatan bulan.

Karena diameter bulan lebih kecil daripada diameter bumi, maka gerhana matahari dapat terjadi pada sebagian kecil permukaan bumi dan hanya berlangsung kurang lebih 7 menit. Jika di suatu tempat bulan tampak menghalangi matahari sepenuhnya, maka terjadilah gerhana matahari total, sedangkan jika bulan hanya melintasi titik tengah matahari, maka yang terjadi adalah gerhana matahari sebagian.

Jenis Gerhana Matahari

Gerhana Matahari Total
Gerhana matahari total terjadi jika saat puncak gerhana, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat itu, piringan bulan akan terlihat sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. Ukuran piringan matahari dan piringan bulan akan berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak bumi-bulan dan bumi-matahari.

Gerhana Matahari Sebagian
Gerhana matahari sebagian terjadi saat piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Pada gerhana matahati sebagian, pasti selalu ada bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan.

Gerhana Matahari Cincin
Gerhana ini dapat terjadi saat piringan bulan menutup sedikit bagian dari piringan matahari dan terjadi jika ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari, sehingga ketika piringan bulan berada tepat di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan matahari akan tertutup oleh piringan bulan. 

Gerhana Matahari Hibrida
Gerhana hibrida sebenarnya berasal dari gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian. Pada beberapa titik di bumi, akan tampak sebagai gerhana matahari total, sedangkan di beberapa wilayah yang lain akan tampak sebagai gerhana matahari sebagian.

Dampak Gerhana Matahari

Bagi mata manusia
Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) walaupun hanya dalam beberapa detik dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata akibat radiasi tinggi yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan.

Bagi medan magnet Bumi
Dampak yang paling nyata dirasakan akibat dari adanya gerhana matahari total adalah gangguan pada gravitasi atau medan magnet bumi. Hal ini terjadi karena gerhana matahari total akan menghambat pemanasan dan juga proses ionisasi di lapisan ionosfer atmosfer Bumi. Dengan demikian medan magnet Bumi akan terganggu.

Fakta-fakta Gerhana Matahari

Gerhana Matahari Terjadi Dua hingga Lima Kali Setiap Tahun
Hal ini tergantung pada geometri Matahari, Bulan, dan Bumi, fenomena GMT terjadi antara 2 hingga 5 kali setiap tahun. Geometri ini yang menyebabkan jenis gerhana berbeda-beda.

Gerhana Menutupi Cahaya Matahari
Gerhana Matahari Total terjadi saat Bulan benar-benar menutupi Matahari sehingga hanya korona Matahari yang terlihat.

GMT Peristiwa Langka
Fenomena Gerhana Matahari Total hanya bisa terjadi sekali setiap 1-2 tahun. Hal ini membuat GMT menjadi peristiwa yang sangat langka.

Disaksikan di Kutub Utara & Kutub Selatan
Jika Anda tinggal di Kutub Utara atau Selatan, Anda akan melihat gerhana matahari parsial. Orang-orang di bagian lain dunia dapat melihat gerhana Matahari parsial, total, annular, dan hybrid gerhana.

Durasi Terlama GMT
Gerhana Matahari Total terpanjang bisa bertahan hingga 7,5 menit.

Lebar Cakupan Bayangan GMT
Lebar total GMT biasanya sekira 160 kilometer  dan dapat menyapu luas permukaan bumi sepanjang 10 ribu mil.

Terjadi 18 Tahun Kemudian
Gerhana hampir identik terjadi setelah 18 tahun dan 11 hari. Periode ini berdasarkan 223 bulan synodic yang disebut saros.

Planet  Lain Dapat Terlihat
Jika ada planet di langit pada saat Gerhana Matahari Total, mereka dapat dilihat sebagai titik cahaya.


Penulis : Vera Nur Aini


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel