Iklan Responsif

Perbedaan Selulit dan Strech Mark

BENARKAH STRECH MARK DAN SELULIT ITU SAMA?

BENARKAH STRECH MARK DAN SELULIT ITU SAMA?

Hallo kawan-kawan ku semua!
Ketemu lagi artikel kali ini akan membahas tentang apa benar strech mark dan selulit itu sama? Mungkin banyak dari kalian yang belum mengerti benar tidaknya atau mungkin dari kalian tidak mengerti apa artinya. Untuk itu jika kalian ingin mengetahuinya dan mau menambah ilmu maka baca dan pahami artikel ini. Yuk simak dan baca sampai selesai ya!

Pengertian strech mark

Strech mark ialah guratan pada kulit yang muncul karena kulit mengalami perenggangan secara drastis yang menyebabkan lapisan tengah kulit akan menipis sehingga lapisan dibawahnya muncul ke permukaan kulit. Guratan tersebut mulanya berwarna kemerahan yang lama kelamaan akan berubah warna menjadi putih. Strech mark bisa timbul di tubuh perempuan maupun laki-laki.

Pengertian strech mark

Pengertian selulit

Selulit merupakan kondisi dimana adanya lemak dibawah permukaan kulit, lemak tersebut mendorong jaringan ikat diatasnya sehingga mengakibatkan timbulnya gumpalan-gumpalan kecil pada kulit atau nampak bergelombang dan tidak rata pada kulit seperti kulit jeruk. Selulit umunya terjadi pada wannita dibandingkan pria. 

Pengertian selulit

Penyebab timbulnya stretch mark dan selulit

Sesuatu yang terjadi pasti ada penyebabnya ya strech mark dan selulit memiliki faktor penyebab sehingga bisa timbul hal tersebut. 
Penyebab timbulnya stretch mark dan selulit


Beberapa faktor yang memicu terjadinya strech mark, yaitu:
1. Kulit perenggangan yang drastis
2. Saat hamil
3. Wanita selesai melahirkan
4. Kenaikan berat badan 
5. Penurunan berat badan yang ekstrim

Selanjutnya beberapa faktor yang menyebabkab timbulnya selulit, yaitu:
1. Faktor genetik
2. Perubahan hormon
3. Jumlah lemak tubuh
4. Metabolisme tubuh melambat
5. Aktivitas fisik yang kurang


Perbedaan stretch mark dan selulit

Sama tapi tak serupa itu lah ibarat dari strech mark dan selulit. Jadi strech mark dan selulit itu berbeda perbedaannya bisa dilihat dari bentuk, letak, dan penyebabnya.

Dilihat dari bentuknya
Strech mark bentuknya seperti guratan, garis atau kerutan yang mulanya berwarna merah yang lama kelamaan berwarna putih, dan warnanya akan berbeda dengan warna kulit. Sedangkan selulit bentuknya bergelombang dan tidak rata pada kulit bentuknya seperti kulit jeruk, selulit merubah tekstur kulit tanpa merubah warna kulit.

Dilihat dari letaknya
Strech mark akan lebih sering muncul di bagian tubuh yang mudah merenggang. Misalnya pada bagian tubuh payudara, lengan bagian atas, pantat, dan paha. Sedangkat selulit bisa muncul dibagian tubuh manapun, tergantung kondisi tubuh anda. Sebagian besar selulit akan muncul di sekitar perut, pantat, paha belakang, dan pinggang.

Dilihat dari faktor penyebab terjadinya
Strech mark dan selulit memiliki faktor penyebab yang berbeda. Strech mark terjadi pada ibu hamil dan pasca melahirkan, kenaikan berat badan, dan penurunan berat badan yang drastis. Sedangkan selulit terjadi karena faktor genetik, perubahan hormon, dan metabolisme tubuh yang melambat.

Perbedaan stretch mark dan selulit

Cara mengatasi stretch mark dan selulit

Strech mark dan selulit ini sebenarnya kondisi tidak membahayakan bagi kesehatan. Namun biasanya orang yang memiliki atau timbul strech mark maupun selulit ditubuhnya merasa khawatir. Karena bisa mengurangi rasa kepercayaan diri terutama pada wanita yang menganggap hal tersebut akan  mengganggu penampilan dan kecantikan. 

Namun jangan khawatir segala masalah insyallah mempunyai jalan keluar. Seperti halnya strech mark dan selulit ini memiliki cara untuk memudarkankannya dengan bahan-bahan alami dan mudah didapatkan, yaitu:

Strech mark

Lidah buaya
Caranya mudah yaitu dengan mengambil gel pada bagian daging atau tengah lidah buaya lalu mengoleskan gel tersebut secara merata di bagian tubuh yang ada strech mark diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Minum air mineral
Dengan meminum air mineral sebanyak 8 gelas sehari bisa membantu menjaga tingkat ke elastisan kulit dan mempercepat proses regenerasi pada kulit sehingga strech mark pun bisa ikut memudar.

Lemon
Lemon banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk anti-oksidan dan mengandung asam alpha hidroksi yang bisa menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Caranya dengan cara mengoleskan perasan air lemon pada strech mark , dengan cara ini bisa membantu untuk membuat strech mark lebih cepat memudar.

Cara mengatasi stretch mark dan selulit

Selulit

Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang dapat membantu menjaga kaadar air dalam tubuh dan mengandung anti-oksidan, yaitu polifenol yang berguna untuk membantu proses regenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Caranya muda hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang terdapat selulit.

Bubuk coklat
Caranya mudah sekali buat pasta terlebih dahulu dengan mencampurkan bubuk coklat dan air lalu aduk hingga menjadi pasta setelah itu oleskan pada bagian yang ada selulitnya dua kali sehari.

Minyak vitamiin E 
Vitamin E diyakini efektif untuk menangani masalah kulit. Caranya pengaplikasiannya mudah hanya dengan mengoleskan pada bagian yang terkena selulit secara rutin agar hasilnya memuaskan.

Nah jadi gimana kawan kalian sudah mengerti kan apa itu strech mark dan selulit, perbedaan, penyebab, dan cara untuk mengatasi masalah tersebut semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Penulis : Rela Amalyaningsih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel