Iklan Responsif

Mendengkur: Pengertian. Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Bagaimana Tidur Bisa Mendengkur?

Bagaimana Tidur Bisa Mendengkur?

Definisi mendengkur

Hallo, artikel ini akan membahas tentang kebiasaan mendengkur. Kalian tahu tidak? Kebiasaan mendengkur ternyata menandakan suatu penyakit. Tentu kalian pernah melihat orang mendengkur atau bahkan kalian pernah merasakan mendengkur? Segera waspada dan hentikan kebiasaan buruuk itu ya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel di bawah ini.

Mungkin sebagian orang baik pria maupun wanita pernah mengalami mendengkur ketika tidur. Hal itu terjadi begitu saja dengan tidak sadar. Mendengkur adalah suatu kondisi seseorang ketika tidur mengeluarkan suara yang kasar atau bahkan disertai dengan mengaum. 

Terjadinya mendengkur saat tidur dikarenakan adanya penyempitan pada area jalur pernapasan. Banyak yang tidak peduli dengan keadaan mendengkur. Padahal, mendengkur dapat menandakan adanya  penyaki-penyakit yang membahayakan. 

Namun mendengkur tidak memerlukan pengobatan yang serius. Hanya perlu mencegahnya dengan kebiasaan agar tidak terjadi mendengkur. Pada artikel ini akan dibahas mengenai penyebab, tanda-tanda, dampak dari mendengkur dan juga cara mencegah terjadinya mendengkur.

Definisi mendengkur

Apa penyebab mendengkur?

Banyak yang berpikir bahwa tidur dalam keadaan mendengkur merupakan hal yang biasa. Mendengkur disebabkan karena terjadi penyempitan di area jalur pernapasan sehingga ketika nafas melewati saluran pernapasan tersebut akan menimbulkan suatu getaran dan suara yang keras. Banyak orang yang mengalami mendengkur saat tidur. Namun, seringkali orang-orang mengabaikan tentang hal ini. 

Apa penyebab mendengkur?


Mendengkur dapat terjadi karena beberapa penyebab:

  • Kelebihan berat badan, karena orang yang memiliki berat badan berlebihan cenderung memiliki jaringanb tenggorokan yang tebal.
  • Ketika dalam keadaan flu, maka hidung akan tersumbat sehingga menyebabkan pernapasan tidak lancar.
  • Mendengkur bisa juga terjadi karena pembengkakan kelenjar gondok.
  • Kebiasaan minum minuman bealkohol juga dapat menyebabkan terjadinya mendengkur saat tidur.


Mendengkur dapat terjadi karena beberapa penyebab:

Bagaimana mendeteksi mendengkur?

Orang yang ketika tidur mendengkur biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sedang mendengkur. Namun tidur yang mendengkur dapat menjadi sebab adanya gangguan dalam kesehat. 

Hal tersebut dapat dideteksi dengan tanda sebagai berikut:
a. Kesulitan untuk bangun tidur
b. Nafas menjadi terengah-engah
c. Tungkai kaki sering menyentak sendiri.

Namun, bila mengalami hal-hal tersebut lebih baik memeriksakan ke dokter. Dokter akan menanyai penyakit apa yang pernah dialami. Jika keadaanya semakin parah maka dokter akan memasukkan sebuah kamera atau alat sensori kedalam organ tubuh. 

Dokter akan melihat bagian otah, detak jantung dan tentu saja pergerakan bola mata. Hal tersebut dilakukan karena untuk mengetahui gejala-gejala penyakit yang sedang tejadi.

Bagaimana mendeteksi mendengkur?

Bagaimana mencegah mendengkur?

Semua orang yang pernah mengalami mendengkur tentu akan menganggap bahwa hal ini adalah hal yang sudah biasa. Namun ada juga beberapa orang yang khawatir dan takut tentang kebiasaan mendengkur. 

Artikel ini akan membeahas tentang bagaimana pencegahan terjadinya mendengkur. Sebelumnya untuk mengetahui pencegahan tentu harus mengetahui penyebabnya mendengkur. Tapi di paraagraf atas telah di bahas mengenai penyebab mendengkur. 

Mendengkur dapat dicegah dengan cara:

  • Menurunkan berat badan, karena berat badan yang berlebihan juga mempengaruhi  terjadinya mendengkur.
  • Menghindari minum minuman beralkohol
  • Tidak merokok atau menghindari asap rokok
  • Istirahat cukup akan mencegah tetrjadinya mendengkur, karena orang yang terlalu kecapek an ketika beraktivitas akan cenderung mendengkur ketika tidur.


Mendengkur dapat dicegah dengan cara:

Apa masalah yang timbul dari mendengkur?

Mendengur akan memiliki dampak yang buruk atau masalah yang terjadi pada kesehatan tubuh. Karena tubuh yang sehhat akan nyenyak ketika tertidur. Mendengkur biasanya menyebabkan seseorang akan terengah-engah ketika bernafas. Namun, ada dampak yang sangat serius yang disebabkan dari terjadinya mendengkur. 

Apa masalah yang timbul dari mendengkur?


Dampak yang mungkin terjadi karenan mendengkur yaitu:

  • Tekanan darah akan naik sehingga menyebabkan penyakit darah tinnggi
  • Yang mungkin terjadi ialah serangan jantung dan stroke
  • Depresi dan stres berat, hal ini akan menyebabkan gangguan mental pada seseorang.
  • Ketika sering mendengkur, seseorang akan mengalami penurunan konsentrasi atau bahkan kesulitan untuk konsentrasi
  • Ketika seseorang sering mendengkur biasanya akan menyebabkan sering marah-marah dan frustasi.



Penulis : Silvia Melinda


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel