Iklan Responsif

Penerapan Fluida Dinamis Dalam Kehidupan Sehar-hari

Penerapan Fluida Dinamis

Penerapan Fluida Dinamis Dalam Kehidupan Sehar-hari



Kita tahu bahwa aliran air sungai menggunakan konsep fisika yaitu fluida.Fluida yang kita tahu adalah zat yang dapat mengalir, namun zat yang dapat mengalir itu tidak hanya zat cair,bisa saja zat gas,batu dan benda padat tidak di golongkan sebagi fluida karena tidak dapat mengalir.

Fluida sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, setiap hari manusia menggunakan fluida seperti minum,mencuci,menghirup udara dan banyak aktivitas lain yang menggunakan fluida.

Fluida ini di bagi menjadi dua bagian yaitu Fluida Statis dan Fluida Dinamis. Karena di sini kita akan membahas tentang aliran air sungai maka menggunakan konsep fluida dinamis.

Apakah yang dimaksud dengan fluida dinamis?

Fluida dinamis adalah fluida yang bergerak baik berupa zat cair maupun gas.aliran sungai di anggap mempunyai kecepatan yang konstan tidak mengalami putaran-putaran, dan volumenya tetap tidak mengalami perubahan.

Penerapan Fluida Dinamis Dalam Kehidupan Sehar-hari

Sebenarnya dalam fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari banyak penerapannya seperti pesawat terbang, penyemprot parfum, penyemprot obat nyamuk dan lain-lain.apabila pengukuran dilakukan pada aliran sungai pada sungai yang lebar kita dapat menentukan lebar penampan sungai, panjang aliran sungai,volume air, debit air, dan juga laju aliran air.

Dalam konsep fluida terdapat hukum bernoulli yang dapat di terapkan pada fluida statis maupun fluida dinamis.azas bernoulli menjelaskan bahwa tekanan fluida dan kelanjuan fluida pada pipa mendatar.

Pada penerapan hukum berneolli dalam kehidupan sehari-hari seperti penyemprot parfum, penyemprot obat  nyamuk,cerobong asap,pesawat terbang dan lain sebagainya.

Penyemprot parfum memiliki ukuran diameter pipa yang kecil.pada penyemprot parfum ada dua bagian pipa yaitu pipa yang berhubungan dengan udara luar dan pipa yang berhubungan dengan cairan parfum.

Penerapan Fluida Dinamis Dalam Kehidupan Sehar-hari

Pipa yang berhubungan dengan udara luar akan mempunyai tekanan rendah akibat di tekan dan kelajuannya tinggi,apabila pada pipa yang berhubungan dengan cairan parfum berlaku sebaliknya tekanannya tinggi namun kelajuannya rendah.

Cerobong asap, asap dapat keluar dari cerobong asap karena tekanan udara di dalam lebih besar daripada tekanan udara di luar.

Pesawat terbang memanfaatkan hukum berneolli tepat di bawah sayap terdapat laju aliran udara, tekanan di atas pesawat lebih kecil daripada tekanan di bawah pesawat diakibatkan laju aliran di atas pesawat lebih besar.

Mengakibatkan terjadinya gaya angkat pesawat dari hasil selisih antara tekanan pada atas pesawat dan pada bawah pesawat dikali dengan luas efektif pesawat. Dengan begitu pesawat dapat terbang dengan baik.

Simpulan

Fluida dinamis pada penerapannya dapat diterapkan pada fluida yang bergerak yang memiliki sifat-sifat fluida dan terdapat hukum bernoulli.

Penulis: Alfina Mayarotin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel