Iklan Responsif

Pengertian Inovasi Pendidikan Menurut Ahli

Secara etimologi inovasi berasal dari kata latin innovation yang berarti pembaharuan dan perubahan.

Pengertian Inovasi Pendidikan Menurut Ahli


Inovasi ialah suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan, yang lain atau berbeda dari yang ada sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja. Istilah perubahan dan pembaharuan ada perbedaan dan persamaannya. 

Perbedaannya, kalau pembaharuan terdapat unsur kesengajaan. Persamaannya, yakni sama-sama memiliki unsur yang baru. 

Amabile et al. (1996) mendefinisikan inovasi yang hubungannya dengan kreativitas adalah: Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru.

Inovasi dapat menjadi positif atau negatif. Inovasi positif didefinisikan sebagai proses membuat perubahan terhadap sesuatu yang telah mapan dengan memperkenalkan sesuatu yang baru yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. 

Inovasi negatif menyebabkan pelanggan enggan untuk memakai produk tersebut karena tidak memiliki nilai tambah, merusak cita rasa dan kepercayaan pelanggan hilang. 

Inovasi selalu berkaitan dengan masalah kreasi dan/atau penciptaan sesuatu yang baru dan menuju ke arah yang lebih baik.


Sumber : 

Roesminingsih, Susarno L.H. 2019. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel