Iklan Responsif

Peranan Lingkungan Bagi Pendidikan

MATERI PERANAN LINGKUNGAN BAGI PENDIDIKAN

Peranan Lingkungan Bagi Pendidikan


Kegiatan pendidikan akan selalu berkaitan erat dengan namanya lingkungan dikarenakan manusia akan menempati sebuah lingkungan untuk mereka hidup dan berinteraksi dengan sesamanya. Dalam konteks pendidikan. Lingkungan sering diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di luar diri seseorang yang bisa dilihatnya secara langsung, maka bisa juga tarik sebuah pengertian banwa llingkungan pendidikan adalah segala sesuatu yang terjadi disekitar manusia baik berupa benda mati atau maklik hidup maupun berbagai macam peristiwa yang terjadi secara lansung dan dapat memberikan pengaruh yang besar pada manusia itu sendiri tanpa disadarinya, seperti linkungan tempat pendidikan berlangsung dan lingkungan tempat berinteraksi antar sesama manusia,. 

Lingkungan ini kemudian dijadikan satu dalam sebuah lembaga yang disebut dengan lembaga pendidikan yang sesuai dengan jenis dan tanggung jawabnya  secara khusus menjadi ciri khas dari lembaga tersebut.

Proses perkembangan anak lingkungan

Menurut pada proses perkembangan anak lingkungan juga dibagi lagi menjadi 2 bagian yaitu linkungan sengaja dan lingkungan tidak sengaja. Lingkungan sengaja adalah lingkungan yang sengaja diadakan ( usaha sadar ) untuk mempengaruhi watak/ sikap anak menuju arah yang lebih baik Yang disebut pendidikan.seperti: lingkungan kelurga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan, lingkungan tidak sengaja adalah lingkungan yang tidak disengaja keberadaannya (usaha tidak sadar ) yang dapat mempengaruhi sikap anak yang biasa disebut dengan pengaruh.

Berikut ini  adalah pembagian lingkungan pendidikan yang terbagi kedalam 3 bagian berikut ini:

1. Lingkungan Keluarga

Lingkungan Keluarga adalah lingkungan pendidikan pertama/paling utama yang dialami oleh setiap individu. Lingkungan ini memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangan kepribadian/karakter seorang anak karena sebagian besar masa hidupnya pasti berada didalam lingkungan keluarga. Oleh karena itu, sebagai orang tua harusnya bisa menumbuhkan suasana edukatif yang nyaman dan menyenangkan bagi anak agar anak tersebut sudah terbiasa melakukan sebuah tindakan yang bermanfaat. 

Orang tua harus sadar dalam tanggung jawabnya membesarkan seorang anak dengan cara mengetahui pekembangan anak dan membekalinya dengan berbagai nasehat yang bijak dan suri tauladan yang baik supaya tumbuh sebuah karakter/watak yang baik dari dalam anak tersebut.

2. Lingkungan Sekolah

Lingkungan sekolah adalah sebuah lembaga resmi yang dibentuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secar sistematis,berencana,dan terarah. Mulai dari Taman Kanak-kanak(TK) sampai Perguruan Tinggi (PT ). Dengan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh orang tua untuk melihat perkembangan anak.maka diperlukan lah sebuah lembaga untuk meneruskan peran orang tua dalam bidang pendidikan yang disebut sekolah. 

Sekolah sebagai penyelenggara resmi pendidikan formal mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengelola dan mengembangkan kemampuan dan potensi dalam diri seorang anak untuk dimaksimalkan sebagai pembantu di kehidupannya di masa mendatang. Sekolah memiliki jenjang dan tujuan berdasarkan kemampuan dan usia yang sedang dimiliki oleh para muridnya. Dengan demikian sekolah mampu memberikan lulusan yang memiliki karakter,kecakapan,dan keterampilan yang mumpuni untuk hidup di masyarakat

3. Lingkungan Masyarakat

Lingkungan Masyarakat adalah sebuah lingkungan tempat tinggal sekumpulan manusia dalam suatu kawasan dan saling berinteraksi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Lingkungan ini adalah tempat sosialisasi/interaksi bagi seseorang setelah mengeyam pendidikan sekolah. Disini seseorang akan diuji mengenai apa yang telah didapatkankannya setelah melewati beberapa proses pendidikan. Dan didalam lingkungan masyarakat ini memiliki pengaruh begitu besar dibandingkan lingkungan lainnya. Jika seseorang mampu memberikan  pengaruh besar dalam masyarakan. Maka dapat dipastikan seseorang tersebut akan menjadi pemimpin/tokoh masyarakat yang selalu bermanfaat bagi orang lain.

Di dalam ketiga lingkungan diatas.semuanya saling memiliki keterkaitan erat dalam perkembangan dan proses kedewasaan seseorang yang berpaengaruh kuat dalam kehidupannya. Maka hal ini perlu diketahui oleh semua masyarakat. Khususnya orang tua,untuk mendidik anak mereka dan mengawasi perkembangannya agar bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesamanya

Penulis : M.Sokhibul Kafii


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel