Iklan Responsif

Pentingnya Pendidikan

Materi Pentingnya Pendidikan

Pentingnya Pendidikan

Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah suatu kebutuhan setiap manusia. Tanpa pendidikan seseorang akan larut dan hanyut dalam kebodohan. Pendidikan merupakan usaha seseorang untuk mengembangkan potensi dalam dirinya dalam bentuk sadar maupun terencana untuk membentuk suasana belajar dengan proses pembelajaran. Coba kita bayangkan ketika seseorang tidak pernah melaksanakan pendidikan. Mungkin mereka tidak bisa bertahan hidup. Hal ini wajar terjadi bagi setiap orang yang tidak berpendidikan. Misalnya dalam hal makan, makan adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Tanpa makan mereka tidak akan bisa bertahan hidup. 

Pentingnya Pendidikan

Ketika seseorang tidak mendapatkan pendidikan dalam tata cara makan, mereka sudah pasti tidak akan bisa bertahan hidup. Pendidikan terbagi menjadi dua, yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang terjadi dengan tempat, waktu, dan materi yang sebelumnya sudah ditetapkan. Pendidikan formal terjadi hanya pada tempat-tempat tertentu, seperti sekolah ataupun universitas. Dalam hal ini pastinya waktu juga sudah di agendakan. 

Begitu pula untuk materi yang disampaikan sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan bersama perangkat pemerintah dalam pendidikan. Sehingga dalam pendidikan formal akan tersmapaikan materi yang sama dalam satu negara yang bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki setiap orang dan bekal untuk masa depannya. Hal ini berbeda dengan pendidikan non formal. Dalam bentuk penyampainnya, pendidikan non fomal terjadi pada tempat, waktu dan materi yang diberikan belum ditentukan. 

Terkadang pendidikan non formal terjadi karena suatu kebiasaan sehari-hari dalam masyarakat. Misalnaya pendidikan mebaca kepada anak sebelum memasukki dunia persekolahan. Pendidikan membaca merupakan suatu kebiasaan dan bahkan kewajiban seorang ibu memberikan kepada anaknya. Bukan hanya itu saja, pengalaman dan cerita pribadi seseorang juga merupakan pendidikan non formal yang diberikan untuk bekal seseorang dalam menjalani kehidupan pada waktu tertentu. Ketika seseornag lahir ke dunia sudah pasti akan mendapatkan pendidikan. 

Pada dasrnya manusia perlu dididik, berbeda dengan hewan. hewan tanpa pendidikan mereka masih bisa menjalani kehidupan mereka. Hal ini membuktikan bahwa manusia perlu pendidikan untuk masa depannya dan untuk menjalankan kehidupan yang baik dan berguna untuk sekitar. Pendidikan menjadi penting ketika seseorang mampu menfaatkannya dengan sebaik mungkin. Selain untuk memberikan pengetahuan, pendidikan juga mereka akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di masa depannya. 

Hal ini dibuktikan bahwa syarat pendaftaran CPNS 2019 adalah lulusan SMA/SMK-Sederajat. Dengan begiu masyarakat harus berpendidikan dengan minimal sampai SMA/SMK-Sederajat. Seseorang yang berpendidikan akan mampu menghapuskan pemikiran-pemikiran yang salah, sehingga membentuk gambaran-gambaran yang jelas mengenai segala hala yang ada disekitar kita. Pendidikan mampu mengobarkan semangat dalam diri seseorang untuk mencari hal-hal baru yang belum mereka ketahui. Maka pendidikan mampu menjadi pencerahan bagi siapapun yang berkeingan untuk berpendidikan. Bukan hanya itu saja, pendidikan juga penting dalam membentuk karakter seseorang. 

Tanpa pendidikan seseorang akan hidup bebas tanpa memikirkan menguntungkan atau merugikan bagi orang lain. Terciptanya seseorang tanpa karakter akan membuat negaranya hancur perlahan. Bagaimana tidak mungkin, mereka hidup bebas dengan pilihan mereka tanpa menaati sebuah atauran. Sehingga dengan adanya pendidikan juga mampu membantu kemajuan bangsa, karena masa depan bangsa akan aman diatngan masyarakat yang berpendidikan. 

Seperti apa yang dikatakan oleh Bapak Hermawan yaitu seorang pustakawan pada tahun 2014 “sebuah negara dikatakan maju apabila memenuhi 3 aspek berikut, yang pertama adalah pendidikan, yang kedua adalah kualitas hidup, dan yang ketiga dalah hukum. Ketika ketiga sudah sesuai, dan mampu  berjalan beriringan, maka saya yakin, Indonesia dapat menjadi Negara Maju”. Dari uraian tersebut dapat disimpulakan bahwa pendidikan penting bagi setiap orang. Selain bermanfaat untuk diri sendidiri, dengan pendidikan juga kita dapat membantu orang lain dan negara kita sendiri. 


Kata kunci : pendidikan, penting, kemajuan, sesorang, bangsa.

Penulis : Adinda Choirunnisa’

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel