Iklan Responsif

Bagaimana Inovasi Pendidikan di Indonesia?

Inovasi Pendidikan di Indonesia

Bagaimana Inovasi Pendidikan di Indonesia?

Pendidikan di Indonesia saat ini membutuhkan banyak inovasi, inovasi yang dimaksud adalah pembaharuan tentang perubahan pendidikan yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan. Misalnya saja perubahan kurikulum ataupun system pendidikan agar pendidikan di Indonesia lebih maju dan berkembang lagi. 

Inovasi sendiri berarti suatu perubahan yang mengarah pada perbaikan dan berbeda dari sebelumnya, dilakukan dengan sengaja dan dalam keadaan sadar. Perubahan yang dibuat harus diterima oleh pihak lain dan dapat dilaksanakan bersama agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Inovasi pendidikan sangat dibutuhkan dalam segala hal, kreatif dalam bidang pendidikan dan dapat memberikan manfaat. 

Tidak hanya kepada pendidik, namun kepada semua elemen yang berhubungan dengan pendidikan. Tujuan dari inovasi sendiri adalah meningkatkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan, meningkatkan relevansi, efektivitas, kualitas, sarana dengan hasil yang maksimal. Inovasi akan berjalan berdasarkan siklusnya, pertama akan dimulai pada tahap awal, kemudian tumbuh relatif lambat, dan kemudian akan meningkat secara eksponensial. 

Namun pada akhirnya kurva akan melambat lagi dan kemungkinan mengalami penurunan. Setiap adanya inovasi atau perubahan pasti dibalik semuaanya ada yang melatarbelakangi inovasi itu muncul. Masalah-masalah yang menuntut diadakannya inovasi pendidikan diantaranya, perkembangan ilmu pengeetahuan mengahasilkan kemaajjuan teknologi. 

Kemajuan teknologi merupakan salah satu sebab diperlukannya inovasi, system pendidikan yang ada di Indonesia saat ini belum mampu mengatasi, mengikuti dan mengendalikan kemajuan teknologi. Oleh karena itu perubahan yang lebih kreatif agar pendidikan dapat berjalan bersamaan dengan kemajuan teknologi sangat dibutuhkan. 

Masalah yang kedua ialah laju eksploitasi penduduk yang cukup pesat, akibat pertumbuhan penduduk yang pesat jumlah peserta didik juga meningkat. Akan tetapi sarana dan prasarana yang diiliki masih sangat kurang, sehingga inovasi agar fasilitas dan jumlah peserta didik dapat seimbang sangat dibutuhkan. 

Melonjaknya aspirasi masyarkat untuk memperoleh pendidikan dan kesempatan yang ada tidak seimbang, hal ini juga merupakan salah satu masalah diperlukannya inovasi dalam pendidikan. Mutu pendidikan saat ini dirasa makin menurun, dapat kita lihat bahwa pendidikan saat ini belum dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dna teknologi yang ada. Yang terakhir ialah kurangnya relevansi antara program pendidikan dan kebutuhan masyarakat yang sedang membangun. Masalah-masalah diatas harus segera diatasi dengan adanya inovasi kreatif di bidang pendidikan.
Sasaran dari pembaruan ini adalah tenaga kerja pendidikan, tenaga kerja yang dibutuhkan dalam jumlah banyak juga harus memiliki kualitas yang baik. Pengembangan dan pembaruan ilmu kependidikan, bertujuan untuk mennagani masalah yang muncul di bidang pendidikan dan agar pembaruan selaras dengan pembangunan. 

Perencanaan dan pengembangan terpadu, setiap inovasi diperlukan kerja sama antar elemen pendidikan. Manajemen berbasis sekolah termasuk sasaran pembaruan ini. Inovasi emang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan, akan tetapi hal ini juga dapat tercapai jika semua aspek terlibat. 

Setiap sekolah juga harus mau menerima dan ikut berkontribusi dalam inovasi ini, jika ada inovasi baru dalam pendidikan diharapkan setiap sekolah bersedia membantu dalam hal percobaan maupun memberikan media dalam mengembangkan inovasi tersebut. Selain sekolah tenaga kependidikaan juga sangat berperan dalam mengembangkan inovasi, karena segala hal yang berkaitan dengan pendidikan pasti akan dimulai dari tenaga kependidikan.

Peserta didik akan menaati dan ikut menjalankan jika tengan pendidiknya bersedia menjalankannya juga. Peranan orang tua dan masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam hal ini, karena setiap hal yang akan dilakukan oleh peserta didik pastinya akn meminta persetujuan kepada orang tua terlebih dahulu, dan setiap hal baru pasti akan mendapat pendangan dari masyarakat umum. Setiap pandangan baik akan menjadikan inovasi ini berjalan baik juga dan nantinya dapat diterima semua kalangan. 

Yang terakhir ialah dari kebijakan pemerintah, jika inovasi sudah mendapat pesetujuan dari semua kalangan, dan sudah diadakannya percobaan dan dianggap berhasil, maka pemerintah sebagai penanggung jawab pendidikan berhak merumuskan kebijakan yang menjadi prioritas nasional.


Penulis : Beta Elok Yuanata




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel