Iklan Responsif

Inovasi Pendidikan di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan berjuta kekayaan alamnya yang melimpah, dengan banyak pemuda-pemudanya yang bersinergi mencerdaskan bangsa. Sebagai salah satu warga di negara Indonesia saya merasa bangga, bangga menjadi anak bangsa yang memiliki dunia pendidikan luas. Apalagi di era yang sudah berkembang ini. 

Inovasi Pendidikan di Indonesia

Dunia pendidikan sudah tidak melulu soal materi yang disampaikan di ruang kelas oleh tenaga pendidik, akan tetapi sekarang pendidikan bisa didapat melalui teknologi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Pendidikan di Indonesia bisa dibilang masih kurang bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya yang sudah memanfaatkan dunia teknologi dalam pendidikan. 

Seperti kurangnya fasilitas yang memadai di sekolah sehingga membatasi anak didik menggunakan teknologi dan masih banyak lagi. Sebagai generasi penerus bangsa seharusnya bisa memberikan inovasi-inovasi untuk dunia pendidikan di Indonesia. 

Seperti apa inovasi-inovasi itu?

Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu inovasi pendidikan. Inovasi sendiri adalah suatu gagasan, ide, dan perubahan dalam berbagai bidang. Perubahan yang dimaksutkan tentunya perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. 

Jadi, inovasi pendidikan merupakan suatu usulan atau gerakan baru yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah dalam pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan. Tentu sudah banyak inovasi yang diberikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah perubahan kurikulum yang dimaksutkan untuk membuat anak didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar juga menjadikan anak didik menjadi lebih kritis lagi dalam menangani suatu permasalahan. 

Apakah itu berhasil? Jawabannya adalah berhasil. Akan tetapi, masih banyak permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia. Satu inovasi saja tidaklah cukup untuk menangani semua permasalahan pendidikan. Perlu adanya inovasi-inovasi baru lagi.


Dunia teknologi sudah semakin berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Kita tidak boleh tertinggal, apalagi sampai gaptek atau gagap teknologi. Pentingnya teknologi perlu disampaikan kepada anak didik. Sekarang ini materi teknologi informasi dan komunikasi sudah tidak lagi diajarkan di sekolah karena dianggap anak zaman sekarang sudah pintar menggunakan teknologi. 

Lalu, bagaimana jika anak tersebut malah menyalahgunakan teknologi? seharusnya pendidikan teknologi masih ada dan malah harus lebih baik lagi. Seperti contoh di SMA, sudah dapat dipastikan anak Sekolah Menengah Atas mampu menggunakan teknologi akan tetapi perlu peningkatan dan pengembangan lagi seperti materi informatika atau lainnya yang serupa. 

Karena dengan adanya perkembangan pendidikan seperti itu bisa meningkatkan skill atau kemampuan yang ada pada peserta didik. Untuk penerapan ujian berbasis komputer menurut saya hanya meningkatkan kualitas ujiannya saja, tetapi tidak meningkatkan kualitas peserta didiknya. Perlu diadakannya pengajaran teknologi yang lebih baik lagi.

Teknologi sangat penting diajarkan agar tidak ada penyalahgunaan dan juga untuk pemanfaatan teknologi yang lebih baik. Karena sering terjadi pemanfaatan teknologi untuk hal-hal yang tidak baik seperti penipuan dan lain sebagainya. Seharusnya teknologi dimanfaatkan untuk perkembangan bangsa yang lebih baik lagi, bukan hanya dibuat untuk bersenang-senang saja dengan adanya sosial media. 

Tetapi juga bisa dijadikan sumber informasi atau bahkan sumber penghasilan yang berguna untuk masa depan bangsa. Beberapa orang sukses lewat teknologi, namun beberapa orang juga bisa gagal karena teknologi. Semua tergantung bagaimana orang tersebut memakainya, dan bagaimana orang tersebut memanfaatkannya. Inovasi dari saya, pendidikan teknologi harus ada sampai jenjang SMA untuk kemajuan bangsa Indonesia.


Penulis : Fithrotin Nazidah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel