Iklan Responsif

Inovasi Pembelajaran Fisika

Suatu gagasan kekreatifan dalam berbagai bidang atau hal dapat disebut dengan inovasi. Dalam dunia pendidikan inovasi sangat penting dilakukan dalam berbagai aspek yang berhubungan dengan pendidikan. Dari tujuan untuk memajukan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia perlu mendapatkan gagasan atau ide yang inovasi. 

Inovasi Pembelajaran Fisika


Dengan membicarakan pendidikan tidak akan terhindar dengan sekolahan. Setiap sekolah memiliki keinginan mengenai kemajuan dalam berbagai bidang dar segi banguana, kemodernan, dan keefektifan pembelajaran. Beberapa hal tersebut sangat membutuhkan inovasi-inovasi yang mendukung perubahan yang lebih baik. 

Berbagai pembelajaran yang dilakukan pada setiap materi memiliki perbedaan dari segi keunggulan dan kelemahannya. Keunggulan dan kelemahan yang dimaksud ialah seberapa suka dan ketertarikan siswa dalam mempelajari bidang tertentu. Keadaan tersebut dapat diacu melalui sistem pembelajaran yang dilakukan. 

Pembelajaran yang dipaparkan pada artikel ini mengenai bidang fisika. Tidak hanya hal tersebut, menciptakan inovasi dalam pembelajaran ilmu yang hanya orang-orang tertentu yang dapat menyenanginya. Fisika merupakan ilmu yang banyak menjadi dasar untuk kemajuan dalam perkembangan dunia yang modern ini tidak banyak yang rela mempelajari bidang ini. Jika saya bertanya mengenai kata fisika, apa yang ada dalam pemikiran anda? 

Sulit, asyik, rumit, atau menyenangkan, dari keempat kata tersebut apakah sudah mewakili pemikiran anda?. Harus ada sesuatu agar dapat menghilangkan kata sulit dan rumit yang hanya akan terdapat kata asyik dan menyenagkan. Sesuatu tersebut ialah inovasi pembelajaran bidang ilmu fisika ini. Terlebih bagi siswa SMP dan SMA, yang kebanyakan dari semua murid yang ada di sekolah-sekolah penjuru dunia mengatakan fisika merupakan pelajaran tersulit setelah matematika. 

Dalam proses pembelajaran yang sering dilakukan ialah pemaparan materi dan latihan soal. Sehingga suasana yang menjadikan kondisi pembelajaran membosankan. Terlebih hanya beberapa materi saja yang terdapat penerapan dalam praktikum. 

Pada dasarnya pemahaman yang dimiliki siswa berbeda-beda, ada yang melalui cara visual atau materi yang diterapkan dengan gambar, yang dapat dilakukan jika disusun menjadi tangga nada, yang diaplikasikan dalam kenyataan hidup atau bahkan siswa bisa langsung memahami pemaparan guru. Karena mendasari materi yang kurang disukai oleh siswa dan penangkapan dalam pemahaman materi yang berbeda-beda. Sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran fisika. 

Inovasi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran fisika agar menjadi mengesankan dan asyik. Pertama dalam penyampaian materi dapat menceritakan pengaplikasian ilmu fisika dalam kehidupan yang ada. Pengaplikasian bidang ilmu fisika itu harus ada contoh dalam keadaan yang nyata, seperti hal yang sederhana mengenai gaya gesek yang ada pada alas kaki yaitu sepatu atau pun sandal. 

Selain contoh tersebut, keadaan ketika kita mendorong kursi atau meja disana terjadi hukum II newton. Tidak hanya kedua hal tersebut tetapi masih banyak di kehidupan ini Kemudian mengajak peserta didik bermain tetapi tak meninggalkan unsur belajar didalamnya. 

Contoh yang dapat diambil ialah bermain bola basket, dimana kita harus melewatkan bola dalam ring dengan memberikan gaya yang memperhatikan jarak dan arah gerak bola. Ketiga ialah mengembangkan berbagai materi ilmu fisika agar dapat dilakukannya sebuah prakatikum. Kebanyakan hanya tentang pengukuran yang sering dilakukan sebuah praktikum, tetapi seharusnya ada perkembangan dari berbagai banyak materi yang dapat dilakukan praktikum dan tetap memberikan kesan menyenangkan. 

Pada saat pembelajaran dapat menggunakan media buku yang tidak hanya menampilkan barisan materi dan rumus tetapi memberikan bacaan yang banyak mengandung gambaran menarik yang masih terdapat penyampain materi. Buku tersebut ialah komik fisika, terlebih penyampaian yang dapat membuat otak anak berfikir tentang cerita yang mengandung ilmu-ilmu fisik. 

Selain banyak hal tersebut, memberikan motivasi tentang prestasi-prestasi yang sudah dicapai oleh para ilmuan yang menciptakan berbagai alat yang sangat canggih yang mendasarkan ilmu fisika didalamnya dan yang sudah kita rasakan manfaatnya.

Penulis : Nuris Shobah



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel