Iklan Responsif

Cara Menerbangkan Pesawat

Cara Menerbangkan Pesawat Terbang Yang Massanya Besar

Cara Menerbangkan Pesawat

Tahukah kalian bagaimana cara supaya pesawat terbang bisa terbang ? pasti kalian ingin tahu sejak dulu bagaimana pesawat terbang bisa terbang sedangkan massa pada pesawat terbang yang dihasilkan sangat besar. Tapi kok bisa pesawat Terbang yang memilik massa yang sangat besar tersebut bisa terbang ke atas yang melawan gravitasi. kan kalian pasti tahu kalau Gaya Gravitasi akan jatuh ke permukaan bumi atau ke bawah. 

Oleh karena itu, bagaimana bisa pesawat terbang melawan Gaya Gravitasi. Tapi, Sebelum kita membahas masalah cara pesawat terbang untuk terbang. Pasti waktu kecil kalian sering membuat pesawat terbang dari kertas. Nah saat kalian mau menerbangkan pesawat pasti kalian akan melakukan Gaya Dorong kepada pesawat kertas kalian supaya pesawat kertas tersebut bisa terbang. Jadi salah satu gaya yang harus dilakukan supaya pesawat bisa terbang yaitu adanya gaya dorong yang diberikan.

Pasti kita ketahui bahwa benda yang memiliki massa yang lebih besar dari udara akan jatuh ke bawah atau ke permukaan bumi. Hal itu terjadi karena adanya gaya gravitasi yang membuat benda tersebut jatuh. Tapi kenapa Pesawat terbang bisa melawan gaya gravitasi ? jadi hal yang dibutuhkan untuk menerbangkan pesawat terbang adalah gaya yang memiliki besaran yang sama dengan gaya gravitasi yang tercipta dari pesawat terbang tersebut. 

Gaya-gaya yang terjadi pada pesawat terbang ada 4 yang sangat penting dalam menerbangkan sebuah pesawat terbang yaitu Pertama, Gaya Dorong yang sudah kita sedikit jabarkan tadi di atas. Jadi Gaya Dorong yang terjadi pada pesawat terbang membuat pesawat terbang melaju dengan kecepatan tertentu. Yang Kedua, Gaya Hambat yang berlawanan dengan Gaya Dorong atau yang arahnya ke belakang. Yang ketiga yaitu Gaya Angkat yang membuat pesawat terbang ke angkat ke atas dan yang terakhir Gaya Gravitasi yaitu massa yang dihasilkan oleh pesawat terbang tersebut.

Setelah itu bagaimana cara supaya pesawat terbang bisa terbang. Agar pesawat terbang bisa terbang harus melawan Gaya Gravitasi. Maka, harus ada gaya yang lebih besar dari gaya gravitasi yang bekerja pada pesawat terbang tersebut. Gaya yang melawan Gaya Gravitasi yaitu Gaya Angkat yang berlawanan dengan Gaya Gravitasi. 

Gaya Angkat tercipta dari sayap pada pesawat terbang yang diberi Gaya Dorong pada mesin dan baling-baling pada pesawat. Dan Gaya Dorong yang diberikan pesawat terbang besarannya harus lebih besar dari Gaya Hambat atau gaya yang berlawan dengan Gaya Dorong. Gaya Dorong yang dihasilkan dari mesin pesawat harus lebih besar besarannya dari Gaya Hambat pada pesawat terbang. Hal tersebut mendeorong pesawat dengan kecepatan tertentu. 

Hal ini akan menyebab kan Gaya Aerodinamik pada sayap pesawat terbang sehingga menimbulkan Gaya Angkat pada pesawat terbang. Gaya Angkat terjadi karena adanya aliran udara yang terjadi pada sayap sehingga menyebabkan perbedaan udara yag terjadi di atas dan di bawah sayap sebagai akibat perbedaan kecepatam aliran udara yang terjadi di bagian atas dan di bagian bawah sayap atau yang sesuai dengan Hukum Bernouli.

Jadi, Gaya Dorong dari mesin dan baling-baling pesawat akan menghasilkan kecepatan. Dan Kecepatan dari pesawat akan menyebabkan perbedaan teknan udara di bagian atas dan di bagian bawah sayap yang akan menghasilkan gaya angkat pada sayap pesawat terbang yang membuat pesawat tersebut bisa terbang. 

Penulis : Editya Yoga Firmansyah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel