Iklan Responsif

Penerapan Hukum Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahukah kalian apa itu Hukum I Newton, Hukum II Newton dan Hukum III Newton ? tapi pasti kalian sudah tahu tentang Hukum I Newton, 2 dan 3. Karena materi Hukum I Newton, 2 dan 3 ini mulai kita dapatkan saat kita masuk jenjang SMP dan saat SMA pun kita masih belajar tentang Hukum I Newton, 2 dan 3. 

Penerapan Hukum Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari


Tapi kita di sini hanya membahas tentang penerapan Hukum I Newton, Hukum II Newton dan Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita jumpai pada lingkupan rumah, lingkungan masyarakat maupun lingkungan sekolah. 

Sebelum itu saya akan memberi sedikit informasi tentang Hukum I Newton, 2 dan 3. Hukum Newton adalah Hukum fisika yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bergerak pada suatu benda serta dengan gerak yang dihasilkan oleh suatu benda. 

Penerapan Hukum I Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pertama, kita akan membahas penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari. Hukum I Newton menyatakan bahwa Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan jika benda tersebut bergerak maka akan tetap bergerak dengan kecepatan konstan. 

Penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari adalah jika kita berada di dalam mobil yang sedang berhenti dan tiba-tiba mobil tersebut digas mendadak maka tubuh kita akan terdorong ke belakang atau bergerak berlawanan dengan laju mobil. Kenapa contoh yang pertama disebut dalam penerapan Hukum I Newton? karena Hukum I Newton menyatakan jika setiap benda akan mempertahankan posisinya saat diam maupun bergerak konstan kecuali ada gerak yang mengubahnya jadi resultan dari gaya tersebut sama dengan nol. 

Dan penerapan Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari yang lainnya adalah jika kita menggelindingkan sebuah bola basket. Bola basket tersebut akan tetap bergerak atau menggelinding meskipun tangan kita tidak menyentuh bola basket tersebut. Dan saat duduk di dalam sebuah mobil jika kita mengerem mobil tersebut secara mendadak. Maka, dengan cepatnya tubuh kita akan terdorong ke depan.

Penerapan Hukum II Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari

Yang kedua, Hukum II Newton menyatakan bahwa Jika Percepatan suatu benda yang dihasilkan akan berbanding lurus dengan resultan gaya pada suatu benda dan akan berbanding terbalik dengan massa benda. Dalam penerapan kehidupan sehari-hari Hukum II Newton yaitu pertama, jika ada dua orang yang sedang mendorong sebuah meja. Resultan yang dihasilkan dari gaya tersebut yaitu perjumlahan dari masing-masing gaya yang dihasilkan dari orang tersebut. 

Dan resultan gaya yang terjadi pada sebuah meja akan menjadi lebih besar yang akan menyebabkan meja tersebut mudah bergerak atau bergeser. Sedangkan jika hanya ada satu orang yang mendorong meja tersebut maka resultan yang terjadi pada meja tersebut menjadi kecil dan meja tersebut akan susah bergerak atau bergeser. 

Penerapan Hukum II Newton yang lainnya iala jika ada seorang yang sedang mendorong sebuah kereta dorong dengan kekuatan tertentu. Maka, hal yang terjadi pada kereta dorong tersebut akan bergerak dengan percepatan tertentu.

Penerapan Hukum III Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dan yang terakhir yaitu Hukum III Newton. Hukum III Newton menyatakan bahwa Jika benda pertama melakukan gaya atau aksi kepada benda kedua. Maka, benda kedua akan melakukan reaksi dari benda pertama yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan. 

Penerapan Hukum III Newton dalam kehidupan Sehari-hari adalah jika tangan kita memukul dinding maka tangan kita akan terasa sakit. Hal itu terjadi karena dinding memberikan gaya sebagai reaksi kepada tangan kita.

Penulis : Editya Yoga Firmansyah 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel