Iklan Responsif

Efek Sinar Gamma

Dampak Positif dan Negatif Dari Sinar Gamma


Tahukah kalian apa itu sinar gamma? Sebelumnya, pasti kalian sudah tahu kalau selain sinar gamma ada sinar alpha dan sinar beta. Tapi kita di sini hanya membahas tentang sinar gamma. 

Sinar gamma pasti kita jumpai pada nuklir dan biasanya kita tidak asing lagi jika sinar gamma digunakan untuk mengobati penyakit kanker atau penyakit lainnya. Tapi sinar gamma juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan atau tubuh manusia. Jika sinar gamma terkena pada tubuh manusia apa yang akan terjadi pada tubuh kita? 

Tapi sinar gamma tidak hanya berdampak buruk bagi tubuh kita saja. Sinar gamma juga memiliki manfaat juga. Tapi kita akan bahas satu persatu tentang sinar gamma.

Pengertian Sinar Gamma

Efek Sinar Gamma

Kalian tahu apa itu sinar gamma? sinar gamma adalah sebuah bentuk yang berenergi dari radiasi elektromagnetik yang diproduksi oleh radioaktivitas atau yang sering kita dengar yaitu proses nuklir atau juga subatomik lainnya seperti penghancuran elektron - positron. 

Sinar gamma hampis sama dengan sinar-X keras. Tapi yang membedakan sinar gamma dan sinar-X keras adalah sumbernya. Sinar gamma diproduksi oleh transisi energi karena terjadi percepatan elektron. 

Terbentuknya sinar gamma terjadi karena adanya radioaktivitas atau proses nuklir atau subatomik lainnya seperti penghancuran elektron – positron. Oleh karena itu, sinar gamma tidak dapat ditemukan di sembarang tempat karena hanya terjadi akibat radioaktivitas atau proses nuklir atau juga subatomik lainnya seperti penghancur elektron – positron. Sinar gamma ini bisa terbentuk dari terjadinya ledakan bintang atau supernova, ledakan nuklir dan lain-lainnya. 

Tadikan diawal kita ketahui kalau sinar gamma tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan atau tubuh manusia. Tapi sinar gamma juga memiliki manfaat. 

Manfaat Sinar Gamma

Contohnya tadi seperti pengobatan penyakit kanker atau penyakit lainnya. Manfaat lainnya juga yang akan kita jumpai pada sinar gamma adalah pertama, dapat membunuh bakteri. Jika kalian ketahui bahwa sinar gamma memiliki energi yang lebih tinggi dari sinar-X. 

Oleh karena itu jika sinar gamma memiliki energi yang lebih tinggi jadi dapat disimpulkan bahwa energi tinggi tersebut dari sinar gamma dapat menyerang atau membunuh sel-sel makhluk hidup atau bekteri. 

Jadi, sinar gamma dapat dijadikan untuk membunuh bakteri pada makanan atau minuman supaya makanan dan minuman tersebut menjadi steril. Yang kedua dan yang terakhir adalah membantu dalam penyembuhan penyakit kanker, tumor atau penyakit lainnya. Tadikan sinar gamma memilik energi yang lebih tinggi dari sinar-X. 

Karena memiliki energi yang lebih tinggi jadi sinar gamma dapat digunakan untuk membunuh sel-sel makhluk hidup pada tubuh kita. Jadi dapat disimpulkan bahwa sinar gamma dapat membunuh sel-sel pada kanker, tumor atau penyakit lainnya. Atau lebih dikenal dengan terapi tapi terapi ini disebut dengan gamma knife. 

Gamma knife itu kalau dijelaskan dengan singkat bahwa gamma knife itu terapi yang digunakan pada pengobatan penyakit kanker, tumor atau yang lainnya yang terjadi pada otak tanpa membuka tulang tengkorak. 

Sekarang kita akan membahas tentang dampak yang terjadi pada tubuh kita jika sinar gamma tersebut terkena pada tubuh kita. Contohnya yaitu jika terjadi perang nuklir akan menyebabkan kematian yang besar bagi manusia. Karena ledakan dari sebuah senjata nuklir tersebut akan menciptakan banyak sekali materi radioaktif. Dan jika ada senjata nuklir meledak akan menyebabkan kematian yng sangat besar. 

Penulis : Editya Yoga Firmansyah 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel