Iklan Responsif

Contoh pelaksanaan inovasi pendidikan

Contoh pelaksanaan inovasi pendidikan yaitu inovasi kurikulum yang tidak dapat dipisahkan dari inovator dan pelaksana inovasi itu sendiri. 

Contoh pelaksanaan inovasi pendidikan

Strategi inovasi yang pertama adalah strategi dengan cara  pemaksaan yang berdasarkan kekuasaan, dan diartikan bahwa suatu pola inovasi yang  bertentangan dengan kaidah-kaidah inovasi itu sendiri. Dalam strategi ini sedikit memaksakan kehendak, ide dan pikiran untuk sepihak tanpa memikirkan kondisi dan keadaan dan situasi yang sebenarnya dan yang dimana pemikiran kreatif itu harus dilaksanakan. Para inovator hanya menganggap pelaksanaan sebagai obyek semata dan bukan sebagai subyek yang diperhatikan dan dilibatkan secara aktif dalam proses perencanaan dan pengimplementasinya. 

Stratgi yang kedua adalah empirik rasional. Asumsi dasar dalam strategi ini yaitu bahwa manusia mampu menggunakan pemikiran logisnya atau akalnya agar bisa bertindak dengan rasional. Dalam kaitanya dengan inovator  yang bertugas untuk mendemontrasikan inovasinya dengan menggunaikan metode atau langkah langkah yang terbaik valid untuk memberikan manfaat bagi penggunanya. 

Adapun jenis strategi inovasi yang ketiga adalah normatif re-edukatif  (pendidikan yang berulang), yang dimaksud normatif re-eduktif  adalah suatu strategi inovasi yang didasarkan oleh pemikiran  ahli pendidikan. Inovasi pendidikan pada dasarnya merupakan perubahan yang sengaja diadakan atau diupayakan baik dalam bentuk gagasan, objek atau praktik pendidikan yang secara kualitatif berbeda dari keadaan sebelumnya, untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam bidang pendidikan.
  

Penulis  : Aimmatul Afifah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel