Iklan Responsif

Inovasi Pendidikan di Era Digital

Pentingnya Inovasi Pendidikan dalam Era Digital

Pentingnya Inovasi Pendidikan dalam Era Digital

Berbicara mengenai inovasi saat ini tidak ada habisnya. Inovasi merupakan suatu bentuk kemauan dan usaha untuk menciptakan dan menemukan hal baru dengan melakukan tindakan. Inovasi dilakukan guna mewujudkan suatu tujuan tertentu. Di era serba digital ini kita dituntut untuk bekerja secara cepat. 

Sekarang ini perkembangan teknologi internet dan digital berkembang dengan pesat. Kalangan Mayarakat sudah mulai menggunakannya di berbagai aktivitas. Semuanya ada di ujung jari, mulai dari pembayaran listrik, tiket transportasi, hingga jual bali barang. Semua kalangan umur mengalami hal yang sama. Hanya dengan duduk manis semua transaksi dapat dilakukan dengan cepat. Semua bidang kehidupan telah memainkan perannya dalam teknologi yang serba digital ini. 

Tidak ketinggalan di bidang pendidikan. Inovasi pendidikan menjadi topik yang selalu hangat dibicarakan dari masa ke masa. Perubahan pendidikan secara teknis berlangsung secara sederhana walaupun dalam konteks sosial sangat kompleks. Kemajuan dan perubahan kehidupan sosial yang serba cepat menjadi tantangan baru dalam dunia pendidikan. 

Bagaimana pendidik harus menyiapkan anak didik mereka agar mampu menghadapai kehidupan modern ini serta mengembangkannya. Inovasi pendidikan dilakukan dengan tujuan agar kualitas pendidikan lebih meningkat, sistem pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, menciptakan lulusan yang kreatif dan inovatif, menciptakan sumber daya manusia yang unggul, mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bersaing di kancah global, dan meluaskan kesempatan kerja. 

Inovasi ini tentu memiliki manfaat dan kerugian apabila kita tidak mampu mengelola dengan baik. Manfaat yang didapat dari kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan adalah sebagai berikut:

1. Sarana dan prasarana jaringan internet membuat siswa tidak perlu membawa buku dan alat tulis yang banyak. 

Ini dapat mengurangi beban orang tua untuk pembelian alat tulis dan buku paket. Siswa cukup mengakses pelajaran berdasarkan jadwal yang telah di buat guru. Hal ini tentunya menekan biaya operasional orang tua dan sekolah. Siswa cukup datang dengan pakaian seragam yang rapi. Tak perlu membawa tas yang berat. Namun saat ini dengan pembangunan yang belum merata tidak semua sekolah dalam waktu singkat dapat memenuhi semua sarana dan prasarana untuk melaksanakan pendidikan digital. Sehingga perlu dukungan dan tindakan dari pemerintah dalam menangani kasus ini.

2. Penggunaan waktu lebih efisien. 

Semakin berkembangnya zaman, bisa saja nanti siswa tidak perlu datang ke sekolah. Cukup di rumah dan membuka aplikasi jaringan belajar. Guru tidak perlu membacakan soal, soalnya ada di ujung jari, siswa tinggal mengakses. 

3. Internet merupakan sebuah media, jadi guru hanya memberikan tugas-tugas tersebut tidak harus bicara, guru tidak perlu menyiapkan media.


Dengan teknologi digital semua jenis media pembelajaran dan informasi umum dapat diperoleh dengan sangat mudah dan cepat. Baik media yang bergambar ataupun media yang bergerak. Siswa cenderung lebih senang memperhatikan video daripada gambar yang tidak bergerak. Media video ini termasuk media pembelajaran audio visual artinya siswa tidak hanya mendengar tetapi juga melihat. Sekarang ini banyak aplikasi bimbel online yang beraneka ragam, dengan melakukan sejumlah pembayaran, siswa memperoleh pembelajaran yang mereka inginkan. Mereka dapat menggunakannya kapan pun dan dimana saja.

4. Guru tidak lagi menjadi sumber utama pembelajaran. 

Dengan adanya berbagai sumber informasi dari internet, siswa tidak lagi mengandalkan guru. Mereka  dapat memperoleh ilmu dari internet sendiri, sekalipun itu tidak termasuk dalam kurikulum pendidikan. Guru juga harus mempersiapkan diri, mungkin saja siswa jauh lebih mengetahui suatu persoalan di bandingkan gurunya. Diharapkan guru tidak boleh ketinggalan informasi dan berita terkini di bandingkan siswanya.

Era digital bukanlah suatu hambatan dalam mendidik generasi penerus bangsa. Kecanggihan teknologi justru menjadi media bagi praktisi dan lembaga pendidikan dalam menyiapkan generasi masa depan. Pendidikan pada era digital saat ini sangat mempengaruhi perkembangan anak bangsa untuk menjadi individu yang kreatif karena pendidikan saat ini membuat anak bangsa menjadi cerdas. 

Proses pembelajaran idealnya menciptakan kreasi baru. Karya baru ini menjadi hasil dari proses pembelajaran. Dengan kata lain, belajar adalah untuk menciptakan. Dari proses pendidikan yang demikian akan lahir generasi penemu dan pencipta. Generasi yang kreatif dan inovatif seperti inilah yang menjadikan bangsa maju dan berkembang.

Penulis : Syahda E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel