Iklan Responsif

Manfaat Internet di Pendidikan

Pemanfaatan Internet untuk Inovasi Pendidikan

Pemanfaatan Internet untuk Inovasi Pendidikan

Inovasi adalah suatu perubahan yang dilakukan dengan tujuan untuk memajukan keadaan menuju kondisi yang lebih baik. Inovasi juga membutuhkan peran lingkungan sebagai pendukungnya. Inovasi pendidikan sendiri merupakan suatu gebrakan atau pun perubahan yang sengaja dibuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Pastinya pemerintah Indonesia sudah memiliki rancangan maupun strategi khusus untuk membuat inovasi pendidikan yang dapat membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia. Saat ini pun pihak pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat yang mau ikut membantu pemerintah ikut serta dalam proses pengembangan inovasi pendidikan. Tujuan dari terbentuknya inovasi pendidikan sangat signifikan yaitu memajukan kualitas SDM Bangsa Indonesia supaya tidak kalah dengan SDM asing. 

Sekarang ini sudah banyak teknologi yang berkembang untuk membantu memajukan sistem pendidikan. Seperti internet yang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Penggunaan internet yang berlebih membuat masyarakat menjadi lalai akan kewajiban menuntut ilmu sebagaimana mestinya, dengan begitu pemanfaatan internet yang mulanya hanya digunakan untuk bermain game online atau sosial media dapat beralih fungsi menjadi proses pembelajaran dalam pendidikan dengan baik. Dalam sosial media seperti instagram, facebook, line, whatsapp, dsb. 

Kita dapat mengikuti akun yang di dalamnya terdapat konten pendidikan agar ketika kita sedang asyik berselancar di sosial media kita tetap dapat belajar dengan baik di dalamnya. Untuk meningkatkan pemanfaatan tersebut kita juga dapat beralih ke aplikasi youtube untuk mencari video pembelajaran yang telah disediakan oleh channel yang berbasis pendidikan. 

Tidak hanya menonton, menyukai, ataupun mengikuti. Kita juga dapat membantu mengisi konten melalui akun atau channel kita pribadi, jadi masyarakat pun dapat membantu untuk mempercepat proses kemajuan bangsa. Game online yang berbasis pendidikan juga sudah banyak ditemui, untuk membantu anak anak usia dini dalam proses pengenalan huruf dan angka, kuis untuk menjawab pertanyaan mengenai materi umum, dll. 

Sudah dapat dirasakan bahwa waktu berjalan semakin cepat, waktu yang berlalu terasa sangat berharga jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya. Ketika mulai diberlakukannya system Full Day School banyak orang tua dan siswa yang mengeluh karena setelah pulang sekolah sekitar jam 4  sore langsung dilanjutkan bimbingan belajar hingga malam. Ada beberapa orang tua yang mengakali dengan cara bimbingan belajar private, namun biaya yang dikeluarkan untuk bimbingan belajar private sangatlah fantastis. 

Tapi para orang tua saat ini tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada bimbingan belajar yang dilakukan secara online dan tidak memakan biaya banyak. Ada aplikasi berbayar yang menawarkan program bimbingan belajar, jadi siswa dapat belajar dimana pun dan kapan pun tanpa adanya kendala waktu. Dan bagusnya lagi guru dari bimbingan belajar online tersebut dapat kita panggil untuk dating ke rumah tanpa kita mengeluarkan biaya lagi. 

Seperti aplikasi Ruang Guru yang dapat membantu anak anak Indonesia dalam proses belajarnya. Aplikasi ini tidak sembarang dalam memberikan materi atau informasi kepada murid-muridnya, aplikasi ini tetap menekankan pehamanan untuk siswanya dengan cara yang berbeda. Aplikasi bimbingan belajar ini pun sudah mendapatkan izin dari pemerintah.

Usaha pemerintah untuk inovasi pendidikan ini ialah dengan adanya Ujian Nasial Berbasis Komputer dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan computer. Soal – soal yang diberikan pemerintah pada saat  Ujian Nasional juga sudah mengguanakan soal HOTS untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan supaya dapat mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara lain.

Apabila negara kita dan masyarakatnya dapat memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya diharapkan mampu mempercepat Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. Jika dilihat lebih detail, system kurikulum yang diubah-ubah tidak terlalu membawa pengaruh besar bagi kemajuan inovasi pendidikan. Karena yang terpenting adalah menekankan pemahaman pada siswa dan dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. 


Penulis : Riza Azizah Pratami


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel