Iklan Responsif

Peranan Perkembangan Teknologi

Perkembangan Teknologi Sebagai 

Sarana Pendukung Pendidikan


Peranan Perkembangan Teknologi

Seiring berkembangnya zaman ini, teknologi semakin berkembang pesat semakin maju dan maju. Majunya teknologi ini semestinya dapat menjadi inovasi baru dalam sarana pendidikan di Indonesia. Teknologi yang berkembang saat ini adalah teknologi yang menjadikan peran manusia dapat diminimalisir dan semakin efisien. Dalam keadaan yang terjadi saat ini banyak sekali kegiatan yang dpaat dilakukan tanpa menguras tenaga, seperti belanja menonton film dan kegiatan lainnya, atau yang sering dinamakan kegiatan yang dilakukan dalam jaringan atau on-line. Melalui teknologi yang ada banyak pekerjaan yang dpat dilakukan secara online sehingga tidak menguras banyak biaya dan tenaga.

Perkembangan dalam dunia pendidikan saat ini yang banyak menjadi sorotan banyak orang adalah bimbel on-line, polanya yaitu setiap individu dapat mendapat pelajaran dimana saja dan kapan saja tanpa ribet harus datang di kelas atau ruang pembelajaran asalkan memiliki sarana media yang mendukung. Inovasi ini sangat bagus untuk dunia pendidikan saat ini, dimana setiap individu dapat memilih materi yang dia perlukan dan dapat menjadi pembelajaran secara privat. Hanya saja kekurangannya adalah kurangnya control yang dilakukan dan tidak ada keadaan tatap muka sehingga empat kompetensi guru ada banyak yang kurang diberlakukan padahal empat kompetensi tersebut sangat diperlukan ada dan berjalannya.

Dalam lingkungan sekolah teknologi sendiri dapat digunakan dalam pembelajaran dikelas, seperti penggunaan LCD dalam penyampaian materi. Banyak pola penggunaan media tersebut sudah dilakukan di lingkungan pendidikan Indonesia saat ini terlebih lagi penggunaan media LCD tersebut sangat memberikan keuntungan tersendiri, seperti dapat menampilkan gambar dan video yang mendukung pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru. Berbeda dengan zaman dulu media yang ada hanya kapur tulis dan media papan tulis sehuingga jika ingin menampilkan sebuah gambaran terhadap materi guru perlu memiliki kemampuan menggambar yang baik. Sehingga melalui perkembangan media ini guru sangat diuntungkan saat menyamapikan materi nya pada peserta didik.

Masalahnya saat ini ialah perkembangan media ini tidak merata disleuruh penjuru di Indonesia. Banyak sekolah yang diuntungkan dengan media yang berkembang, namun banyak juga sekolah yang masih menggunakan media lama dalam pembelajarannya. Seperti di daerah – daerah luar pulau jawa, banyak sekolah yang tidak mampu menggunakan media yang berkembang saat ini dalam pembelajarannya, misalkan saja penggunaan media ini dapat merata maka seluruh pembelajaran di Negara Indonesia dapat di untungkan. Tetapi perkembangan teknologi perlu diimbvangi dengan standar kemampuan dalam penggunaan teknologi tersebut. Pembekalan calon guru terhadap teknologi yang akan digunakan sangat penting dilakukan agar guru dapat menguasai media tersebut dan menggunaka nya sebaik mungkin sebagai sarana pendukung pembelajaran.

Berbagai media pembelajaran tersebut hanyalah sebagai sarana pendukung, bukan inti yang ada dalam proses pembelajaran. Karena adannya fasilitas media yang memungkinkan pembelajaran tanpa tatap muka mestinya tidak dilakukan secara terus menerus. Memang dengan adanya keuntungan tanpa repot – repot datang ke sekolahan tetapi dapat melakukan pembelajaran dimana saja, pembelajaran tanpa tatap muka tetap dinilai kurang efektif jika di bandingkan dengan pertemuan langsung antara tenaga pengajar dengan peserta didik. dengan adanya pertemuan tatap muka guru dapat melaksanakan empat kompetensinya di kelas dan menjadikan pembelajaran lebih efektif serta menjalin hubungan dan ikatan yang baik antara guru dan murid. Ikatan yang terbentuk dapat menjadi tanggung jawab antara keduannya, guru bertanggung jawab membimbing peserta didiknya serta murid bertanggung jawab untuk melaksanakan apa yang diperintahkan gurunya tersebut. Jika ada kendala yang terjadi antara keduanya maka guru dpat menggunakan kompetensi sosialnya untuk melakukan pendekatan dengan murid yang mengalami masalah tersebut.

Intinya adanya sarana media dapat menjadi pendukung yang sangat baik di dunia pendidikan. Sarana tersebut juga harus dipahami dan dievaluasi kegunaannya. Terlebih lagi murid – murid yang berada pada tahap anak anak ke usia remaja sangat menyukai dengan adanya sesuatu yang baru dan menarik. Semoga saja perkembangan teknologi ini dapat merata di setiap penjuru negeri Indonesia dan dimaksimalkan nilai kegunaannya sebagai sarana pendukung di lingkungan pendidikan.

Penulis : Alvin Rezkya Nugraha

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel