Iklan Responsif

Inovasi Pendidikan Karakter melalui Blog “Kotak Curhatku”

Contoh Inovasi Pendidikan Karakter melalui 

Blog “Kotak Curhatku”


Jika membicarakan tentang sebuah inovasi pasti tidak akan ada habisnya. Sebab seiring berjalannya waktu suatu perubahan yang membuat suatu kemajuan pasti akan terus berkembang. Inovasi sendiri merupakan sebuah ide yang diciptakan seseorang dengan suatu gagasan baru yang belum ada sebelumnya. Inovasi disini dapat berarti sebuah gagasan yang diciptakan untuk membuat suatu perubahan agar terciptanya suatu kemajuan. Inovasi pun memiliki ciri ciri seperti memilii kekhasan sendiri, memiliki sesuatu yang baru, dan tentunya dapat terencana dengan baik dan meiliki tujuan yang jelas. Tujuan dari inovasi sendiri dapat dilihat dari pengertian inovasi yaitu dapat menciptakan suatu perubahan yang bermanfaat tentunya.

Inovasi Pendidikan Karakter melalui Blog “Kotak Curhatku”


Berbincang tentang suatu inovasi biasanya tidak luput dari inovasi di dalam bidang pendidikan. Inovasi di dalam bidang pendidikan tentunya sudah sering kita jumpai. Inovasi pendidkan mulai dari pendidikan yang sangat dini hingga pendidikan yang sudah di tingkatan tertinggi atau atas. Salah satu inovasi pendidikan yang tentunya sangat penting untuk di lakukan adalah inovasi pendidikan di bidang pendidikan karakter. Apasih karakter itu? Karakter merupakan  watak, sifat, akhlak ataupun kepribadian yang membedakan seorang individu dengan individu yang lain. 

Karakter dapat di katakan juga sebagai keadaan yang sebenarnya ada dalam diri seorang individu, yang membedakan antara dirinya dengan orang lain. Jadi secara singkatnya, karakter adalah sifat yang membedakan antara individu satu dengan yang lainnya. Pendidikan karakter sendiri sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Sebab dengan terbentuknya karakter dalam individu yang baik maka seseorang akan bisa mengontrol dirinya untuk berperilaku yang baik pula. Pendidikan karakter juga memiliki pengertian yaitu suatu tindakan atau usaha yang dilakukan manusia secara sadar untuk mendidik dan memberdayakan potensi seorang individu yang didalamnya terdapat nilai nilai karakter yang harus dicapai. Inovasi pendidikan karakter yang ada di Indonesia sudah banyak dikembangkan. 

Hal ini menujukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah sadar betapa pentingnya pendidikan karakter untuk terciptanya generasi penerus bangsa yang memiliki karakter yang berkualitas tentunya. Inovasi inovasi ini selain dikembangkan seharusnya juga diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang inovasi pendidikan karakter yang tidak luput dengan yang namanya teknologi. Seiring berkembangnya waktu Indonesia tidak boleh kalah dengan negara negara maju yang lainnya.

Oleh karena itu, dengan menciptakan sebuah inovasi pendidikan karakter yang dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi tentunya akan sangat efektif dalam membentuk generasi penerus bangsa yang memiliki karakter yang berkualitas. Contohnya dalam pengaplikasian blog yang menjadi suatu wadah untuk menampung curhatan curhatan dari masing masing siswa dan siswi. Hal ini dilakukan agar si pendidik Melakukan pendekatan tehadap peserta didik agar si pendidik paham akan karakter masing masing siswa dan siswi nya. Dengan adanya blog seperti ini membuat siswa dan siswi merasakan bahwa dirinya bisa mengekspresikan karakternya melalui apa yang disampaikannya dalam blog ini. 
Penggunaan blog  ini tentunya harus mudah dipahami agar siswa siswi dan gurunya dapat berkomunikasi dengan baik tanpa melalui tatap muka secara langsung ,dikarenakan biasanya seorang siswa ataupun siswi akan lebih cenderung malu untuk mengekspresikan dirinya di depan orang lain jika bertatap muka secara langsung. Cara penggunaan inovasi pendidikan karakter yang satu ini cukup mudah hanya dengan cara setiap masing masing siswa ataupun siswi memiliki akun yang terkait dengan sekolahnya dan melakukan log in ke dalam blog ini. Kemudian menekan salah satu menu yang bertuliskan Kotak Curhatku. Nah, di sinilah masing masing siswa ataupun siswi dapat mengekspresikan atau mencurahkan apa yang ada didalam dirinya tanpa takut orang lain membacanya. Dan setiap Minggunya para pendidik dapat membuka blog ini dan membalas tampungan curhatan yang telah ditulis oleh siswa siswi nya. Melalui blog seperti ini seorang guru tentunya dapat memahami masing masing karakter dari siswa dan siswi nya dan dapat memberikan nasehat atau pendidikan karakter yang tentunya bermanfaat bagi siswa dan siswi nya. Cukup menarik bukan jika seorang pendidik dapat memanfaatkan sebuah teknologi dalam kegiatan belajar dan mengajarnya. Dengan hal hal seperti ini membuat kepraktisan dalam membantu kelancaran suatu pendidikan karakter.

Penulis : Salsabil Aliyah Putri Rahma

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel