Iklan Responsif

Jenis Energi Bunyi

Energi Bunyi

Jenis Energi Bunyi

Pengertian

Bunyi adalah getaran di udara, benda yang bergetar akan menghasilkan bunyi. Sedangkan energy bunyi adalah segala kemampuan yang terjadi akibat adanya pengaruh bunyi. Sumber energy bunyi ada bermacam-macam.

Jenis Energi Bunyi
Benda-benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Manusia juga dapat menghasilkan bunyi karena mempunyai pita suara yang ada didalam tenggorokan bergetar.

Alat-alat music juga merupakan sumber bunyi. Ada bermacam-macam cara untuk memainkan alat music agar berbunyi, salah satunya adalh dengan cara ditiup seperti terompet. Bunyi akan terdengar kuat jika kita berada didekat sumber bunyi. Bunyi terdengar melemah jika kita berada jauh dari sumber bunyi.

Jenis Energi Bunyi

Disaat kita mendengar bunyi dari sumber bunyi maka gendang telinga akan bergetar dan memproses bunyi ke otak, dan banyaknya getaran dalam 1 detik itu dinamakan sebagai frekuensi.


Jenis bunyi berdasarkan frekuensi itu bisa dibagi lagi menjadi 3 buah bagian yaitu :
1. Ultrasonik

Gelombang ultrasonic memiliki jumlah getaran yang banyaknya lebih dari 20.000 getaran per detiknya. Dan gelombang ini juga bisa didengarkan oleh manusia, dan beberapa hewan, seperti lumba-lumba dan kelelawar.

Jenis Energi Bunyi

2. Audiosonik

Audiosonik adalah salah satu jenis bunyi yang bisa didengar oleh kita. Gelombang audiosonik ini mencapai 20 hingga 20.000 per detiknya.dan hanya manusia dan beberapa hewan saja yang bisa mendengar gelombang bunyi ini.

Jenis Energi Bunyi

3. Infrasonik

Infrasonic sendiri adalah bunyi yang bisa dikatakan sangat lemah karena memiliki jumlah getaran kurang dari 20 getaran per detiknya. Jadi, telinga manusia tidak bisa mendengarkan gelombang ini. Hanya beberapa hewan saja yang bisa mendengar gelombang ini, seperti anjing dan angsa.

Penulis: Awwalul Fitriyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel