Iklan Responsif

Pengertian Cahaya

ENERGI CAHAYA

Pengertian Cahaya

Pengertian Cahaya

Cahaya adalah satu-satunya benda non-materialistis yang terlihat oleh mata biasa. Orang bisa melihat, merasakannya sebagai panas tetapi tidak bisa menangkapannya. Energi cahaya adalah jenis energi radiasi elektromagnetik yang berpindah dalam bentuk gelombang.

Pengertian Cahaya

Pada proses penglihatan, kita dapat melihat sebuah benda karena adanya sumber cahaya yang mengenai sebuah benda lalu memantulkannya ke mata kita. Salah satunya cahaya yang dihasilkan oleh lampu sebagai contoh energi cahaya. Semakin jauh dari sumber cahaya maka penglihatan kita akan menjadi semakin tidak jelas.

Pengertian Cahaya

Manfaat Energi Cahaya

Contoh energi cahaya lain yang ada di sekitar kita adalah matahari, lilin, dan korek api. Berikut manfaat energy cahaya yang ada disekitar kita :
1. Membantu proses fotosintesis
2. Menjemur pakaian
3. Menghasilkan energi listrik
4. Membantu proses pertumbuhan kecambah
5. Sebagai sumber nutrisi terbaik
6. Menjaga temperatur tumbuhan

Pengertian Cahaya

Sementara itu energi cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya selain matahari adalah bintang. Di bumi kita juga bisa mendapatkannya dari hewan bernama-kunang-kunang. Kunang-kunang adalah salah satu contoh energi cahaya yang dihasilkan dari sumber cahaya.

Pengertian Cahaya

Kunang-kunang merupakan hewan yang sering muncul di malam hari dan menghasilkan cahaya yang sangat indah. Energi cahaya memiliki manfaat yang sangat besar dalam kehidupan kita. Masih sangat banyak manfaat energi cahaya yang biasanya digunakan dalam skala besar seperti industri. Misalnya penggunaan sinar laser, alat pemotong logam dan teknologi lainnya yang juga merupakan salah satu contoh energi cahaya.

Penulis: Awwalul Fitriyah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel