Iklan Responsif

Kompetensi Guru Menurut Ahli


KOMPETENSI GURU

Pengertian Guru
Guru merupakan seseorang yang perlu di gugu dan ditiru, artinya apabila kita menjadi sesosok guru, kita harus bersikap yang pantas agar murid-murid dapat mencontohnya dengan baik. Mulai dari sikap terhadap murid, cara berbicara, sampai cara berpakaian, haruslah yang sesuai. Karena guru menjadi sorotan dikelas dan juga memiliki peran penting disekolah, jadi guru harus memiliki kompetensi standar yang baik. Menjadi seorang guru haruslah punya sifat sabar, karena karakter setiap anak tidaklah sama, sebagai seorang guru harus bijaksana untuk menasehati siswanya ketika mereka berperilaku kurang sopan. Saking sabarnya, ketika siswa itu cukup bandel dan susah untuk dinasehati, guru itu pasti memikirkan cara yang tepat untuk menangani anak tersebut agar tidak melakukannya kembali.
Kompetensi Guru Menurut Ahli

Pengertian Kompetensi Guru
Standar Kompetensi Guru merupakan suatu indicator yang dapat digunakan sebagai ukuran standar profesi seorang guru, meliputi pemahaman materi, penyampaian materi, dan cara mendidik karakter seorang anak. Hal ini bertujuan, agar guru dapat berperilaku profesional, bukan yang sembarangan. Istilah profesional itu sendiri memiliki dua makna, yang pertama adalah cara kerja seseorang sesuai dengan tuntutan profesinya, sedangkan yang kedua yaitu orang yang melakukakn pekerjaan tersebut. Dari profesional, terdapat kata profesi yang berarti jabatan seseorang yang memiliki tanggung jawab tinggi, dan tentunya hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang professional saja. Jadi, guru yang profesional ialah guru yang telah memenuhi standar kompetensi dan memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendidik muridnya, karena tugas seorang guru bukanlah hanya sekedar mengajar dibangku sekolah, melainkan ia juga bertanggung jawab untuk mendidik karakter siswa tersebut, agar menjadi seorang anak yang bermutu  dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Untuk menjadi seorang guru pun harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, memiliki kesehatan jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pedidikan nasional.
Guru yang Diinginkan Siswanya
Tentunya sebagai seorang siswa, mereka pasti menginginkan sesosok guru yang ketika mereka menyampaikan materi siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan, berikut adalah ciri-ciri guru yang diinginkan siswanya:
1.     Dapat mengajak diskusi muridnya
2.     Dapat memahami karakter setiap siswa, dan dapat merangkulnya.
3.     Mampu menguasai materi yang diajarkan
4.     Dapat menyampaikan materi dengan menarik, seperti contohnya mengaitkan dengan yang ada di kehidupun nyata
5.     Mampu menyesuaikan metode mengajar agar dapat menarik minat siswa
Kemampuan Dasar yang harus Dimiliki Seorang Guru
Menurut Samana (1994:61-68), 10 kemampuan dasar guru adalah sebagai berikut:
1.     Guru dituntut menguasai bahan ajar
2.     Guru mampu mengelola program belajar mengajar
3.     Guru mampu mengelola kelas
4.     Guru mampu menggunakan media dan sumber pembelajaran
5.     Guru menguasai landasan landasan pendidikan (Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan dan Filsafat Pendidikan)
6.     Guru mampu mengelola interakksi belajar mengajar
7.     Guru mampu menilai prestasi belajar siswa untuk kepentingan pengajaran
8.     Guru mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan
9.     Guru mengenal dan mampu ikut serta dalam penyelanggaraan administrasi sekolah
10. Guru memahami prinsip-prinsip penelitian pendidikan dan mampu menafsirkan hasil penelitian pendidikan demi kepentingan pengajaran.

4 Kompetensi Guru yang ada pada Ayat (1) pp 74 tahun 2008

Berdasarkan standar kompetensi yang ada, ada empat kompetensi yang harus dipenuhi oleh seorang guru:
1.     Kompetensi profesional, yaitu kecakapan seorang guru dalam proses belajar mengajar, baik pada pemahaman materi ataupun disaat menyampaikan materi secara professional.
2.     Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan seorang guru untuk memahami karakter setiap muridnya agar dapat mengembangkan pemikiran mereka, baik dengan cara mencari metode pembelajaran yang menarik ataupun yang lain.
3.     Kompetensi sosial, yaitu kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan siswa, orang tua siswa, rekan guru.
4.     Kompetensi kepribadian, yaitu kemapuan kepribadian yang baik agar menjadi teladan akan sikap positif terhadap siswa.
Penulis : Nauly Rahmaniyah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel