Iklan Responsif

Laporan Praktikum Bumi dan Alam Semesta


PRAKTIKUM IPA DI SD
Modul 9 BUMI DAN ALAM SEMESTA

NAMA                 : ARI ROHMAWATI

Laporan Praktikum Bumi dan Alam Semesta


ALAM SEMESTAKEGIATAN PRAKTIKUM 2

2.1 Panas Matahari

1.                  Tujuan :
Menjelaskan matahari sebagai sumber panas.

2.                  Alat dan bahan
a.            2 bauh tempet air yang sama ukurannya (panci, baskom, atau ember)
b.            Termometer plastik transparan.
c.            Stopwatch
d.            Luksmeter

3.                  Teori Dasar
            Perpindahan panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui 3 cara yaitu : konduksi. Konveksi dan radiasi. Contoh : bentuk perpindahan panas secara radiasi adalah perpindahan panas dari dari matahari ke bumi dengan melewati gelombang hampa. Dalam proses radiasi energi yang dibawa adalah gelombang elektromagnetik. Jadi panas dapat merambat dengan cara memancar / radiasi. Pada peristiwa radiasi, panas memancar tanpa zat antara atau menembus zat antara. Besar kecilnya panas suatu benda tergantung pada suhu benda. Makin tinggi suhu benda makin besar pula radiasi panas yang dikeluarkan. Makin panas air maka rambatannya makin tinggi.
4.                  Cara kerja
a.            Isilah kedua tempat air dengan air dingin yang sama banyaknya.
b.            Ukur dengan thermometer suhu dingin air (Ti) terbut, catatlah dalam lembar pengamatan.
c.            Tempatkan kedua tempat air tersebut dibawah sinar matahari langsung.
d.            Tempatkan lempeng plastik transparan diatas salahsatu tempat air dengan jarak sekitar 10 cm dari permukaan air dalam tempat air. Susunlah alat dan bahan percobaan seperti gambar dibawah ini.


e.            Atur agar kedua tempat air tersebut selalu menghadap matahari.
f.             Amati temperatur air pada kedua tempat air tersebut (To) setiap 30 menit selama 10 kali pengukuran. Catatlah dalam lembar pengamatan.
g.            Bila ada luks meter, amati dan ukurlah kuat penerangan cahaya matahari tepat diatas permukaan air setiap 30 menit. Catatlah dalam lembar pengamatan.
5.                  Data Pengamatan
Hasil Pengamatan Panas Matahari

No

Waktu
Keadaan Air

Keterangan

(A) Tanpa Lempeng
(B) Dengan Lempeng
1
10 menit
Masih Dingin
Masih Dingin
Air masih tetap tidak berkurang
2
25 menit
Hangat
Hangat
Air masih tetap tidak berkurang
3
40 menit
Air mulai panas
Hangat
Air berkurang dipercobaan A
4
45 menit
Air menjadi panas
Mulai panas
Air keduanya juga berkurang
5
60 menit
Sangat panas
Panas
Air berkurang / menguap

6.                  Pembahasan
Dari hasil pengamatan bahwa air yang tanpalempeng terasa panasnya lebih cepat karena tingkat radiasi sinar matahari langsung tanpa penghalang. Berbeda dengan yang menggunakan lempeng plastik, tingkat panasnya air sangat lambat dikarenakan adanya penghalang (lempeng plastik).
7.                  Kesimpulan
Dari hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa panas matahari dapat langsung memancar dan menembus zat antara dan kemudian besar kecilnya radiasi panas suatu benda bergantung pada suhu benda.
8.                  Pertanyaan dan jawaban
a.            Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan panas dan cahaya matahari sampai di permukaan bumi!
Jawab: faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan panas matahari sampai ke permukaan bumi yaitu :
·                      jika pada suatu tempat banyak tumbuh-tumbuhannya maka panas matahari akan berkurang karena diterima dulu oleh tumbuhan, sehingga tidak langsung menuju bumi.
·                      Jika udara ditempat dingin, maka panas matahari juga akan terasa tidak terlalu panas
·                      Jika disuatu tempat yang gersang tidak ada tumbuhannya maka penerimaan panas matahari di bumu akan terasa sangat panas.
·                      Jika faktor-faktor yang mempengaruhi adalah suhu udara, banyaknya tumbuhan hidup dan keadaan daerah (pegunungan atau pantai)

b.            Dapatkah matahari disebut sebagai sumber energi panas? Jelaskan!
Jawab : matahari adalah sumber energi panas yang memanfaatkan energi panas matahari di bumi bukan hanya manusia tetapi juga tumbuhan dan hewan.
c.            Dari percobaan, apakah pengaruh lempeng plastik transparan terhadap terhadap penerimaan panas?
Jawab : pengaruh lempeng plastik transparan terhadap penerimaan panas adalah mengurangi atau menghambat cahaya panas matahari yang jatuh dipermukaan air.



































2.2 Gerhana

1.                  Tujuan :
Membuktikan terjadinya gerhana
2.                  Alat dan bahan
a.            Bola ping pong
b.            Statis berkawat runcing 3 buah
c.            Bola plastik dengan diameter 10 cm
d.            Lampu senter/proyektor film
e.            Spidol
3.                  Dasar teori
Gerhana  Matahari merupakan peristiwa lain yang ditimbulkan oleh gerakan Bulan bersama Bumi . Gerhana Matahari terjadi jika Bulan berada diantara Matahari dan Bumi dalam satu garis lurus. Jika kamu perhatikan kembali fase-fase bulan, maka hal itu hanya mungkin terjadi pada saat bulan baru atau bulan mati.
Di siang hari, pada saat terjadinya gerhana matahari, bulan sedikit demi sedikit menutupi matahari dan pandangan kita. Lama kelamaan, matahari tertutup seluruhnya dan kita menyebutnya dengan Gerhana Total.
Ada Tiga jenis gerhana matahari yang mungkin terjadi, yaitu sebagai berikut:
Gerhana Matahari Total

Pada gambar gerhana matahari total, bumi memasuki bayang-bayang inti (umra) bulan. Oleh karena itu, bulan lebih kecil dari bumi, makah gerhana matahari total terjadi pada sebagaian daerah saja di permukaan bumi. Gerhana matahari total biasanya paling lama hanya terjadi sekitar 6 menit. Ketika gerhana matahari total terjadi pada daerah atau tempat-tempat tertentu di permukaan bumi, maka di daerah tersebut menajdi gelap gulita sementara waktu.
Jika gerhana matahari total terjadi, jangan sering sekali-kali langsung ke matahari. Pada saat itu, matahari tetap memancarkan cahaya yang tidak dapat dilihat dengan mata, akan tetapi dapat merusak mata. Salah satu cara agar dapat melihat gerhana matahari total bisa menggunakan kacamata yang berwarna gelap.
·                     Gerhana Matahari Sebagian
·                     

Gerhana matahari sebagian terjadi sebelum dan sesudah dan gerhana matahari total. Pada keadaan tersebut, sebagian daerah di permukaan bumi masuk penumbra bulan.


·                     Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin terjadi jika bulan sedang berada pada titik terjauhnya dari bumi. Pada keadaan tersebut, sebagian permukaan bumi terkena perpanjangan umbra bulan sehingga matahari terlihat sebeperti cincin.


Terjadinya Gerhana Bulan
Gerhana bulan hanya dapat terjadi pada malam hari saat bulan purnama, tetapi tidak setiap bulan purnama terjadi gerhana bulan. Pada saat akan terjadi gerhana, permukaan bulan sedikit demi sedikit tertutup , seakan-akan ada sesuatu yang menutupinya. Selain itu juga, bulan menjadi gelap dan kita tidak dapat melihat bulan. Keadaan ini dapat berlangsung dalam kurung waktu 6 jam.

Kemanakah bulan tersebut? Apakah bulan itu hilang? Sebenarnya bulan tidak hilang, melainkan tetap berada di lintasannya. Dalam peredarannya mengelilingi bumi ada kalanya bulan berada di belakang bumi yaitu pada saat bulan purnama. Jika letak bulan, bumi dan matahari berada pada suatu garis lurus, maka bulan masuk ke dalam bayangan bumi. Keadaan tersebut dinamakan Gerhana Bulan.
Ukuran matahari lebih besar dari ukuran bumi dan bulan. Akibatnya, dalam setiap gerhana terbentuk ada dua jenis bayangan, yaitu:
·                     Bayang-bayang inti atau umbra, yakni bayang-bayang bumi yang paling gelap.
·                     Bayang-bayang samar atau penumbra, yakni bayang-bayang bumi yang agak terang.
Pada saat bulan berada pada penumbra bumi, maka dikatakan terjadi Gerhana Bulan sebagain. Selanjutnya, setelah bulan masuk ke umbra bumi, maka dikatakan terjadi Gerhana Bulan Total.

4.                  Cara kerja
a.                   tuliskan bulan pada bola pingpong, matahari pada senter dan gambar bola plastik sebagai globe (bumi)
b.                  tusuk bola pingpong dengan statis berkawat runcing sehingga dapat berdiri tegak, lakukan hal yang sama untuk bola plastik.
c.                   Ikatkan lampu senter pada statis berkawat runcing.
d.                  Susun diatas meja dalam ruang gelap (bila ada) ketiga peralatan tersebut seperti gambar berikut:

e.                   Nyalakan lampu senter, amati dan gambar jalannaya sinar lampu yang mengenai globe. Catatlah dalam lembar pengamatan.
f.                    Susun percobaan seperti langkah 4 dengan merubah posisi bola pingpong dengan bola plastik (globe). Disain percobaan seperti gambar berikut:



g.                  Nyalakan lampu dan amati dan gambarlah jalannya sinar yang menimpa bola pingpong dan diterima oleh globe. Catatlah dalam lembar pengamatan!

5.                  Percobaan Gerhana Matahari

Lampu senter dinyalakan sinarnya akan mengenai bola pingpong (bulan) maka kedudukan bulan berada pada bidang ekliptika, hampir kedudukan matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus, lalu bayang-bayang bulan akan jatuh pada permukaan bumi dan sinar-sinar matahari akan tersembunyi dalam daerah bayang-bayang. Hal ini yang menyebabkan gerhana matahari yaitu posisi matahari, bulan, bumi pada garis lurus dimana bulan berada diantara matahari dan bumi sehingga bulan menutup sebagian atau seluruh matahari. Biasanya gerhana matahari terjadi pada siang hari.

Percobaan Gerhana Bulan

Bola ping pong (bulan) tidak mendapat cahaya karena cahaya senter atau matahari terhalang oleh bola besar (bumi) pada saat itu terjadi gerhana bulan. Ketika bola pingpong digeser hingga keluar bayangan, bola pingpong mendapar cahaya dari lampu senter, pada saat itu tidak terjadi gerhana bulan.

6.                  Jawablah pertanyaan

a.            Apa yang dimaksud dengan gerhana?

Jawab: gerhana adalah penggelapan cahaya dari suatu benda langit oleh benda langit lainnya.

b.            Bagaimana terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan? Jelaskan!

Jawab :

1)                  Proses terjadinya gerhana matahari
Gerhana Matahari terjadi jika Bulan berada diantara Matahari dan Bumi dalam satu garis lurus. Jika kamu perhatikan kembali fase-fase bulan, maka hal itu hanya mungkin terjadi pada saat bulan baru atau bulan mati.

2)                  Proses terjadinya gerhana bulan

Jika bulan terjadi pada fase purnama dan pada satu garis lurus dengan bumi dan matahari sehingga bayangan bumi menutupi sinar bulan sehingga bulan tampak gelap kemerahan.

3)                  Apa yang disebut dengan umbra dan penumbra? Jelaskan!

Jawab :

Umbra adalah  daerah saat gerhana total / penuh / gambaran total/

Penuh bayangan inti.

Penumbara adalah daerah saat gerhana sebagian / bayangan kabur.

 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel