Makalah Hakikat Manusia dan Pengembangannya

MAKALAH DASAR-DASAR PENDIDIKAN
HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA



OLEH: IRMA SAVITRI

KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA” ini tepat pada waktunya. Dan juga kami berterima kasih pada Dr. Binar Kurnia Prahani, M.Pd. selaku dosen mata kuliah Dasar-Dasar Pendidikan yang telah memberikan tugas ini kepada penulis. 
Penulis sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan mengenai hakikat manusia dan pengembangannya. Permohonan maaf dan kritikan yang bersifat membangun sangat penulis harapkan karena penulis menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang diharapkan, mengingat karena kesempurnaan sesungguhnya datangnya hanya dari Allah SWT.
Semoga makalah ini dapat memberikan informasi dan dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Makalah yang telah disusun ini diharapkan dapat berguna bagi penulis maupun bagi orang yang membacanya. 
Akhir kata, penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.




Surabaya, 10 Desember 2019

Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG 
Manusia merupakan subjek dari pendidikan dan merupakan sasaran dari pendidikan. Manusia dikaruniai potensi-potensi yang perlu dikembangkan agar terealisasi dalam kehidupan. dalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki maka manusia perlu adanya pendidikan. Pendidikan berfungsi untuk menumbuh kembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh manusia agar dapat menuju manusia yang seutuhnya. Seorang pendidik harus memiliki kejelasan mengenai hakikat manusia  agar dapat menyusun rencana dan pelaksanaan usaha pendidikan. Selain itu seorang pendidik juga harus mampu mengembangkan dimensi dari sifat hakikat manusia.
Manusia memiliki ciri khas yang membedakannya dengan hewan. Ciri khas tersebut terbentuk dari kumpulan terpadu dari apa yang disebut sifat hakikat manusia. Disebut hakikat karena secara hakiki ciri tersebut hanya dimiliki oleh manusia dan tidak terdapat pada hewan. Untuk mencapai pengetahuan mengenai hakikat manusia tersebut maka akan dikemukakan materi yang meliputi : arti dan wujud sifat hakikat manusia, dimensi hakikat manusia serta potensi, keunikan, dan dinamikanya, pengembangan dimensi hakikat manusia dan sosok manusia seutuhnya.

1.2 RUMUSAN MASALAH
1.2.1 Apa pengertian sifat Hakiki manusia?
1.2.2 Bagaimana wujud dari sifat Hakiki manusia?
1.2.3 Bagaimana pengembangan dimensi hakikat manusia?

1.3 TUJUAN 
Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai berikut :
1.3.1 Mengetahui pengertian sifat Hakiki manusia.
1.3.2 Mengetahui wujud dari sifat Hakiki manusia.
1.3.3 Memahami pengembangan dimensi hakikat manusia.





BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Sifat hakiki manusia.
2.1.1 Pengertian Sifat Hakiki Manusia.
Sifat Hakiki manusia adalah ciri khas manusia yang membedakan antara manusia dengan hewan. Disebut sifat hakiki karena sifat tersebut hanya ada pada  manusia. Meskipun manusia dan hewan memiliki banyak kemiripan seperti contohnya antara manusia dengan orang utan. Bentuk tubuh dari orang utan jika dilihat sedikit mirip dengan bentuk tubuh manusia yang membedakan kalau manusia berjalan dengan tegak sedangkan orang utan berjalan dengan sedikit membungkuk. Dari segi biologis orang hutan dan manusia juga memiliki kemiripan. Pada orang utan memiliki tulang belakang, menyusui anaknya, dan berjalan menggunakan kedua kaki yang mana hal tersebut mirip dengan manusia. Meskipun antara hewan terutama orang hutan dengan manusia memiliki banyak kesamaan, ada sifat yang membedakan di antara keduanya dan sifat Inilah yang disebut sifat hakiki manusia.

2.2 Wujud sifat hakiki manusia.
Di bawah ini adalah sifat Hakiki manusia yang tidak dimiliki oleh hewan, meliputi ;
2.2.1 Kemampuan menyadari diri.
kemampuan menyadari diri yang dimiliki oleh manusia merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk menyadari bahwa dirinya memiliki ciri khas atau karakteristik diri yang berbeda dengan yang lainnya. Hal ini menyebabkan manusia dapat membedakan antara dirinya dengan aku-aku (ia, mereka) yang lain ataupun dengan non aku (lingkungan fisik) di sekitarnya. manusia juga dikaruniai kemampuan untuk membuat jarak antara diri dengan akunya sendiri. Aku seolah-olah keluar dari dirinya dengan berperan sebagai subjek lalu memandang dirinya sendiri sebagai objek. Pada saat tertentu seorang aku dapat berperan ganda yaitu sebagai subjek dan sekaligus sebagai objek.


 Manusia dapat berperan sebagai Hakim polisi pendidik pendiri atas dirinya sendiri ataupun si terdidik. 
Drijarkara ( Drijarkara: 138), menyebutkan bahwa kemampuan tersebut dengan istilah "meng-aku", yaitu kemampuan untuk mengeksplorasi potensi-potensi yang ada pada aku dan memahami potensi-potensi tersebut sebagai kekuatannya yang dapat dikembangkan sehingga aku dapat berkembang ke arah kesempurnaan diri.
2.2.2 Kemampuan bereksistensi.
Kemampuan bereksistensi adalah kemampuan manusia untuk keluar dari dirinya. Kemampuan yang dimaksud ini adalah menembus atau menerobos dan mengatasi batas-batas yang membatasi dirinya. Dengan kemampuan bereksistensi inilah yang membedakan manusia dengan hewan. Bisa diibaratkan hewan yang menjadi di komponen dari lingkungan sedangkan manusia menjadi manajer dari lingkungannya. Kemampuan bereksistensi ini perlu dibina melalui pendidikan Sehingga peserta didik dapat belajar mengantisipasi suatu keadaan dan peristiwa, belajar melihat kemungkinan yang terjadi di masa depan, serta mengembangkan daya imajinasi kreatif sejak dari masa kanak-kanak.
2.2.3 Kata hati.
Kata hatiatau bisa disebut hati nurani adalah kemampuan manusia yang memberi penerangan tentang baik ataupun buruk nya perbuatan sebagai manusia. Kata hati yang tajam dapat digunakan untuk pertimbangan dan dalam mengambil suatu keputusan yang baik atau benar. Bisa disimpulkan bahwa kata hati itu adalah kemampuan untuk membuat keputusan tentang yang baik atau yang benar. Usaha untuk mengubah kata hati yang tumpul agar menjadi tajam bisa dilakukan dengan pendidikan kata hati. Pendidikan kata hati bertujuan agar orang memiliki keberanian moral yang didasari oleh kata hati. 
2.2.4 Moral.
Moral adalah perbuatan yang baik atau benar. Jika kata hati diartikan sebagai kemampuan yang memberi penerangan tentang perbuatan yang baik atau salah sebagai manusia, maka moral adalah perbuatan itu sendiri.  Banyak orang yang moral dengan kata hatinya tidak sesuai. Seseorang memiliki moral yang baik apabila perbuatannya sesuai dengan kata hatinya yang baik pula. Pendidikan moral sangatlah penting karena masih banyaknya orang memiliki kecerdasan akal tetapi tidak memiliki moral (keberanian untuk berbuat). 
2.2.5 Tanggung Jawab.
Tanggung jawab diartikan sebagai kesediaan dalam menanggung segala akibat dari perbuatan yang telah dilakukan. Wujud dari tanggung jawab ini  bermacam-macam, seperti tanggung jawab pada diri sendiri, tanggung jawab kepada masyarakat, dan tanggung jawab kepada Tuhan. Tanggung jawab kepada diri sendiri biasanya diungkapkan dalam bentuk penyesalan setelah perbuatan yang dilakukan. Tanggung jawab kepada masyarakat berarti menanggung tuntutan norma-norma sosial dalam masyarakat, bentuk tuntutannya berupa sanksi-sanksi seperti cemooh dari masyarakat. Tanggung jawab kepada Tuhan berarti menanggung tuntutan norma-norma agama misalnya perasaan berdosa dan terkutuk. Dari sini dapat dilihat bahwa kata hati, moral, dan tanggung jawab sangat erat kaitanya. Di mana kata hati adalah pedoman dalam melakukan suatu perbuatan, moral adalah perbuatan yang dilakukan, dan tanggung jawab adalah kesediaan dalam menanggung semua akibat dari perbuatan yang telah dilakukan. 
2.2.6 Rasa kebebasan.
Rasa kebebasan atau merdeka adalah rasa bebas (tidak merasa terikat oleh sesuatu) tetapi sesuai dengan tuntutan kodrat manusia. Disini yang dimaksud sesuai adalah sesuai dengan tuntutan kodrat manusia. Dengan kata lain bahwa kebebasan berkaitan erat dengan kata hati dan moral. Seseorang mengalami rasa kebebasan apabila perbuatannya atau moralnya sesuai dengan apa yang dikatakan oleh kata hatinya yaitu kata hati yang sesuai dengan tuntutan kodrat manusia. 
2.2.7 Kesediaan melaksanakan kewajiban dan menyadari hak.
Hak dan kewajiban adalah dua gejala yang timbul sebagai perwujudan dari manusia sebagai makhluk sosial. Jika seseorang mempunyai hak yang menuntut sesuatu maka akan ada pihak lain yang berkewajiban untuk memenuhi hak tersebut. Dan sebaliknya suatu kewajiban terjadi jika ada pihak lain yang harus dipenuhi haknya.
2.2.8 Kemampuan menghayati kebahagiaan.
Kebahagiaan sering diartikan sebagai rasa senang gembira dan jumlah istilah lain yang mirip dengan kata-kata itu. Bahagia tidak mudah untuk 

dijabarkan tetapi tidak sulit untuk dirasakan. Kebahagiaan tidak cukup digambarkan hanya sebagai kumpulan pengalaman pengalaman yang menyenangkan saja. Tetapi lebih dari itu yang merupakan satu kesatuan dari segala kesenangan kegembiraan kepuasan dan sejenisnya serta dengan pengalaman pengalaman pahit dan penderitaan. 
Dalam proses terjadinya Kebahagiaan tidak lepas dari kata takdir, hal ini erat kaitannya dengan komponen usaha. Kebahagiaan hanya dapat diraih oleh mereka yang mampu bersyukur, karena dengan bersyukur maka mereka akan menerima semua takdir yang telah diberikan oleh Tuhan. Pendidikan mempunyai peran penting sebagai tempat untuk mengantar peserta didik dalam mencapai suatu kebahagiaan yaitu dengan membantu mereka meningkatkan kualitas hubungan dengan dirinya, lingkungannya, dan Tuhannya. 

2.3 Dimensi hakikat manusia potensi, keunikan, dan dinamikanya. 
Dalam sifat Hakiki manusia terdapat dimensi-dimensi yang akan dibahas. Dimensi tersebut adalah :
2.3.1 Dimensi keindividualan.
Setiap anak yang dilahirkan kedunia dikaruniai potensi untuk menjadi berbeda dari yang lain atau menjadi dirinya sendiri jadi tidak ada di muka bumi ini individu yang identik. Bahkan meskipun anak kembar yang memiliki wajah yang sulit di bedakan, sesungguhnya mereka itu dapat dibedakan mungkin dari bentuk muka ataupun bentuk matanya. Karena adanya individualitas setiap orang memiliki perasaan cita-cita semangat dan daya tahan yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari. 
Kesediaan untuk menanggung tanggung jawab sendiri merupakan salah satu ciri yang sangat mendasar dari adanya sifat individualitas pada diri manusia. Seorang individu memiliki dorongan untuk menjadi mandiri. Untuk itu perlu dikembangkan melalui pendidikan agar bisa menjadi kenyataan. Fungsi utama pendidikan adalah membantu peserta didik untuk membentuk kepribadiannya, atau menemukan jati dirinya sendiri. Tugas pendidik hanya menunjukkan jalan dan mendorong peserta didik bagaimana memperoleh sesuatu dalam mengembangkan diri.


2.3.2 Dimensi kesosialan.
Setiap orang di muka bumi ini dikaruniai benih kemungkinan untuk bergaul. Artinya setiap manusia dapat saling berkomunikasi yang didalamnya terkandung unsur saling memberi dan menerima. Menurut Lavengeld, adanya kesediaan untuk saling memberi dan menerima dipandang sebagai kunci dari 
suksesnya pergaulan. Unsur saling memberi dan menerima sudah dimulai sejak waktu bayi di mana seorang bayi mendapat rasa kasih sayang dari seorang ibu kemudian sang bayi memberi senyuman sebagai ungkapan rasa senang atau terhibur. Adanya dimensi kesosialan pada manusia mendorong manusia untuk bergaul, dengan adanya dorongan ini setiap orang ingin bertemu dengan sesamanya sehingga timbulah interaksi diantara mereka berdua. Dengan interaksi tersebut seseorang berkesempatan untuk belajar dari orang lain, mengembangkan kegemarannya, mengembangkan cita-citanya, serta menolak sifat-sifat yang dianggap tidak cocok baginya. Manusia tidak dapat hidup tanpa manusia yang lainnya, hal ini sesuai dengan kata bahwa manusia itu adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. 
2.3.3 Dimensi kesusilaan.
Susila berarti kepantasan yang lebih tinggi. Di dalam kehidupan bermasyarakat tidak cukup hanya berbuat yang pantas tetapi di dalam perbuatan tersebut terdapat kejahatan yang terselubung. Dalam bahasa ilmiah sering digunakan dua istilah yang mempunyai arti berbeda yaitu etiket dan etika. Etiket adalah persoalan yang menuju pada kepantasan dan kesopanan dalam berbuat, sedangkan etika adalah persoalan yang mengacu pada kebaikan. 
Drijarkara mengartikan manusia Susila sebagai manusia yang memiliki nilai-nilai, menghayati, dan melaksanakan nilai-nilai tersebut dalam perbuatan (Drijarkara:36-39). Berdasarkan asalnya nilai-nilai tersebut dibedakan atas 3 macam yaitu: nilai otonomi yang bersifat individual (kebaikan menurut pendapat seseorang), nilai heteronom yang bersifat kolektif ( kebaikan menurut kelompok), dan nilai keagamaan yaitu nilai yang berasal dari Tuhan.
Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang memahami nilai ataupun mengetahui banyak hal tetapi kurang atau tidak Susila. Hal tersebut sangat wajar terjadi karena memahami adalah kemampuan penalaran, sedangkan bersedia melaksanakan adalah sikap yang masing-masing diantara keduanya memiliki kondisi yang berbeda. 
6
2.3.4 Dimensi keberagamaan.
Beragama merupakan kebutuhan manusia yang utama, karena manusia adalah makhluk yang lemah sehingga memerlukan tempat untuk membantu dalam hidupnya. Pesan-pesan agama harus disampaikan dari hati ke hati, dan terpancar dari ketulusan serta kesungguhan hati orang tua. Dalam hal ini orang 
tua adalah sebagai pendidik yang paling cocok karena ada hubungan darah 
dengan anak. Selain dari orang tua pendidikan agama juga dapat dilakukan di sekolah. Upaya pemerintah dalam menerapkan pendidikan agama di sekolah yaitu dengan memasukkan pendidikan agama ke dalam kurikulum di sekolah mulai dari SD sampai dengan pendidikan lanjut.  

2.4 Pengembangan dimensi hakikat manusia.
Manusia lahir telah dikaruniai dimensi hakikat manusia tetapi masih dalam bentuk potensi dan belum teraktualisasi ke dalam kenyataan. Dalam proses dari potensi untuk menjadi wujud aktualisasi terdapat proses pendidikan. Melalui pendidikan diharapkan potensi yang dimiliki oleh manusia akan tumbuh dan berkembang secara optimal. Oleh karena itu harus diyakini dasar pemikiran filosofis yang dikemukakan oleh Langeveld yaitu :
a. Manusia adalah animal educable, yaitu sebagai makhluk yang dapat dididik.
b. Manusia adalah animal educandum, yaitu manusia pada hakekatnya harus dididik. 
c. Manusia adalah homo educandum, yaitu di samping harus dididik dan dapat dididik manusia harus dapat mendidik diri sendiri. 
Dalam pendidikan yang dilakukan pada dasarnya baik tetapi dalam pelaksanaannya bisa saja terjadi kesalahan kesalahan yang disebut salah. Berkaitan dengan hal itu ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi, yaitu :
2.4.1 Pengembangan yang utuh.
Pendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang sanggup mengantarkan peserta didiknya menjadi seperti dirinya sendiri selaku anggota masyarakat. Jadi kualitas dari hasil pendidikan harus dikembalikan kepada peserta didik itu sendiri sebagai subjek sasaran pendidikan. Pengembangan yang utuh dapat dilihat dari berbagai segi yaitu ;

7
2.4.1.1 Dari wujud dimensinya. 
Pengembangan dimensi keindividualan, kesosialan, kesusilaan, dan keberagamaan dapat dikatakan utuh jika semua dimensi tersebut mendapatkan layanan dengan baik. Dalam hal ini dimensi keberagamaan menjadi tumpuan dari dimensi-dimensi yang lain. Untuk pengembangan aspek jasmaniah dan rohaniah dikatakan utuh jika keduanya mendapatkan pelayanan yang seimbang. Di sini aspek rohaniah sangat
 penting tetapi aspek fisik juga tidak kalah pentingnya nya, karena jika terdapat gangguan fisik maka akan berdampak pada kesempurnaan perkembangan rohaniah. 
2.4.1.2 Dari arah pengembangan.
Dalam dimensi hakikat manusia ke empat dimensi yang ada tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Jika kita cermati satu per satu maka sebagai berikut : pengembangan yang sehat terhadap dimensi keindividualan adalah yang berarah konsentris yang bermakna memperbaiki diri atau meningkatkan martabat agar menjadi pribadi yang selaras dengan pribadi lain tanpa mengganggu otonomi masing-masing.
Pengembangan yang sehat terhadap dimensi kesosialan atau bisa disebut pengembangan sosial di antara sesama manusia dan antara manusia dengan lingkungan fisik. Artinya, memelihara kelestarian lingkungan di samping menggunakannya. Pengembangan yang sehat terhadap dimensi kesusilaan akan menopang pengembangan dan pertemuan dimensi keindividualan dan dimensi kesosialan. pengembangan yang sehat terhadap dimensi keberagamaan akan memberikan landasan dan arah pengembangan dimensi keindividualan, kesosialan, dan kesusilaan. 
2.4.2 Pengembangan yang tidak utuh.
Pengembangan yang tidak utuh disebabkan karena adanya unsur dimensi yang terabaikan untuk ditangani. Pengembangan yang tidak utuh akan berakibat kepada terbentuknya kepribadian yang tidak lengkap atau tidak mantap. Pengembangan ini merupakan pengembangan yang tidak normal. 



8
2.5 Sosok manusia Indonesia seutuhnya. 
Pendidikan manusia seutuhnya adalah tujuan dasar yang hendak dicapai dalam pendidikan secara umum. Utuh berarti lengkap, yang meliputi semua yang ada dalam diri manusia. untuk dapat menghasilkan manusia yang utuh diperlukan suri tauladan atau contoh yang baik bersama antar keluarga, masyarakat, dan guru di sekolah sebagai Wakil pemerintah. 
Sosok manusia Indonesia seutuhnya telah dirumuskan dalam GBHN mengenai arah pembangunan jangka panjang. Dinyatakan bahwa pembangunan nasional dilaksanakan didalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan itu tidak hanya mengejar kemajuan lahiriah, seperti sandang, pangan, perumahan, kesehatan, ataupun kepuasan batiniah seperti pendidikan, rasa aman, bebas mengeluarkan pendapat yang bertanggung jawab, atau rasa keadilan,. Melainkan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan anara keduanya sekaligus batiniah.
Selanjutnya juga diartikan bahwa pembangunan itu merata di seluruh tanah air, bukan hanya untuk golongan atau sebagian dari masyarakat. Bisa diartikan juga dengan hubungan manusia dengan Tuhannya, manusia dengan sesama manusia, manusia dengan lingkungan alam sekitarnya, keselarasan hubungan antara bangsa-bangsa dan juga keselarasan antara cita-cita hidup di dunia dengan kebahagiaan di akhirat. 

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan.
Dari uraian yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa :
3.1.1 Sifat Hakiki manusia adalah ciri khas yang dimiliki oleh manusia yang membedakannya dengan hewan. Disebut hakikat atau Hakiki karena ciri khas tersebut hanya dimiliki oleh manusia dan tidak dimiliki oleh hewan. Meskipun antara hewan dengan manusia memiliki banyak kemiripan Jika dilihat dari segi biologisnya. 
3.1.2 Wujud dari sifat Hakiki manusia yaitu kemampuan menyadari diri, kemampuan bereksistensi, kata hati, moral, tanggung jawab, rasa kebebasan. Sebenarnya beberapa hewan ada yg memiliki salah satu atau beberapa dari sifat tersebut. Namun, hal ini tidak melekat pada hewan karena tidak adanya pendidikan bagi hewan, kecuali jika hewan tersebut dipelihara sehingga ada didikan dari si pemelihara. Meskipun hewan juga memiliki sifat tersebut hal ini berbeda dengan manusia, Karena manusia memiliki otak yang mampu tumbuh dan berkembang yang kemampuannya tidak ada yang bisa melebihinya. 
3.1.3 Manusia sebagai sasaran pendidikan juga memangku dimensi hakikat manusia. Manusia yang lahir dikaruniai dengan potensi-potensi yang dimilikinya dan perlu dikembangkan agar dapat terealisasi dalam kehidupan.melalui pendidikan diharapkan potensi tersebut dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
3.2 Saran.
Dengan penyusunan makalah ini, penulis berharap pengetahuan mengenai sifat hakiki manusia dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Penulis menyadari akan kemampuan yang penulis miliki masih kurang. Oleh karena itu, penulis mengharap saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan makalah ini.  


DAFTAR PUSTAKA

Roesminingsih, dan Lamijan Hadi Susarno. 2019. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya : 
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
https://www.google.com/amp/s/oktaseiji.wordpress.com/2011/04/24/sifat-dan-hakikat- 
manusia/amp/diakses pada 9 desember 2019, pukul 14.05
https://www.academia.edu/35414260/._Hakikat_Manusia_dan_Pengembangannya_PP_doc 
diakses pada 10 Desember 2019, pukul 19.20




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel