Iklan Responsif

Manfaat Alat Ukur

KEGUNAAN ALAT UKUR DALAM KEHIDUPAN 

KEGUNAAN ALAT UKUR DALAM KEHIDUPAN


Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sering berhubungan dengan namanya pengukuran, namun terkadang kita tidak pernah menyadari bahwa yang kita lakukan adalah suatu kegiatan pengukuran. Seperti kita mengendarai kendaraan bermotor di setiap kendaraan bermotor tentu terpasang alat ukur kecepatan yaitu spedometer, fungsi dari spedometer ini sendiri adalah untuk mengukur laju kecepatan kendaraan yang kita kendarai, sehingga kita dapat mengetahui kecepatan berkendara agar kita bisa berhati-hati saat berkendara untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat dari terlalu cepatnya laju kendaraan yang dikendarai. 

Contoh lain, seorang guru mengukur tinggi dan berat badan murid dikelasnya untuk kepentingan penelitiannya, seorang tukang kayu mengukur panjang kayu yang akan digunakan untuk membuat jendela, dan lain sebagainya. Berdasarkan kegiatan diatas telah diketahui bahwa banyak sekali fungsi dari kegiatan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap alat ukur memiliki kegunaan masing-masing, seperti :
Alat ukur panjang :

1. Penggaris atau mistar

Alat pengukur panjang ini mudah ditemukan dan tentu saja sudah sering anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alat ini berupa batang panjang dengan nilai ukuran tertera disepanjang sisi badannya. Alat ini sering digunakan untuk mengukur benda sehari-hari seperti, membuat sketsa gambar, ukuran centimeter adalah ukuran yang cukup efektif untuk membuat sketsa gambar.

2. Meteran

Meteran adalah alat ukur yang merupakan senjata bagi para tukang karena sangat penting dipergunakan dalam dunia bangunan. Setiap pekerjaan akan sering berhubungan dengan alat ini karena semua pekerjaan pasti berhubungan dengan ukuran. Alat ukur dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan ukuran, bahan alat ukur ada yang terbuat dari kayu, kain, plastik, dan juga dari plat.

3. Mikrometer sekrup

Alat ini digunakan untuk mengukur ketebalan sebuah benda ataupun diameter sesuatu. Skala yang digunakan dalam alat ukur ini adalah 0.01 mm. Alat ini merupakan benda yang penting jika anda berurusan dengan benda berukuran kecil. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu menjepit  benda yang akan diukur dirahang alat ini. Untuk memastikan ukuran tepat, anda perlu mengunci rapat benda dengan memutar sekrup skalanya.  


Penulis : FIKA DINA A

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel