Iklan Responsif

Penerapan Fisika Sehari-hari

FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


Banyak orang beranggapan bahwa fisika hanya sekedar ilmu biasa yang hanya mempelajari ilmu alam tanpa ada penerapannya. Tetapi masih banyak oang yang mengatakan bahwa fisika mempelajari tentang rumus sedikit. Dan tak sedikit yang menyadari bahwa banyak peristiwa  atau hal-hal yang sangat dekat dengan kita melibatkan ilmu fisika. Orang-orang tidak ada yang menyadari bahwa ilmu fisika ilmu yang di butuhkan  oleh para ilmuan.

Mengapa ilmu fisika sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari? Mengapahayoo.......... mungkin banyak orang yang sering meremehkan ilmu fisika. Jawabannya tentu banyak melibatkan ilmu fisika baik kita sadari maupun kita tidak menyadari. Semakin paham kita tentang ilmu fisika, kita akan faham semakin luas dan mendalam tentang ilmu fisika.


Ada beberapa macam-macam gerak dalam kehidupan kita sehari-hari :
1. Gerak lurus beraturan (GLB)
Gerak lurus beraturan merupakan gerak yang memiliki kecepatan yang konstan. Walaupun GLB sulit ditemukan dalam kehidupan sehari-hari,karena biasanya kecepatan gerak selalu berubah-ubah. Misalnya ketika kita sedang mengendarai sepeda motor atau mobil,laju mobil pasti selalu beubah-ubah. Ketika ada kendaraan di depan,pasti kecepatan gerakan akan selalu dikurangi. Hal ini menghindari agar tidak terjadi tabrakan dengan pengendara yang lainnya,terutama jika kondisi jalan yang ramai. Lain lagi jika kondisi jalan tikungan dan rusak.
Contoh : gerakan kereta api atau kereta listrik diatas rel. Lintasan rel kereta kadang lurus,walaupun jaraknya hanya beberapa kilometer. Kereta api melakukan GLB ketika bergerak diatas lintasan rel yang lurus tersebut dengan laju tetap.

2. Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
Gerak lurus berubah beraturan merupakan kecepatan gerak benda bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur. Perubahan kecepatan tersebut dinamakan dinamika kecepatan. Pada kasus kendaraan beroda misalnya,ketika mulai bergerak dari keadaan diam,pengendara biasanya menekan pedal gas mobil/motor. Pedal gas tersebut biasanya tidak ditekan atau ditarik dengan teratur sehingga walaupun kendaraan kelihatannya mulai  bergerak dengan perepatan tertentu,besar percepatannya tidak tetap atau selalu berubah-ubah.
Contoh: kita sering menjumpai dalam kehidupan hanya gerak jatuh bebas,yang bekerja hanya kecepatan gravitasi dan besar kecepatan gravitasi hanya bernilai tetap.

3. Energi (Nuklir)
Teknologi energi ini dapat emberikan manfaat dan kontribusi yang besar untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Misalnya, nuklir dapat digunakan dibidang pertanian, seperti pemuliaan tanaman sorgum dan gandum dengan melalui metode induksi mutasi dengan sinar gamma.
Di bidang kedokteran, teknik nuklir ini memberikan kontribusi yang tidak kalah besar yaitu, terapi three dimensional conformal radiotherapy (3DCRT), yang dapat menggembangkan metode pembedahan dengan menggunakan radiasi pengion sebagai bedahnya. Dengan teknik ini kasus-kasus tumor ganas yang sulit dijangkau dengan pisau bedah konvensional menjadi dapat diatasi,bahkan tanpa merusak jaringan lainnya. 

4. Hukum newton 
Hukum 1 newton : sebuah benda mempertahankan kedudukannya
Contoh : jika kita dalam sebuah mobil saat mobil itu tiba-tiba maju badan kita 
    Tiba-tiba terdorong ke belakang.
Hukum II newton : kita berada di dalam lift.
Hukum III newton : ini merupakan gaya reaksi.

Contoh : saat kita menekan papan tulis (aksi) maka papan tulis memberikan reaksi, bila aksi lebih besar dari pada reaksi maka papan tulis akan rusak dan sebaliknya.



Penulis : FIKA DINA A

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel