Iklan Responsif

Materi Hakikat Pendidikan

Apa sih Hakikat Pendidikan Itu?

Materi Hakikat Pendidikan

Kita semua telah mengetahui bahwasanya pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan seorang individu mengapa seperti itu?

Karena dengan adanya pendidikan Seseorang akan memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Mengapa sih manusia itu perlu dididik? karena manusia memiliki akal tidak seperti makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. 

Meskipun seorang manusia memiliki akal dan pikiran tentunya mereka tetap harus dididik karena dengan adanya pendidikan manusia akan bisa terarah hidupnya dan memiliki tujuan yang jelas dan  sesuai dengan apa yang dinginkan. Pendidikan sendiri merupakan kebutuhan pokok manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia untuk mempertahankan hidupnya. 

Pendidikan juga dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membentuk kepribadian nya yang sesuai dengan nilai nilai yang sudah ada. Pada hakikatnya, pendidikan adalah usaha yang dilakukan untuk meningkatkan suatu ilmu pengetahuan secara formal maupun informal.

Pendidikan bersifat universal dikarenakan di mana pun kita berada pasti kita menemukan suatu proses pendidikan. Hakikat pendidikan sendiri berarti proses menumbuhkembangkan ekstensi peserta didik dengan masyarakat budaya dan tata kehidupan lokal nasional maupun global. 

 Pada hakikatnya pendidikan pasti memiliki tujuan dan manfaat. Tujuan dari pendidikan sendiri pastinya untuk Untuk mendidik seorang individu agar memiliki kehidupan yang terarah dan mendapatkan suatu ilmu yang bermanfaat bagi kehidupannya. 

Pendidikan tentunya juga memiliki manfaat yang berguna untuk kehidupan seseorang diantaranya yaitu membentuk seseorang menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan yang akan datang, dengan mendapatkan ilmu dan juga wawasan  yang luas maka seseorang akan bisa meraih cita cita atau tujuan hidupnya, Dengan adanya pendidikan Kita dapat mengembangkan nilai nilai baru agar dapat melestarikan nilai nilai yang sudah dijunjung tinggi oleh masyarakat. 

Seperti yang sudah kita ketahui, pendidikan itu beragam  jenisnya. Jenis pendidikan dibagi menjadi tiga macam, yaitu: pendidikan formal, pendidikan Informal, dan pendidikan nonformal. Macam pendidikan ini dibagi berdasarkan suatu proses yang dilakukan pada masing masing jenis pendidikan nya. Pendidikan formal adalah pendidikan yang sedang kita jalani pada saat ini yaitu pendidikan yang bersifat resmi dan pastinya diselenggarakan di sekolah. 

Ciri-ciri dari pendidikan formal sendiri memiliki jenjang jenjang tertentu, memiliki kurikulum dan sistemnya terstruktur. Pendidikan informal merupakan pendidikan yang diberikan dalam keluarga ataupun masyarkat yang tentunya mengutamakan nila etika, moral dan nilai nilai yang ada. Pendidikan nonformal merupakan pendidikan yang diberikan dalam masyarkat, biasanya bisa bersifat resmi ataupun tidak resmi.

Di dalam pendidikan tentunya ada proses yang terjadi di dalamnya yang tentunya melibatkan beberapa unsur yang sangat penting di dalamnya seperti halnya yaitu: 
1. Peserta didik (adalah seseorang yang mendapatkan pendidikan atau pengajaran), 
2. Orang yang membimbing atau pendidik (adalah seseorang yang memberikan suatu pendidikan, pengajaran, maupun ilmu yang bermanfaat), 
3. Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (adalah suatu proses komunikasi yang tentunya ada timbal balik antara peserta didik dan pendidik yang tentunya mengarah kepada tujuan pendidikan),
4. Pendukung pendidikan (unsur yang menentukan keberhasilan suatu tujuan pendidikan), 
5. Materi pendidikan (adalah hal yang disampaikan oleh pendidik untuk dipelajari, dimengerti, dan diamalkan oleh peserta didik), 
6. Alat dan Metode (adalah segala sesuatu yang dilakukan dengan sengaja aga tercapainya suatu tujuan pendidikan dengan cara penyampaian materi ke peserta didik), 
7. Lingkungan pendidikan (adalah tempat dimana peristiwa pendidikan berlangsung contohnya adalah lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat). 

Menurut Hal hal yang sudah kita bahas diatas hakikat pendidikan sangat bergantung dengan nilai nilai, motivasi dan tujuan pendidikan itu sendiri.      


Penulis : Salsabil Aliyah Putri Rahma



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel