Iklan Responsif

Materi Pentingnya Inovasi Pendidikan


INOVASI PENDIDKAN DI INDONESIA 

Materi Pentingnya Inovasi Pendidikan

Inovasi adalah suatu gagasan atau praktek yang dianggap baru dengan adopsi bagian-bagian secara potensial. Sedangkan difusi yaitu proses pengembangan praktek dan gagasan melalui sistem sosial. Perubahan dalam Pendidikan itu perlu, tetapi tidak semua perubahan itu perlu dan baik. Apa yang mendasari perubahan Pendidikan? Perubahan Pendidikan itu diawali adanya rasa ketidakpuasan masyarakat atas hasil pendidikan yang telah berjalan saat ini. Tetapi tidak semua ketidakpuasan itu harus diubah. Disamping guru melakukan perubahan, guru juga dituntut melakukan pembaharuan. Hal ini yang disebut inovasi. Inovasi dilakukan ketika guru benar-benar yakin bahwa perubahan itu akan berhasil dan berdampak baik bagi peserta didik. 

Pengertian inovasi secara etimologi , inovasi  berasal dari kata latin yaitu innovation yang memiliki arti perubahan atau pembaharuan. Istilah perubahan dan pembaharuan terdapat perbedaan dan persamaannya. Jika pada pembaharuan ada unsur kesengajaan. Persamaannya yakni, sama-sama memiliki unsur yang baru atau lain dari yang sebelumnya telah ditetapkan. Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa inovasi Pendidikan adalah inovasi dalam bidang Pendidikan atau inovasi untuk memcahkan masalah Pendidikan. Jadi, inovasi Pendidikan adalah suatu ide, barang, metode, yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi sesorang atau sekelompok.  

Tujuan diadakannya inovasi Pendidikan adalah meningkatkan sumber-sumber tenaga, uang, dan sarana. Tujuan inovasi Pendidikan adalah meningkatkan efeasiensi, relevansi, kualitas, dan efektivitas ; sarana serta jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya, dengan hasil pendidiakn sebesar-besarnya. Inovasi Pendidikan juga mengejar ketertingalan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi sat ini. Harapan diadakannya inovasi penidikan yaitu agar peserta didik yang ada di Indonesia tidsk ketinggalan lagi dengan Pendidikan yang dipadukan dengan teknologi saaat ini. Pada inovasi Pendidikan juga terdapat siklus. Sikul inovasi berlangsung seperti kurva difusi dimana pada tahap awal tumbuh relative lambat, selath itu pelanggan merespon produk tersebut sebagai kebutuhan, maka pertumbuhan produk tersebut akan meningkat secara eksponensial.

Masalah-masalah yang menuntut diadakan inovasi Pendidikan yang pertama yaitu perkembangan ilmu pengetahuan menghasilkan kemajuan teknologi yang mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi, polituik, pendidkan, dan kebudayaan bangsa Indonesia. System Pendidikan di Indonesia saat ini belum mampu mengikuti dan mengendalikan kemajuan-kemjuan tersebut. Sehingga dunia Pendidikan belum bisa menghasilkan tenaga-tenaga pembangun yang terampil, kreatif, dan aktif sesuai dengan tuntutan keinginan masyarakat. Yang ke 2 (dua) adalah laju penduduk yang sangat pesat, hal itu menyebabkan daya tampung, ruang, dan fasilitas yang menjadi tidak seimbang. Yang ke 3 (tiga) adalah melonjaknya aspirasi masyarakat untuk selalu ingin mendapat Pendidikan yang paling baik dan terdepan. Yang ke 4 (empat) adalah mutu Pendidikan yang dirasa semakin menurun, yang kata banyak masyarakat adalah belum mampu mengikuti perkembangan teknologi saat ini . sebagaimana yang telah dikatakan, bahwa keberhasilan pelaksanaan Pendidikan adalah tergantung pada sekolah, pengajar dan peserta didik. Apabila dari sekolah itu sendiri tidak menggunakan inovasi Pendidikan dengan baik dan tenaga pengajar (guru) juga hanya menyepelehkan inovasi Pendidikan , maka inovasi pendidika tidak aka berhasil. 

Oleh karena itu agar hasil inovasi ini berhasil dan dapat tersebar secara luas , maka pihak-pihak yang terkait dalam kurikulum atau Pendidikan dapat memperlancar jalannya proses difusi tersebut. Pelaksanaan inovasi Pendidikan seperti inovasi kurikulum tidak dapat berdiri sendiri atau harus diikuti oleh innovator dan pelaksana inovasi itu sendiri. Biasanya inovasi sengaja diciptakan sebagai usaha untuk meningkatkan mutu Pendidikan yang ada.  

Penulis : Fahdianthi Amalia Zachwa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel