Iklan Responsif

Mengapa Pendidikan itu Penting?

Manusia terlahir di dunia dalam keadaan tidak berdaya dan tidak tahu apa-apa, tetapi manusia dibekali akal dan pikiran untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk bertahan dan berkembang. Dalam hal ini orang tua lah yang berperan dalam proses pembelajaran seorang anak. Orang tua mengajari cara berbicara, makan, dan berjalan. Proses pembelajaran ini secara tidak langsung merupakan sebuah proses memperoleh pendidikan. 

Mengapa Pendidikan itu Penting?


Kegiatan pendidikan dalam kehidupan manusia akan terus berkembang seiring dengan perkembangan manusia itu sendiri, mulai dari pendidikan yang sangat sederhana yang tanpa disengaja dan disadari hingga berkembang menjadi tujuan yang lebih jelas. Awalnya pendidikan dimulai dari orang tua sendiri, yang kemudian dilanjutkan dengan pendidikan formal di sekolah. Pendidikan merupakan usaha secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual dalam bidang agama, kendali diri, akhlak, kepribadian, kecerdasan, dan keterampilan yang diperlukan untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. 

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, yang dimulai sejak manusia dilahirkan hingga manusia tersebut mati. Pendidikan diperlukan untuk keberlangsungan hidupnya, bagi masyarakat, dan untuk membangun bangsanya. Berbeda dengan binatang yang bisa bertahan hidup tanpa adanya pendidikan formal, mereka mengandalkan insting yang ada dalam diri mereka untuk mencari makan dan bertahan hidup. Manusia merupakan mahluk sosial, mahluk yang membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Manusia perlu dididik agar menjadi manusia yang seutuhnya, manusia yang memiliki pikiran dan moral yang baik. Berbeda dengan hewan yang tanpa perlu adanya pendidikan, dan dimanapun mereka hidup, mereka akan tetap berperilaku seperti selayaknya. 

Pendidikan pada hakikatnya merupakan kegiatan mengajar, mendidik, dan melatih yang dapat dilakukan oleh berbagai pihak. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengembangkan kompetensi yang ada dalam diri setiap individu serta mengembangkan nilai-nilai moral didalamya. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup serta perkembangan anak didik dan lingkungannya. 

Nilai-nilai yang akan dikembangkan meliputi nilai-nilai moral, budaya, pengetahuan, dan teknologi untuk mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan yang ada pada masyarakat lingkungan sekitar. Selain pendidikan ilmu pengetahuan, pendidikan nilai moral dan etika juga hal yang penting selaku mahluk sosial, bagaimana cara bersosialisasi dan berhubungan baik sesama manusia. Ilmu pengetahuan tanpa adanya nilai moral akan menyebabkan peningkatan kriminalitas di Indonesia salah satunya seperti korupsi. 

Selain itu, tujuan pendidikan yang utama adalah memberikan kemampuan kepada seseorang untuk berkembang dan mandiri serta mampu hidup bersama dengan masyarakat sebagai mahluk sosial dengan kehidupan yang lebih sempurna, memberikan hak yang sama terhadap seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan akan membentuk generasi-generasi penerus bangsa yang bermutu agar nantinya membangun bangsa menjadi lebih maju dan sejahtera. Pendidikan tidak hanya penting bagi individu saja, tetapi juga berpengaruh terhadap kemajuan bangsa di masa depan. 

Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan bangsa karena disanalah generasi penerus akan tercetak. Tanpa adanya pendidikan manusia tidak akan bisa berkembang, ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini juga merupakan hasil dari sebuah pendidikan. Dalam perkembangannya manusia akan mempunyai keinginan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, selama manusia berusaha untuk mencapai hal tersebut, baik meningkatkan pengetahuan, kepribadian atau yang lainnya, maka secara tidak langsung kegiatan tersebut merupakan pendidikan yang sebenarnya, oleh karena itu secara sadar maupun tidak sadar, manusia tidak dapat terlepas dari pendidikan. 


Penulis : Fatihatun Nikmah



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel