Iklan Responsif

Pengertian Fatamorgana

FATAMORGANA : Ilusi Optik di Daerah Padang Pasir


Pernakah kalian menjumpai seperti melihat genangan air di suatu hamparan pasir atau jalanan, namun saat kalian dekati genangan tersebut bukanlah genangan air sungguhan melainkan hanya bayangan saja. Pernakah kalian mengalami hal tersebut?

Pengertian Fatamorgana



Mari kita bahas… bayangan yang seakan – akan menyerupai genangan air tersebut pada umumnya disebut sebagai “Fatamorgana”. Fatamogana sendiri memiliki arti yaitu segala sesuatu yang semu atau yang tampak ada namun pada kenyataannya tidak.
Pengertian Fatamorgana
Fatamorgana merupakan salah satu fenomena optic yang biasa terjadi di padang pasir ataupun jalanan aspal yang memiliki perbedaan suhu yang signifikan. Karena justru perbedaan suhu itulah yang berdampak pada munculnya bayangan semu tersebut. Jadi mula – mula dataran akan mengalami kenaikan suhu disaat siang hari karena adanya cahaya matahari, sehingga dataran memiliki suhu panas karena dataran meradiasi cahaya matahari yang diterima. Setelah itu dataran akan memantulkan bayangan langit biru dan awan – awan sehingga dihasilkan bayangan pada dataran yang menyerupai genangan air atau kolam air.
Lantas, bagaimana sistematika suhu panas hingga mampu memantulkan bayangan langit biru dan awan-awan? pada dasarnya suhu panas yang dimaksud, yaitu suhu panas yang berada di atas permukaan dataran tersusun atas beberapa lapisan yang dimana setiap lapisan memiliki suhu yang berbeda- beda. Sehingga cahaya matahari yang dating akan mengalami pembiasan atau pembelokkan cahaya secara berantai yang pada akhirnya cahaya-cahaya tersebut akan kembali keatas. Dan ketika cahaya itu mengenai mata seseorang, maka seseorang seakan-akan melihat sesuatu yang berwarna kebiruan yang muncul dari permukaan suatu dataran. Bayangan kebiruan itulah yang biasa kita sebut dengan “Fatamorgana”.

Penulis : Rika Faradilla Citra K

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel