Iklan Responsif

Pentingkah Pendidikan Karakter?

Pentingkah Pendidikan Karakter?

Pada dasarnya setiap hal yang berhubungan dengan pendidikan sangat diperlukan dan memiliki peran penting. Salah satu hal yang mendasar dan sangat berpengaruh terhadap kemajuan pendidikan adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter berhubungan dengan perilaku dan sikap yang dimiliki peserta didik. Pendidikan karakter ini memfokuskan pada bentuk tindakan atau tingkah laku agar sesuai dengan aturan norma yang ada. Pendidikan karakter bertujuan untuk mengurangi perilaku destruktif pada peserta didik. Pendidikan karakter hendaknya dimulai dari dini, bisa ditanamkan oleh orang tua kepada anaknya mengingat akan sangat pentingnya pendidikan karakter. 

Karakter seseorang mempengaruhi masa depa seseorang, seseorang yang berkarakter akan selalu di ingat. Terdapat enam pilar karakter yaitu, kepercayaan, saling menghargai, bertanggung jawab, keadilan, kepedulian dan kewarganegaraan yang aktif. Selaik itu pentingnya pendidikan karakter juga menekankan kepada tiga komponen yaitu, pengetahuan moral, perasaan tentang moral, dan perbuatan bermoral. Pendidikan karakter ini diharapkan mampu membentuk pribadi peserta didik, supaya menjadi anak yang lebih baik bagi bangsa dan negara, serta dapat menjadi panutan nantinya di masyarakat. 

Setelah dimulai dari orang tua, pendidikan karakter kemudian dilanjutkan oleh guru, guru memberikan pendidikan karakter yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru sangat membantu dalam pendidikan karakter, hal ini karena setiap tindakan yang dilakukan guru nantinya akan direkam oleh peserta didik dan dapat di tiru oleh peserta didik, sehingga guru juga harus berkarakter agar dapat memberikan contoh yang baik kepada peserta didiknya. 

Nilai-nilai yang diberikan dalam pendidikan karakter ini sangat banyak, selain dalam hal sosial pendidikan karakter juga mengajarkan nilai karakter dalam berhubungan dengan tuhan. Sikap religius seseorang juga termasuk dalam hal pendidikan karakter, setiap tindakan yang dilakukan seseorangg hendaknya selalu berdasarkan pada ketuhanan dan ajaran agamanya. Yang kedua adalah nilai karakter yang berhubungan dengan diri sendiri, hal ini berhubungan erat dengan perilaku yang dimiliki oleh setiap individu, seperti jujur, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha,mandiri, dan masih banyak yang lainnya. 

Nilai karakter dakam hubungannya dengan sesame juga sangat penting untuk diajarkan kepada peserta didik, setiap tindakan yang dilakukan seseorang kepada orang lain akan memberikan ciri kepada orang tersebut. Sikap yang dimiliki oleh seseorang harus selalu berdasar kepada aturan dan norma yang ada, sikap seperti demokratis, santun, menghargai orang lain juga sangat diharuskan ada pada diri seseorang. Selain itu nilai karakter dalam hubungannya kepada lingkungan dan bangsanya juga perlu ditanamkan pada diri seseorang. Dimana setiap makhluk pasti hidup dengan bantuan makhluk lain, seperti halnya manusia tidak akan bisa bernapas tanpa bantuan dari tumbuhan. 

Hal inilah mengapa nilai karakte dengan lingkungan perlu ditanamkan, supaya setiap individu mampu menjaga lingkungan sekitarnya, merawat serta melestarikannya. Jika nilai ini tidak diberikan kepada manusia, ada kemungkinan nantinya akan merusak lingkungan sekitar seperti bagaimana cara memilih pohon yang sudah harus ditebang, hal ini akan sangat membantu lingkungan dan manusia tidak akan merusak lingkungan tetapi tetap dapat merasakan manfaatnya. Jadi nilai karakter yang berhubugan dengan tempat kita hidup, dengan lingkungan itu snagat diperlukan untuk meminimalisir kerusakan lingkungan. Seperti yang kita lihat, akhir-akhir ini banyak sekali berita yang mengatakan bahwa hutan terbakar, banjir dimana-mana, bencana alam banyak sekali terjadi. 

Hal ini terjaddi juga salah satunya akibat ulah mnausia yang tidak berkarakter. Untuk mencegah hal ini pendidikan karakter haruslah ditanamkan sejak dini dan dipastikan sebelum terjun ke masyarakat setiap individu harus sudah memiliki karakter yang baik. Selain itu sikap cinta tanah air, nasionalis, menghargai keberagaman juga harus ditanamkan. Agar menjadi sebuah negara maju rakyatnya harus mampu hidup rukup dan hidup dengan baik antar sesama. Negara yang maju terlihat dari bagaimana sikap dan karakter para rakyatnya.


Penulis : Beta Elok Yuanata


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel