Iklan Responsif

Pentingnya Pendidikan Karakter di Indonesia

Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter terdiri dari kata pendidikan dan karakter. Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan untuk mewujudkan proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya meliputi keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dalam kehidupan  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sedangkan karakter dalam bahasa Inggris “character” yang berarti sifat, perilaku, akhlak, watak, Budi pekerti. 

Dari dua kata ini muncul pendidikan karakter yang berarti usaha sadar yang dilakukan untuk mengembangkan potensi dalam diri dengan menanamkan nilai nilai kepada warga sekolah yang meliputi sifat, akhlak , watak dan Budi pekerti. Karakter sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan untuk menghasilkan generasi-generasi penerus yang berkualitas. 

Seseorang dengan kararakter baik akan lebih dibutuhkan dari pada  orang yang hanya pintar  namun berkarakter jelek. Karena jika seseorang memiliki karakter yang baik maka akan terbawa sampai ke dunia kerja mereka dan pintar bisa dilatih dengan seiring berjalannya waktu. jika seseorang pintar namun karakternya jelek maka sulit untuk mengubah karakternya karena karakter berhubungan dengan kepribadian dan sudah melekat pada dirinya. 

Dalam pendidikan karakter peran guru sangat penting karena segala sesuatu yang dilakukan oleh guru dapat mempengaruhi karakter dari anak didiknya. Guru adalah sosok idola bagi seorang peserta didik. Guru bisa menjadi sumber inpirasi dan sumber motivasi bagi peserta didiknya. Sikap dan prilaku seorang guru sangat diingat dalam diri siswa, sehingga ucapan, karakter dan kepribadian guru menjadi cermin siswa. Maka dari itu guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi penerua yang berkarakter, berbudaya, dan bermoral. 

Pendidikan karakter berpijak dari karakter dasar manusia yang bersumber dari nilai-nilai karakter dasar. Menurut para ahli psikolog, beberapa nilai karakter dasar tersebut antara lain cinta kepada Allah dan ciptaannya, tanggung jawab, jujur, hormat dan santun, kasih sayang, peduli, percaya diri, toleransi, dan cinta persatuan. Kurangnya pendidikan karakter di lingkungan pendidikan akan menyebabkan peserta didik berkarakter buruk. Meningkatnya kenakalan remaja dalam masyarakat seperti perkelahian dan berbagai kasus moral lainnya disebabkan karena kurangnya pendidikan karakter pada diri seseorang. Oleh karena itu lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi pembinaan generasi muda diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam pembentukan kepribadian peserta didik melalui peningkatan kualitas pendidikan karakter. 

Karakter yang perlu ditanamkan dalam pendidikan karakter di sekolah antara lain:

1. Karakter religius.

Menanamkan karakter religius adalah langkah utama dalam menumbuhkan sifat, sikap dan perilaku anak agar sesuai dengan ajaran atau aturan yang ada dalam agamanya. Karakter religius ini akan membawa anak berhati-hati dalam bertindak dan anak dapat membedakan antara perbuatan yang sesuai dengan agamanya atau pun yang melanggar agamanya.

2. Jujur.

Kejujuran merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Seseorang yang memiliki sifat jujur bisa dipastikan  memiliki kehidupan yang harmonis dalam lingkungan masyarakat di mana dia melangsungkan hidupnya. Masa sekolah adalah saat yang ideal bagi guru untuk menanamkan nilai kejujuran pada siswa.

3. Toleransi 

Toleransi adalah sikap saling menghargai terhadap perbedaan yang ada. Perbedaan yang dimaksud adalah perbedaan agama, ras, suku bangsa, daerah, sikap, dan lain sebagainya.

4. Cinta lingkungan

Sikap cinta lingkungan dapat membuat siswa sadar akan lingkungan yang ada disekitarnya. Sikap cinta lingkungan ini dapat dilakukan dengan membuat jadwal piket harian kelas untuk membersihkan ruang kelas dan juga melakukan kegiatan Jumat bersih seminggu sekali. 

5. Rasa cinta tanah air. 

Cinta tanah adalah cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun kelompok. Rasa cinta tanah air dapat ditanamkan disekolah melalui upacara bendera.

Dengan pengembangan pendidikan karakter di atas, diharapkan peserta didik dapat tumbuh dengan memiliki kepribadian atau karakter yang baik. Menjadi seorang yang pandai atau pintar saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan karakter yang baik. Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan tangguh jika memiliki generasi-generasi penerus yang berkarakter. 



Penulis : Irma



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel