Iklan Responsif

Permasalahan Rendahnya Pemanfaatan TIK Bagi Guru

Rendahnya Pemanfaatan TIK Bagi Guru


Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap individu di muka bumi ini sebagai hakikat manusia yang memiliki akal pikiran. Pendidikan dilakukan untuk menyiapkan peserta didik menghadapai masa depan. Setiap orang dibimbing, dilatih, dan dididik sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Melalui pendidikan setiap orang diharapkan dapat menjadi manusia yang memberikan manfaat sesuai dengan bidang keilmuannya.

Permasalahan Rendahnya Pemanfaatan TIK Bagi Guru

Dalam proses pendidikan, kegiatan pembelajaran ditunjang oleh berbagai fasilitas. Seiring berkembangnya zaman, fasilitas penunjang proses pembelajaran ikut berkembang, tak kecuali teknologi. Seperti saat ini sekolah-sekolah telah menerapkan pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan alat-alat elektronik. Proyektor dapat digunakan untuk menayangkan gambar atau video yang berkaitan dengan isi materi yang diajarkan. 

Akses internet di sekolah-sekolah memadai dengan adanya LAN atau wifi. Buku tidak hanya buku cetak, sekarang ada yang namanya e-book yang bisa diakses hanya dari ponsel. Fasilitas-fasilitas seperti itulah sangat menunjang kemajuan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan.

Secara umum pembangunan kapasitas iptek nasional diniai masih belum memadai. Pemerintah terus mengupayakan pemerataan pembangunan agar setiap daerah memiliki akses yang sama terhadap pendidikan. Namun, upaya ini akan menjadi sia-sia jika tidak diimbangi dengan keberdayaan tenaga pendidik dalam menggunakan fasilitas teknologi tersebut. Padahal, kemampuan dalam penggunaan TIK ini termasuk dalam kompetensi profesional seorang guru. Alangkah menyenangkannya kegiatan pembelajaran bilamana guru dapat memberikan media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Ketidaksiapan sumber daya manusia dalam kemajuan teknologi sudah menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia. Ketidaksiapan ini dapat disebabkan oleh berbagai sebab. Pertama, adanya anggapan bahwa pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran itu tidak penting. Dalam hal ini guru hanya mengandalkan materi yang ada di buku saja dalam kegiatan pembelajaran. 

Padahal ada internet yang dapat memberikan informasi tambahan mengenai materi yang diajar. Jika ini tidak diatasi dengan segera, sarana dan infrastruktur sebaik apapun akan menjadi sia-sia. Kedua, guru-guru lama yang tidak dapat mengikuti arus teknologi. Biasanya orang-orang yang telah berumur mengalami kesulitan dalam menggunakan teknologi. 

Perbedaan zaman yang begitu berbeda dan menurunnya kecekatan mereka dalam mempelajari hal baru menjadi kendala tersendiri. Ketiga, sarana dan prasarana yang belum memadai di beberapa daerah. Kurang meratanya infrastruktur juga berpengaruh terhadap kompetensi seorang guru. Fasilitas yang kurang memadai di sekolah-sekolah pelosok menyebabkan guru hanya bisa mengajar dengan apa adanya. Mereka tidak dapat menggunakan proyektor untuk menampilkan materi ataupun memiliki akses internet sehingga hanya bisa mencari sumber dari buku saja. 

Kemampuan guru dalam menggunakan teknologi tidak diperuntukkan oleh guru TIK saja. Sekarang apapun serba berbasis online termasuk dalam dunia pendidikan. Karena itu semua guru seharusnya dapat memanfaatkan tekologi dengan sebaik-baiknya terutama dalam proses pembelajaran. Dengan begitu, kegiatan pembelajaran akan terjalin lebih efektif dan materi yang disampaikan dapat diserap baik oleh peserta didik.

Rendahnya pemanfaatan teknologi bagi guru harus segera diatasi. Perlu adanya sosialisasi ke sekolah-sekolah mengenai inovasi-inovasi kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Bagi guru-guru yang kurang cakap dengan teknologi dapat mengikuti pelatihan atau workshop pemberdayaan pendidik dalam menggunakan infrastruktur teknologi. 

Karena bagaimanapun sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah jika tidak diimbangi dengan kompetensi guru tidak aka nada gunanya. Pemerataan fasilitas pun masih harus terus digencar terutama di daerah-daerah terpencil. Kita tentu tidak ingin Indonesia tertinggal oleh negara-negara lain. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita dapat memnfaatkan kemajuan teknologi ini demi kemajuan bangsa terutama dalam bidang pendidikan dengan sebaik-baiknya.



Penulis : Nina Fajriyah Citra




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel