Iklan Responsif

Praktikum Mahkluk Hidup


MODUL 1. MAKHLUK HIDUP

KEGIATAN PRAKTIKUM 1


Praktikum Mahkluk Hidup


1. Judul Percobaan    : Ciri-ciri Makhluk Hidup
2. Tujuan                    : Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
3. Alat dan Bahan       :
a. Alat-alat tulis
b. Alam sekitar

4.    Ciri-ciri Umum Makhluk Hidup
a.       Hasil Pengamatan
Tabel hasil pengamatan ciri-ciri makhluk hidup

No.
Nama Makhluk Hidup
Ciri-ciri Makhluk Hidup *)
1
2
3
4
5
1
Kucing
2
Ayam
3
Sapi
4
Burung
5
Ikan
6
Pohon Mangga
7
Pohon Pisang
8
Bawang merah
9
Kacang tanah
10
Putri malu

*) Keterangan :
1. bergerak dan bereaksi terhadap rangsang
2. bernapas
3. perlu makan (nutrisi)
4. tumbuh
5. berkembang

b.       Pembahasan dan Kesimpulan
Tumbuhan maupun hewan memiliki ciri-ciri yang sama yaitu bergerak dan bereaksi terhadap rangsang, bernafas, perlu makan (nutrisi), tumbuh, dan berkembang.Semua tumbuhan melakukan gerak yaitu gerak tumbuh akar dan batang. Gerak pada hewan dan tumbuhan berbeda. Hewan dan tumbuhan sama-sama melakukan pernafasan. Jika Pada tumbuhan oksigen masuk melalui stomata dan lentisel, sedangkan oksigen masuk ke dalam tubuh hewan melalui organ pernafasan. Hewan dan tumbuhan memerlukan makan dan air, hanya saja saja berbeda bentuk dan prosesnya. Tumbuhan makan dengan melakukan fotosintesis, sedangkan hewan memakan bentuk yang sudah jadi. Hewan dan tumbuhan sama-sama tumbuh dan berkembang, bertambah ukuran tinggi dan besar maupun beratnya.
Jadi makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang sama yaitu bergerak dan bereaksi terhadap rangsang, bernafas, memerlukan makan, serta dapat tumbuh dan berkembang. Kelima ciri ini pasti melekat pada makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan meskipun ada sedikit perbedaan misalnya proses bergerak dan bernafas




c.       Dasar teori
Mahluk hidup merupakan benda hidup yang selain memiliki ciri atau sifat sebagai benda, juga memiliki sifat atau ciri yang membedakannya dari benda tak hidup, perbedaan itu terutama tampak pada ciri-ciri fungsinya. ciri-ciri mahluk hidup yang membedakan dari mahluk tak hidup adalah kemampuan dalam hal berkembang biak, menerima dan memberi tanggapan terhadap rangsangan, dapat tumbuh kembang, perlu makanan dan air, melakukan pernapasan. Walaupun tumbuhan dan hewan sama-sama mahluk hidup tetapi ada beberapa perbedaan mendasar dalam ciri-cirinya.
1.    Bergerak
Bergerak merupakan ciri dari makhluk hidup. Hewan bisa berpindah tempat, tumbuhan juga bisa bergerak meskipun tidak berpindah tempat. Perpindahan gerakan pada tumbuhan cenderung tidak mudah terlihat. Gerakan pada tumbuhan disebabkan karena adanya rangsangan dari luar. 
2.    Bernafas
Seluruh makhluk hidup melakukan proses pernafasan. Proses pernafasannya pun berbeda-beda, tergantung pada tempat hidup dan jenis makhluk hidupnya. Antara hewan darat dan air pun juga berbeda pula cara pernafsannya. Burung bernafas menggunakan paru-paru, sedangkan ikan bernafas dengan insang. Begitupun dengan tumbuhan yang bernafas melalui stomata dan lentisel.
3.    Makan
Makhluk hidup butuh makan untuk berkembang. Makanan yang dimakan haruslah yang mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti, protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral.
4.    Tumbuh
Makhluk hidup tumbuh dan berkembang. Tumbuh merupakan pertambahan sel-sel tubuh, sehingga ukuran tubuh bertambah. Hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan seperti manusia dan pertumbuhan ini bisa diukur.
5.    Berkembang
Berkembang biak atau reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Perkemabangan ini berguna untuk menambah dan melestarikan jenisnya.  Cara perkembangan hewan dibagi menjadi dua macam, yaitu secara generatif (kawin) dan secara vegetatif (tak kawin). Tumbuhan juga berkembang biak dengan biji, tetapi juga dapat berkembang biak dengan generatif (kawin) dan vegetatif (tak kawin)

d.       Jawaban Pertanyaan
1.      Tumbuhan bergerak dan bereaksi terhadap rangsang. Gerak tumbuhan yaitu gerak pindah tempat seluruh tubuh pada tumbuhan bersel satu gerak sebagian tubuh, tidak ditentukan arah datangnya rangsang gerak sebagian tubuh, dipengaruhi arang datangnya rangsang.
2.      Persamaan ciri kehidupan pada hewan dan tumbuhan yaitu bergerak dan bereaksi terhadap rangsang, bernafas, memerlukan makan, serta dapat tumbuh dan berkembang
Perbedaan ciri kehidupan hewan dan tumbuhan:
Tumbuhan :
1.      reaksi terhadap rangsang lambat/terbatas, umumnya menetap atau bergerak sebagian tubuh
2.      tidak memiliki alat pernafasan khusus.
3.      menyusun zat-zat makanan sendiri
4.      tumbuh kembang berlangsung selama hidupnya.
Hewan :
1.      memiliki alat pernafasan khusus.
2.      Reaksi terhadap rangsang cepat, simultan, aktif dan dapat berpindah tempat
3.      Makan makhluk hidup lain
4.      Tumbuh kembang terjadi dalam masa tertentu.

1.       Gerak Pada Tumbuhan
a.       Hasil Pengamatan
1)      Seismonasti dan Niktinasti
Tabel Hasil Pengamatan Seismonasti

No.
Jenis Sentuhan Pada Daun Putri Malu
Reaksi Daun Putri Malu
Keterangan
1.
Halus
Dari pangkal daun ke ujung, hanya anak daun di ujung saja yang mengatup/ melipat
Waktu cukup lama
2.
Sedang
Seluruh daun menutup
Waktu agak cepat
3.
Kasar
Arah gerak daun dengan sentuhan kasar pada ujung daun akan melipat dari ujung hinga pangkal daun dengan cepat.
Waktu lebih cepat

Tabel Hasil Pengamatan Niktinasti

No
Pot putri malu
Reaksi putri malu
Mula-mula
½ jam kemudian
1
Disimpan di tempat terang
Membuka
Tetap membuka
2
Ditutup dengan penutup yang kedap cahaya
Membuka
Menutup


b.   Pembahasan
 Seismonasti
adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang sentuhan atau getaran. Salah satu gerakan seismonasti adalah gerak menutupnya daun putri malu ketika disentuh. Jika daun tanaman putri malu disentuh maka daun tersebut akan menutup seperti layu. Sentuhan merupakan salah satu rangsang dari luar terhadap gerakan daun tanaman putri malu. Arah menutupnya daun akibat sentuhan adalah tetap walaupun rangsang sentuhannya berbeda. Bila disentuh dengan sedang, reaksinya agak cepat menutup. Dan jika disentuh dengan kasar akan dengan cepat menutup daun dan tangkainya. Reakei ini terjadi akibat perubahan tiba-tiba dalam keseimbangan air yang terjadi pada bantal daun yang kehilangan tekanan air sehingga daun maupun tangkai mengatup.
  Niktinasti
Gerak niktinasti (nyktos = malam) adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang dari lingkungan di malam hari. Contoh gerak niktinasti adalah gerak menutupnya daun tumbuhan yang tergolong tumbuhan polong (Leguminoceae) pada menjelang malam hari. Gerak ini disebabkan oleh perubahan tekanan turgor sel-sel pada jaringan di dalam persendian daun. Selain disebabkan oleh suasana gelap, gerak tidur daun-daun tersebut dapat terjadi akibat perubahan tekanan turgor di dalam persendian daun. Pengamatan niktinasti pada tumbuhan putri malu, dengan menyimpan putri malu di tempat terang atau terbuka dan membandingkannya dengan putri malu yang diletakkan di tempat tertutup atau kedap cahaya. Pada tumbuhan putri malu yang berada di tempat kedap cahaya, daun-daun putri malu tersebut mulai mengatup. Hal-hal yang menyebabkannya sama seperti yang terjadi pada saat gerak tidur pada tumbuhan putri malu. Jadi kesimpulannya adalah :
1)   Sentuhan halus pada daun putri malu menyebabkan gerak menutup daun dengan pelan.
2)   Tumbuhan putri malu yang berada di tempat kedap cahaya, daun-daun putri malu tersebut mulai mengatup. Sedangkan tumbuhan putri malu yang berada di tempat terang, daunnya tetap membuka.
3)   Tujuan putri malu mengatupkan daunnya ialah sebagai alat untuk pertahanan diri dan hewan-hewan yang akan mengkonsumsinya dan untuk melindungi simpanan airnya dan penguapan yang dikarenakan oleh angin.
c.  Jawaban Pertanyaan
1)   Polong-polongan seperti bunga merak dan daun putri malu. Daun-daun tersebut akan menutup pada malam hari dan akan membuka kembali jika matahari terbit.
2)   Pada percobaan di atas, Seismonasti adalah gerak putri malu dipengaruhi rangsang sentuhan, sedangkan niktinasti adalah gerak daun putri malu dipengaruhi rangsang dari cahaya.



























Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel