Iklan Responsif

Problem Pendidikan di Indonesia

Masalah-masalah Pendidikan di Indonesia

Sebuah negara maju pasti identik dengan generasi-generasi muda yang cerdas dan berpendidikan. Generasi-generasi cerdas tersebut tentunya tidak luput dari sistem pendidikan yang maju. Pendidikan dapat dijadikan sebagai tolak ukur suatu negara dapat dikatakan maju, apabila pendidikan negara tersebut juga maju. sistem pendidikan yang tertata dengan baik nantinya akan melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang unggul sehingga dapat membangun bangsa tersebut agar lebih maju dan sejahtera.

Problem Pendidikan di Indonesia


Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dengan sistem pendidikan yang belum bisa dikatakan baik. Sistem pendidikan yang belum sempurna tersebut hendaknya segera diperbaiki agar tidak menimbulkan kekacauan yang melebar kepada negara. Permasalahan pendidikan di Indonesia diantaranya yaitu biaya pendidikan yang mahal, kondisi masyarakat Indonesia yang banyak dalam kategori menengah ke bawah merasa keberatan dengan tingginya biaya pendidikan di Indonesia.

 Banyak anak-anak yang putus sekolah karena latar belakang ekonomi yang kurang mampu, masyarakat lebih memilih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dibanding harus duduk di bangku sekolah. Di beberapa negara maju sekolah tidak memungut biaya sama sekali bahkan di sana disediakan makan siang,  transportasi, dan kesehatan. Para orang tua tidak perlu memikirkan biaya untuk sekolah apalagi sampai mengajak anak-anak mereka untuk bekerja demi bertahan hidup.

Masalah pendidikan yang kedua adalah fasilitas pendidikan yang kurang memadai. Alokasi dana pendidikan yang tidak merata menyebabkan fasilitas pendidikan di beberapa daerah terutama daerah terpencil di Indonesia kurang memadai, baik dari segi gedung-gedung sekolah yang tidak layak untuk digunakan sebagai tempat belajar, maupun buku-buku yang tidak lengkap sehingga referensi bahan ajar tidak terpenuhi, dan kurangnya alat penunjang pembelajaran lainnya. 

Pentingnya fasilitas sekolah dalam pembelajaran adalah siswa dapat menerima dan memahami dengan betul bagaimana konsep ilmu yang disampaikan oleh guru kesulitan akses jalan untuk menuju sekolah juga menjadi penghambat dalam pembelajaran di Indonesia siswa yang harus berjalan jauh  atau melewati jalan jalan ekstrim seperti sungai atau jembatan yang putus yang tidak segera diperbaiki oleh pemerintah.

Pendidik yang kurang terlatih juga menjadi salah satu masalah pendidikan di Indonesia banyaknya lembaga yang bisa dengan mudah mencetak lulusan sarjana guru di Indonesia sehingga kualitas guru yang dihasilkan tidak dapat dipastikan mutunya. Padahal guru merupakan faktor penting dalam keberhasilan dalam pendidikan guru sebagai seseorang yang mentransfer ilmunya kepada siswa agar mendapat ilmu pengetahuan yang dapat digunakan di masa depan untuk membangun bangsa menjadi bangsa yang maju dan sejahtera. 

Lalu apa yang akan terjadi jika seorang guru tidak terlatih pembelajaran akan terhambat dan tidak berjalan dengan lancar siswa tidak akan menerima ilmu dengan baik dan kan tujuan awal dari pembelajaran adalah siswa dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dari seorang guru. Seorang guru harus nya terseleksi dengan ketat dan merupakan lulusan dari Universitas yang memang khusus mencetak seorang pendidik.

Masalah pendidikan yang selanjutnya adalah di Indonesia nilai terlihat lebih penting daripada usaha. hal ini secara tidak langsung menekan para siswa Indonesia untuk melakukan cara apapun demi mendapatkan nilai yang bagus. sehingga timbullah berbagai tindak kecurangan dari oknum-oknum yang ingin mendapatkan hasil akhir bagus. Turunnya nilai kejujuran dan kepercayaan kepada kemampuan diri sendiri akan terbawa hingga generasi tersebut terjun ke dunia kerja. 

Tertatanya suatu sistem pendidikan suatu negara akan menghasilkan generasi yang nantinya membangun bangsanya lebih maju dan sejahtera, kemajuan sistem pendidikan tentunya tidak meninggalkan nilai nilai budaya yang tetap akan dipegang teguh sebagai jati diri sebuah bangsa.


Penulis : Fatihatun Nikmah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel