Iklan Responsif

Rangkuman Materi Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter

Rangkuman Materi Pendidikan Karakter


1. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya dimana membentuk karakter pokok yang menjadi modal kebangsaan yaitu kesadaran, kemauan, dan perbuatan berbangsa. Tujuan dari pendidikan karakter antara lain untuk mengurangi perilaku destruktif pada anak, remaja, dan orang dewasa.

2. Konsep pembentukan karakter dalam diri individu merupakan fungsi dari seluruh potensi individu manusia (kognitif, afektif, konatif, dan psikomotorik) dalam konteks interaksi sosial kultural (dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat) dan berlangsung sepanjang hayat.

3. Nilai-nilai dalam pendidikan karate meliputi nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan, meliputi nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, meliputi nilai karakter dalam hubungannya dengan sesame, meliputi nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungannya, dan nilai kebangsaan.

4. Karakter dikembangkan melalui tahap pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting), dan kebiasaan (habit).

Daftar Pustaka

Roesminingsih dan Susarno, l. H. 2005. Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya : Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan.

http://eprints.ums.ac.id/24117/2/04._BAB_1.pdf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel