Cara Menjadi Penulis Lepas Untuk Pemula

Bagaimana cara menjadi penulis lepas untuk pemula? Atau bagaimana langkah menghasilkan uang dengan menjadi seorang penulis lepas. Mungkin di antara Anda sekarang ada yang punya keinginan tersebut. 

Niatan mengisi waktu luang atau untuk menjadikan profesi tersebut sebagai penghasilan. Apa pun tujuan utama Anda, menjadi seorang penulis lepas zaman sekarang ini tidaklah sulit. Yang penting ada kemauan yang kuat saja sudah cukup kok, dan juga tentunya ada alat buat nulis, minimal menggunakan handphone kamu sendiri. 

Cara Menjadi Penulis Lepas Untuk Pemula


Baiklah, cara menjadi penulis lepas untuk pemula bisa kamu mulai sekarang juga.  Yang penting pikirkan baik-baik, "apa yang akan ditulis". Ini menjadi sangat penting karena modal utama Anda adalah ide dan juga wawasan yang hendak dituangkan dalam sebuah tulisan. Kalau niat saja besar tapi tidak punya ide dan gagasan yang cemerlang, ya sama bohong.

Untuk menyingkat waktu, berikut adalah langkah-langkah cara menjadi penulis lepas untuk pemula,  antara lain: 

 

1. Tentukan jenis niche yang akan ditulis

Ketika Anda menjadi seorang ,  Anda harus tahu hal-hal apa saja yang akan Anda tulis.  Coba cari beberapa niche atau topik bahasan yang sesuai dengan diri Anda.  Misalkan saja Anda ahli dalam bidang kuliner, tentunya job menulis yang cocok buat Anda adalah artikel niche kuliner dan masakan

Dengan menentukan niche kamu akan lebih mudah dalam memilih dan menyelesaikan job penulis lepas. Beberapa referensi niche atau topik bahasan yang sering dibutuhkan di masa kini antara lain. 

·         Niche artikel tentang pendidikan

·         Niche artikel tentang keuangan

·         Niche tentang bisnis

·         Niche tentang investasi

·         Niche tentang masakan

·         Niche tentang blogging

·         Niche tentang teknologi

Dan tentunya masih banyak lagi topik atau niche lainnya.  Yang jelas sesuaikan dengan kemampuan,  keahlian,  pengalaman atau wawasan diri Anda agar hasil tulisan Anda nanti lebih maksimal. 

 

2. Belajar menulis terlebih dahulu

Sebelum kamu menulis untuk dijual atau menulis di situs orang lain. Cobalah untuk latihan menulis terlebih dahulu. Bisa dengan membuat sebuah blog, yang gratisan saja sudah cukup. Kamu tulis beberapa hal yang kamu kuasai dan buat tulisan tersebut sebagus mungkin. 

Tidak ada salahnya jika kamu meminta pendapat dan saran kepada yang sudah berpengalaman. Tanyakan kepada mereka apakah tulisan tersebut memiliki kekurangan atau tidak. Ketika kamu sudah merasa bisa menulis maka kamu bisa lanjut pada tahapan selanjutnya. 

 

3. Bergabung dengan situs penulis lepas

Cara menjadi penulis lepas untuk pemula yang selanjutnya adalah mulai mendaftar atau mendapatkan pekerjaan menulis. Bisa bergabung dengan beberapa situs yang menerima penulis lepas atau bergabung dengan developer jasa penulisan artikel. Jangan kuatir, di internet sudah tersedia informasi lengkap mengenai situs-situs tersebut. 

Sebagai contoh kamu menulis di website berita biasanya juga akan mendapatkan bayaran. Seperti Babenews,  UC news,  Rancah, viva dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Kemudian, kamu juga bisa mengajukan diri untuk bergabung dengan developer jasa penulisan artikel. Ketiklah di Google kata kunci "Jasa penulisan artikel", maka akan muncul banyak situs penyedia artikel. Kamu hubungi saja atau melamar pada situs-situs tersebut untuk menjadi penulis lepas. 

 

4. Mencari job freelance penulisan artikel online

Selain kamu bergabung dengan situs tertentu. Kamu juga bisa mencari job freelance penulisan artikel. Caranya ada banyak, mulai dari mencari job di beberapa situs freelancer atau bisa juga dengan membuka iklan kamu sendiri di media sosial. 

Misalnya, tawarkan jasamu di market media sosial atau di komunitas online yang membutuhkan. Cara ini kadang lebih efektif menjaring membeli.

Pada tahapan ini kamu harus tahu harga pasaran artikel itu sendiri. Karena pastinya akan ditanyakan oleh calon pembeli. Kemudian portofolio atau contoh tulisan kamu di blog tadi juga akan sangat berguna untuk menawarkan jasa penulisan. Karena calon pembeli nanti akan melihat seberapa bagus tulisan Anda. 

 

5. Menyelesaikan job penulis lepas dan menghasilkan uang

Jika sudah mendapatkan job disini kamu bisa mulai bekerja menjadi seorang penulis artikel lepas. Yang namanya penulis lepas berarti hitungannya adalah setiap artikel yang kamu tulis. Maka semakin banyak kamu menyelesaikan job. Semakin banyak pula kamu akan mendapatkan uang.

Jadi, selain artikel bagus dan original, kecepatan juga sangat menentukan seberapa besar penghasilan kamu dengan menjadi penulis artikel lepas. Nah, jangan sekali-kali kecewakan konsumen potensialmu dengan selalu menjaga berkomitmen yang telah dibuat untuk mereka.

 

6. Membangun brand jasa penulis milik Anda

Mulailah bangun brand jasa penulisan artikel kamu sendiri. Hal ini berguna untuk memajukan usaha penulisan Anda.  Buatlah situs web atau blog jasa penulisan artikel kamu sendiri. Dan jaringan sebanyak mungkin pelanggan dan calon pembeli artikel untuk bergabung. 

Dengan begitu kamu akan mempunyai sebuah wadah jasa penulisan artikel sendiri. Tidak perlu lagi untuk bergabung dengan developer lain. Kelola dengan baik lalu kembangkan bila memungkinkan.

Saya kira cukup penjelasan dari saya kali ini mengenai cara menjadi penulis artikel lepas untuk pemula. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang membutuhkannya. Demikian yang dapat saya sampaikan dan Terima kasih. (Media Ilmu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel