Manfaat Belanja di Warung Tetangga

 

Manfaat Belanja di Warung Tetangga

Apa manfaat belanja di warung tetangga? Apakah hanya sekedar praktis dan tidak banyak keluar tenaga? Mungkin tidak banyak yang berpikir sejauh ini. Namun, ketahuilah banyak hal kecil yang sering kita anggap sepele, ternyata mempunyai dampak yang penting bagi orang lain juga diri kita sendiri.

Selama ini, banyak yang beranggapan, bahwa berbuat baik dan terpuji adalah perkara yang sulit untuk dilakukan, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Banyak juga yang berpikir, bahwa berbuat baik hanya ketika sudah mengantongi banyak uang, padahal sebenarnya tidak, berbuat baik tak seharusnya menunggu kita kaya. Berbuat baik tak seharusnya menunggu sesuatu yang dianggap besar, misal baksos (bakti sosial), menolong orang yang sedang mendapatkan musibah, ikut mengubur jenazah, dan sebagainya.

Islam sama sekali tidak pernah membatasi perbuatan baik pemeluknya. Bahkan, semua umat Islam dapat berbuat baik dengan hal-hal dan cara-cara yang sederhana, baik perbuatan baik yang dilakukan secara langsung ataupun tidak.

Salah satu contoh berbuat baik yang paling sederhana secara langsung adalah dengan membelanjakan uang kita ke warung yang ada di dekat rumah, alias berbelanja di warung tetangga.

Lantas, apakah berbelanja di minimarket atau swalayan adalah sesuatu yang salah? Tentu jawabannya adalah tidak, karena itu murni hak yang Anda miliki untuk berbelanja di mana pun.

Namun, tak ada salahnya juga kan jika mencoba berbelanja di warung yang dekat dengan rumah? Mungkin, harga yang akan Anda dapatkan ketika berbelanja di minimarket atau swalayan sedikit lebih murah daripada berbelanja di warung tetangga. Alasan tersebut yang barangkali membuat Anda lebih memilih untuk berbelanja di minimarket atau swalayan.

Atau bahkan ternyata harga di warung tetangga ternyata lebih murah. Dan itu ternyata benar adanya. Kadang justru belanja di warung tetangga harga bisa lebih murah karena tidak terbebani pajak dan  biaya operasional yang tinggi.

Juga malahan sering ada beda harga yang lumayan karena di warung tetangga masih dibanderol dengan harga lama. Sedangkan di minimarket harga sudah naik. Memang terkadang di minimarket barang lebih lengkap dan dianggap modern.

Dulu ketika minimarket mulai tumbuh dan muncul di perkampungan kota dan wilayah pedesaan. Motif gaya dan gengsi atau sekedar terlihat modern mendominasi orang belanja di sini. Namun, sepertinya sekarang masyarakat sudah lebih cerdas dan semakin dewasa.

 

Beberapa Manfaat Sering Belanja Di Warung Dekat Rumah

Tak ada salahnya loh jika Anda mencoba untuk lebih sering berbelanja di warung dekat rumah. Kenapa? Ya, karena ada beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan kebaikan yang sederhana ini.

·         Membantu Menghidupkan Usaha Tetangga Anda

Saat ini, pertarungan antara pedagang biasa dengan minimarket dan swalayan semakin gila. Berbeda dengan era 90-an ke bawah, di mana warung tetangga Anda masih sedang berjaya, semua orang berbondong-bondong melarisi dagangannya. Namun, tatkala minimarket dan swalayan mulai menjamur, sudah berapa banyak warung yang harus bangkrut?

Mencoba untuk tetap berjualan meski pembeli tak seberapa. Cukuplah untuk menyambung hidup sehari-hari.  Hal ini bisa Anda temui di sekeliling rumah. Apalagi ketika hari-hari besar mulai dekat, diskon besar-besaran dimana-mana, lantas siapa yang akan melarisi warung tetangga kita?

Maka, mulailah berbelanja di warung dekat rumah, larisi dagangannya, karena kini mendapatkan satu pedagang saja sudah cukup sulit.

·         Menyambung Silaturrahmi

Dengan membelanjakan uang Anda ke warung tetangga, itu artinya Anda sudah mengamalkan ajaran Rasulullah untuk bersilaturrahmi. Kita tidak dapat mengelak, bahwa saat ini anak-anak, orang tua, remaja, dewasa mulai tumbuh menjadi pribadi yang individualis.

So, dengan Anda berbelanja di warung tetangga, tentu bisa mengembalikan rasa kebersamaan serta rasa saling tolong menolong yang dari dulu sudah diajarkan. Ketika Anda berbelanja ke minimarket atau swalayan, tak ada interaksi yang terjadi selain proses pembayaran.

Karena semua orang mencari kebutuhannya masing-masing dan tak peduli dengan pembeli lainnya, berbeda dengan berbelanja di warung tetangga. Anda dan pemilik warung pasti akan menjalin komunikasi.

Mungkin, di daerah-daerah yang cukup pelosok kebiasaan ini masih mudah ditemukan, namun tidak halnya dengan di kota. Tradisi indah ini sudah mulai punah, semua sibuk dengan kebutuhannya masing-masing.

Dua alasan di atas rasanya sangat perlu kita renungi, karena semakin banyak yang berbelanja di minimarket atau swalayan, itu artinya Anda terus memperkaya mereka yang sudah kaya dan memiskinkan tetangga Anda. Jika Anda niatkan saja berbelanja di warung tetangga untuk membantunya, artinya niat baik Anda sudah dicatat sebagai kebaikan oleh malaikat.

Belum lagi ketika membeli Anda melakukan silaturrahmi dengan saling menukar senyum, bercengkerama, dan saling mengingatkan dalam hal kebaikan, tentu pahala yang akan Anda dapatkan menjadi double. Yuk mulai melarisi warung tetangga Anda di dekat rumah, bantu mereka agar bisa mengembangkan usahanya.

Cukup sekian bahasan saya tentang beberapa manfaat belanja di warung tetangga. Selain lebih hemat dan praktis, sudah pasti Anda akan semakin bahagia karena bisa lebih banyak bersosialisasi sekaligus menebar kebaikan.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan yang lebih menyenangkan (Media Ilmu).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel