Tips Memilih Jurusan yang Tepat di SMA

 

Memilih Jurusan yang Tepat di SMA

Tips Memilih Jurusan yang Tepat di SMA - Memilih jurusan di SMA merupakan hal penting yang harus dilakukan. Sementara jurusan yang di pilih biasanya adalah program IPA dan IPS. Dalam hal ini, ada sebagian orang tua yang memaksakan kehendaknya untuk menentukan pilihan jurusan yang sesuai dengan keinginan anaknya.

Misalnya, orang tua memaksa anaknya untuk memilih jurusan IPA karena memang jurusan ini favorit dan bergengsi. Tetapi anak tidak selalu menyukainya atau tidak berbakat sama sekali di bidang tersebut. Meski pada dasarnya jurusan sains itu bagus. Mengapa memilih program di SMA penting?

Karena ini akan membawa Anda ke jenjang yang lebih tinggi, atau menentukan universitas yang akan Anda pilih nantinya. Oleh karena itu, setiap orang tua dan Anda harus mencari tahu lebih banyak tentang minat Anda dan menentukan di mana atau jurusan apa yang akan Anda pilih di perguruan tinggi.

Misalnya ketika Anda ingin masuk universitas, maka jurusan di SMA sangat berpengaruh dalam memilih jurusan saat Anda masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati dan berpikir dengan matang agar tidak salah dalam memilih jurusan di SMA. Jika Anda bingung memilih atau menentukan jurusan yang ingin Anda pilih. Berikut tips yang dapat diperhatikan dalam memilih jurusan yang tepat di SMA, meliputi :

Apa Saja Tips Memilih Jurusan yang Tepat di SMA?

 

Memilih Sesuai dengan Kemampuan

Memilih jurusan yang tepat di SMA, ada baiknya jika mengevaluasi nilai-nilai yang Anda dapatkan dari sekolah dasar hingga sekarang. Seberapa kuat nilai yang dikaitkan dengan pelajaran IPA, dan seberapa baik Anda dalam mata pelajaran IPS. Anda harus mencari tahu mana yang lebih Anda sukai saat mempelajarinya.

Jika Anda memilih jurusan IPA, maka Anda akan menjumpai beberapa mata pelajaran yang kemungkinan akan terasa agak sulit, seperti fisika, matematika, kimia, dan biologi. Sedangkan jika Anda memilih jurusan IPS, maka mata pelajaran yang akan Anda jumpai adalah, sosiologi, biografi, dan lain sebagainya.

Namun jika Anda masih bingung dengan kedua jurusan tersebut, maka katakan saja Anda tidak menemukan diri Anda memiliki kemampuan di salah satu dari keduanya, atau sama – sama menguasainya. Oleh karena itu, pilihlah salah satu dari keduanya yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Memilih dengan sesuai cita - cita

Aspirasi setiap orang berbeda-beda dan biasanya cita-cita yang dikehendaki semasa kecil terkadang berubah di tengah jalan. Aspirasi apa pun akan memengaruhi jurusan yang Anda pilih di sekolah menengah. Misalnya untuk menjadi pengacara atau akuntan, pilihannya adalah IPS.

Sedangkan jika ingin menjadi doktor atau arsitektur harus mengambil jurusan sains. Jadi sebaiknya mulai sekarang tanyakan pada orang tua atau orang lain tentang profesi yang Anda inginkan, agar pilihan jurusan SMA Anda bisa linier dengan profesi yang Anda inginkan.

Dalam dunia kerja, kemungkinan seseorang diterima suatu pekerjaan biasanya lebih tinggi jika jurusan dan pekerjaannya sejalan. Alasannya sederhana, Anda sudah memiliki kemampuan dan keterampilan yang sesuai dan dibutuhkan. Jadi, perusahaan tidak harus memulai dari awal untuk mengajari Anda.

Diskusi dengan Orang Tua

Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat menjalani proses belajar mengajar di sekolah dengan hati bahagia. Karena para orang tua sudah melalui semua ini, sehingga mereka pasti tahu persis mana yang harus Anda pilih.

Meskipun mungkin juga, Anda akan memiliki pandangan dan keinginan yang berbeda setelah berdiskusi dengan mereka. Tapi apa pun itu, hasil diskusi dengan orang tua dan restu dari mereka pasti akan membuat kalian lebih bahagia dalam belajar.

Hindari hanya bergabung dengan teman

Langkah berikutnya adalah hindari hanya bergaul dengan teman. Hal ini merupakan salah satu penyebab kesalahan dalam memilih jurusan IPA atau IPS di SMA. Padahal masa depan Anda harus menentukan sendiri. Anda harus benar-benar mempelajari minat dan kemampuan Anda untuk memilih jurusan yang tepat. Jangan menyesal nanti karena ternyata Anda tidak menyukai jurusan yang Anda pilih.

Demikianlah sedikit tips dari kami tentang bagaimana memilih jurusan yang tepat di SMA. Mudah-mudahan bermanfaat, sampai ketemu lagi di lain kesempatan (Media Ilmu).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel