Cara Membangun Karakter Jujur Pada Anak

Cara Membangun Karakter Jujur Pada Anak - Anak yang memiliki sifat jujur pasti akan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. Orang tua juga akan senang melihat anaknya jujur misalnya dalam mengerjakan tugas dari sekolahnya. Karakter ini perlu diajarkan semenjak dini.

Apalagi dimasa Pandemi ini, orang tua dan anak punya waktu lebih untuk bersama, ini jadi yang tepat untuk mengajarkan anak tentang nilai kejujuran.

Bagaimana Cara Membangun Karakter Jujur Pada Anak


Berikut ini adalah tips cara membangun karakter jujur pada anak semenjak dini:

Berikan Contoh

Anak-anak adalah peniru ulung, jadi untuk mengajarinya tentang kejujuran kita bisa memberi contoh terlebih dahulu. Anak-anak mulai memiliki kemampuan meniru di saat berusia 3 tahun. Berilah contoh yang baik pada anak terus-menerus agar tersimpan di memori otaknya.

Anak yang mendapat contoh baik, akan menerapkan apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga akan lebih termotivasi dengan nasehat-nasehat yang diberikan orang tua.

Berikan Apresiasi

Untuk membuat anak terbiasa untuk jujur, berilah rasa aman dan kasih sayang kepadanya. Ketika anak mengatakan bahwa dirinya melakukan kesalahan misalnya, jangan terburu-buru untuk memarahinya, itu adalah tanda bahwa anak sudah mengamalkan karakter jujur.

Ketika anak jujur berilah apresiasi untuknya, posisikan kita sebagai seseorang yang aman untuk anak, jangan membuat anak merasakan kita sebagai hakim yang selalu menghukum anak

Ceritakanlah anak tentang nilai-nilai kejujuran

Bagaimana cara membangun karakter jujur pada anak selanjutnya adalah dengan mengisahkan cerita-cerita yang mengandung nilai-nilai kejujuran. Kita bisa memperkenalkan karakter jujur melalui berbagai media termasuk dongeng. Seperti dongeng si kancil. Kancil yang suka mencuri timun, karena ketidakjujurannya dijauhi teman-temannya seperti gajah, jerapah, kuda dan lainnya. Akhirnya kancil menyadari perbuatannya dan tidak mengulangi kebohongannya lagi. Akhirnya si kancil mendapatkan kepercayaan lagi dari teman-temannya.

Ceritakan kepada anak bahwa jujur akan membuat kita lebih dihargai orang, sementara perbuatan bohong seperti kancil adalah perbuatan buruk yang tidak sukai orang dan mendapatkan dosa.

Terapkan kejujuran kepada anak

Ada suatu masa kita melakukan kesalahan kepada anak. Misalnya kita pernah lupa membelikan sesuatu yang ia inginkan. Penting untuk jujur kepada anak dan mengakui kesalahan. Sering tidak menepati janji dengan berbagai alasan membuat anak juga sulit untuk menjadi jujur.

Maka dari itu menerapkan kejujuran kepada anak adalah poin penting yang harus diusahakan orang tua agar anak tidak merasa kecewa. Buatlah Janji yang sekiranya bisa diwujudkan.

Berkomunikasi dengan Anak

Membuat anak berkarakter jujur memang perlu waktu. Ada fase di mana anak tidak merasa nyaman untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Ini adalah pekerjaan rumah yang perlu dicari solusinya. Dengan rajin berkomunikasi dengan anak. Buatlah anak nyaman bercerita dengan kita, jangan gampang menyalahkan pemikirannya.

Bantu anak untuk mengenali masalah dam membantu mencarikannya solusi. Misal bila anak kesulitan mengerjakan tugas sekolah daring, kita bisa membantunya mencari solusi. Jika anak sudah nyaman dengan kita lebih mudah baginya untuk berperilaku jujur.

Demikianlah bahasan kami mengenai bagaimana cara membangun karakter jujur pada anak. Semoga artikel pendidikan ini membawa manfaat dan berkah bagi semua (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel