Hal Yang Menyebabkan Sulit Menulis

 

Hal Yang Menyebabkan Sulit Menulis

Hal Yang Menyebabkan Sulit Menulis - Bagi penulis, mengalami writer block adalah salah satu masalah yang bisa membuatnya kesulitan menulis. Akibatnya penulis kesulitan mewujudkan ide yang ada di kepala dan akhirnya membuatnya kesulitan menyelesaikan tulisan yang telah dibuat.

Sebenarnya writer block merupakan sesuatu yang normal terjadi, agar kita lebih tahu tentang penyebab masalah ini, yuk simak artikel di bawah ini:

Memikirkan ide tulisan menarik

Memang untuk membuat karya tulisan, kita harus membuatnya dengan landasan ide yang menarik agar banyak orang membacanya. Tapi terlalu fokus memikirkan hal ini malah akan memicu terjadinya writer block.

Hal ini terjadi karena otak merasa terbebani dan terpaksa mengeluarkan usaha ekstra yang mana akhirnya bisa merusak mood saat menulis. Terkadang kita hanya perlu menulis dan menggunakan prinsip mengalir seperti air. Agar ide menarik itu datang di pikiran kita.

Terlalu memikirkan akhir tulisan

Terkadang ada penulis yang selalu memikirkan akhir tulisan, bahkan saat tulisan tersebut masih belum selesai. Bermaksud ingin menutup tulisannya dengan rapi itu adalah niat yang baik. Namun jika hal itu malah membuat pikiran kita terjebak, ini akan jadi masalah dan akhirnya menjadi Writter block.

Biarkan otak mengeluarkan gagasan dengan sendirinya, jangan berusaha membatasi apa yang ada di kepala kita. Tulislah sesuatu tidak usah terburu-buru. Maka jam terbang menulis akan semakin lama membuat kita lebih mudah membuat akhir dari tulisan.

Kurang referensi

Salah satu penyebab yang menyebabkan kita sulit menulis adalah kurang referensi. Masalah ini sering menjadi penyebab utama kenapa kita mengalami Writter block. Menulis itu butuh riset dan pengetahuan karena dari hal itulah inspirasi akan lebih mudah keluar dari otak.

Menulis sesuatu yang bukan kesukaan kita memang tidak mudah, bahkan malah bisa membuat kita tidak semangat menulis. Untuk meminimalisir hal itu lebih membaca dulu berbagai bahan yang berhubungan dengan topik yang ingin dibahas.

Memaksakan Diri

Menulis itu jangan memaksakan diri, semakin dipaksa malah membuat pikiran terbelenggu. Menulis itu bukan sekedar menyusun kata-kata, namun kita juga harus memikirkan ide yang bisa dipahami oleh pembaca. Menulis itu butuh fisik dan pikiran yang bugar. Bila kita kelelahan dan memaksakan diri maka tulisan kita tidak akan maksimal.

Jika sudah jenuh, letakkan pena dan segera beristirahat. Biarkan fisik dan otak memulihkan diri untuk sejenak. Maka saat kondisi pikiran fresh, Writter block akan lebih mudah dihindari.

Memikirkan anggapan orang lain

Mental penulis memang benar-benar diuji karena hasil karyanya harus siap dinilai orang lain. Ada penulis yang malah mengalami kendala menulis karena takut karyanya dinilai jelek oleh orang lain. Mereka sering berpikir buruk terhadap tulisan mereka padahal itu tidak sepenuhnya benar.

Memikirkan respons orang lain boleh-boleh saja, tapi jangan terlalu dibuat pikiran. Menjadi penulis itu harus bersikap terbuka, jangan takut menerima saran dan kritik karena hal itulah yang membuat kemampuan kita berkembang.

Demikianlah bahasan kami tentang lima hal yang sering menyebabkan kita sulit menulis. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam sukses selalu dari tim Media Ilmu (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel