Rekomendasi Film Tentang Pemberdayaan Perempuan

Rekomendasi Film Tentang Pemberdayaan Perempuan - Dalam dunia film pada awalnya peran perempuan seperti hanya pelengkap saja. Bahkan hampir tidak ada film bertemakan karakter perempuan yang ikonik. Hal ini terjadi karena dulu belum ada kesadaran tentang kesetaraan gender.

Kini industri film telah berubah, wanita kini bukan hanya sebatas cameo yang numpang lewat saja. Namun wanita juga bisa membuktikan eksistensinya dengan sukses membintangi berbagai film.

Karena masih dalam suasana hari pemberdayaan Perempuan Internasional, kami akan merekomendasikan tentang daftar film pemberdayaan perempuan:

 

Rekomendasi Film Tentang Pemberdayaan Perempuan

Roma

Film Roma mengisahkan perjuangan 2 orang wanita yang tegar. Keduanya memiliki kisah hidup yang sama. Sama-sama ditinggalkan pasangan dan terpaksa hidup mandiri. Keduanya saling menguatkan dalam setiap kondisi.

Kisah film Roma mengambil latar Mexico tahun 1970an. Ada 2 karakter utama yang menghiasi cerita film ini yaitu Cleo dan Sofia. Cleo adalah seorang pembantu rumah tangga yang hamil kemudian ditinggal pacarnya. Sementara Sofia adalah majikan cleo yang juga ditinggalkan oleh suaminya karena memilih wanita muda.

Hidden Figures

Film ini juga menarik untuk ditonton karena nilai edukasinya yang membuat kita sadar akan emansipasi wanita dan menanamkan nilai anti diskriminasi. Hidden Figures diadaptasi dari kisah nyata. Bercerita tentang proses penerbangan manusia pertama kali menuju bulan. Ternyata dibalik kisah epic itu. Terdapat 3 sosok wanita tangguh yang membantu proses penerbangan.

Perjuangan 3 sosok wanita Afrika yang patut dijadikan inspirasi karena mereka menghadapi rasialisme dan diskriminasi pada saat bekerja di Nasa Langley Research Center. Namun mereka tetap kuat dan berhasil menunjukkan prestasinya.

Brave

Kali ini kita beralih di film animasi, Disney sebagai salah satu perusahaan animasi terbesar juga mempunyai film yang bisa memotivasi perempuan untuk berdaya. Yaitu film brave. Film ini punya karakter yang berbeda dari film perempuan Disney lainnya.

Jika di film lain kebanyakan karakter Puteri bersikap lemah lembut dan harus dilindungi oleh tokoh lain. Namun berbeda dengan film brave. Karakter Merida pada toko ini begitu kuat, dan memimpin pasukannya dalam melindungi kerajaannya.

Berbagi Suami

Film lokal juga tak kalah bagusnya dalam mengangkat tema tentang pemberdayaan perempuan. Salah satu film yang layak untuk ditonton adalah film berbagi suami. Film ini mengisahkan tentang kehidupan 3 wanita yang dipoligami oleh suaminya.

Film ini mengungkapkan isi hati dan sudut pandang perempuan dalam menyikapi poligami. Film ini dibumbui dengan konflik yang mampu membawa penonton masuk ke dalam ceritanya

Suffragatte

Film Suffragatte rasanya layak dinominasikan sebagai salah film pemberdayaan perempuan terbaik. Film ini menceritakan tentang dua aktivis perempuan yang hidup di Inggris pada masa abad 20an

Mereka menuntut perlakuan adil dari pemerintah kepada perempuan, mereka ingin perempuan mendapatkan hak bersuara dalam pemilihan umum. Film ini juga mengungkapkan tentang kondisi sosial-politik wanita pada zaman dulu yang banyak dikekang oleh aturan.

Demikianlah bahasan kami tentang rekomendasi beberapa film tentang pemberdayaan perempuan. Semoga kita semua bisa lebih menghargai perempuan setelah menonton film-film ini. Selamat menonton dan salam bahagia dari tim Media Ilmu (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel