Destinasi wisata Observatorium dan planetarium di Indonesia

 

Destinasi wisata Observatorium dan planetarium di Indonesia

Destinasi wisata Observatorium dan planetarium di Indonesia - Jika sahabat menginginkan tempat liburan yang punya nilai edukasi tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan di Observatorium dan planetarium. Di tempat ini kita akan belajar mengenai antariksa bahkan melakukan pemantauan terhadap objek-objek ruang angkasa.

Di Indonesia sendiri sudah terdapat beberapa Observatorium dan planetarium yang juga difungsikan sebagai tempat penelitian ilmu pengetahuan terutama berkaitan dengan astronomi. Daripada penasaran mari kita simak ulasan berikut ini.

Observatorium bosscha

Observatorium bosscha berdiri sejak zaman kolonialisme Belanda. Berlokasi di Lembang Bandung tempat ini juga merupakan Observatorium pertama yang dibangun dalam sejarah bangsa Indonesia. Observatorium ini memiliki teleskop pemantau berdiameter 60 cm dan dikelola oleh fakultas FMIPA ITB.

Tempat ini dijadikan sebagai tempat penelitian, pendidikan, pengembangan ilmu astronomi di Indonesia. Tempat ini juga dibuka sebagai tempat pariwisata edukatif yang terbuka untuk umum.

Planetarium Jakarta

Sesuai dengan namanya planetarium ini terletak di kawasan taman Ismail Marzuki Jakarta. Dibangun sejak tahun 1964, planetarium Jakarta menjadi tempat edukasi mengenai objek antariksa, simulasi tata Surya, peneropongan bintang dan hal sejenisnya.

Planetarium Jakarta juga menyediakan foto-foto, infografis, dan film yang mengajak pengunjung untuk lebih dekat mengenal dunia antariksa. Planetarium selalu menjadi primadona masyarakat Jakarta terutama saat momen libur panjang.

Planetarium Jagad raya Tenggarong

Selain dipulau Jawa, keberadaan planetarium juga tersedia di luar Jawa. Salah satunya adalah planetarium Jagad raya di Tenggarong Kalimantan timur. Di sini kita bisa disuguhi simulator ruang angkasa melihat pemandangan planet, fenomena langit dan galaksi dengan bantuan teknologi proyektor skymaster ZKP3 yang dibuat di Jerman.

Planetarium ini menawarkan suguhan suasana ruang angkasa secara detail dan bisa menarik perhatian pengunjung awam yang baru memulai belajar soal astronomi.

Planetarium Taman Pintar Yogyakarta

Di Jogja juga terdapat destinasi wisata planetarium yang berada di kompleks taman pintar Yogyakarta. Dibangun di tahun 2012 dan secara resmi dijadikan sebagai planetarium keempat dalam sejarah Indonesia.

Untuk tiket masuk hanya dihargai 15.000 saja per orang. Dengan kapasitas penonton Mencapai 50 kursi. Kita bisa menikmati simulasi Langit. Istimewanya kita juga bisa mengamati pemandangan langit kota Jogja, mendapat informasi tentang tanggal fenomena langit dan sebagainya.

Observatorium Timau

Yang terbaru Indonesia juga akan memiliki Observatorium yang baru dibangun di tahun 2017 dan memiliki teleskop terbesar di Asia tenggara dengan ukuran diameter 3,8 meter. Observatorium ini terletak di daerah minim polusi udara tepatnya di kawasan cagar alam gunung Timau.

Rencananya observasi ini akan selesai dibangun pada tahun 2021. Diharapkan dengan terbangunnya Observatorium ini, akan berdampak pada kemajuan dunia astronomi Indonesia.

Itulah beberapa destinasi wisata observatorium dan planetarium di Indonesia yang harus masuk agenda kita ketika traveling. Selain untuk ajang rekreasi juga sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Salam Media Ilmu (ilmiahku.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel