Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Bisa Bekerja di Bidang Data Science

Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Bisa Bekerja di Bidang Data Science - Data adalah informasi yang penting untuk menentukan sebuah kebijakan sebuah perusahaan. Dari data perusahaan akan lebih gampang membuat keputusan yang sesuai goals. Dan untuk mengolah data tersebut dibutuhkan seseorang yang berkompetensi yang disebut sebagai profesi data science.

Di era ekonomi 4.0 ini kebutuhan akan data sangatlah banyak, banyak perusahaan berbondong-bondong mencari seorang data science untuk membantu tujuan perusahaan. Bagi kamu yang berminat terjun dibidang ini. Ada beberapa jurusan yang lulusannya, punya kompetensi untuk bekerja sebagai data science. Berikut ini adalah daftarnya:

Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Bisa Bekerja di Bidang Data Science


Teknologi Informasi

Jurusan pertama yang bisa membuatmu bekerja sebagai data science adalah teknologi informasi. Menjadi data scientis tak lepas hubungannya dengan keahlian menggunakan komputer.

Seorang dari jurusan teknologi informasi akan dibekali berbagai keilmuan tentang perancangan, penganalisaan, testing,  mengembangkan aplikasi, dan juga coding. Dengan kemampuan seperti ini tentu seorang lulusan teknologi informasi cocok untuk bekerja dalam pengolahan data.

Matematika

Bagi kamu yang hobi belajar matematika dan berkuliah di jurusan matematika. Dengan keahlian ini kamu bisa memilih karier sebagai data scientis. Dalam jurusan matematika akan diajari soal statistika, algoritma, serta aljabar. Ilmu-ilmu yang berbasis pada kemampuan logika ini bisa diaplikasikan saat bekerja sebagai dibidang data science nanti.

Apalagi seorang dari lulusan matematika di modali dengan kemudian melakukan pemodelan data seperti predictive, presciptive dan ekploratif.

Ekonomi

Menjadi data scientis sebenarnya bisa dilakukan oleh latar belakang apa saja asal mempunyai kemampuan pengolahan data. Termasuk bila kamu berkuliah di jurusan sosial humaniora, khususnya jurusan ekonomi.

Jurusan ekonomi juga mempelajari soal statistika dan memperkuat nilai plus karena belajar juga tentang pengolahan keuangan perusahaan. Untuk memperdalam ilmu data science, seorang lulusan ekonomi bisa mendapatkannya saat bekerja.

Ilmu komunikasi

Seorang dari jurusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi data scientis. Meskipun tidak berasal dari jurusan eksakta, kenyataannya profesi data scientis bisa diraih oleh orang berlatar belakang apa saja. Seorang lulusan komunikasi mempunyai keunggulan dalam mencari berbagai informasi terutama dalam dunia digital.

Namun seorang dari jurusan ilmu komunikasi juga harus mempelajari bahasa pemrograman seperti Python dan R agar berpeluang diterima sebagai di bidang data science.

Itulah jurusan kuliah yang lulusannya bisa bekerja di bidang data science. Silakan pilih jurusan yang sesuai dengan selera dan passion Anda (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel