5 Alasan Orang Indonesia Kuliah di Singapura

5 Alasan Orang Indonesia Kuliah Di Singapura - Berbicara Soal masa depan, kita pasti ingin kehidupan yang terjamin. Salah cara yang dilakukan banyak orang untuk menuju ke arah sana adalah melakukan investasi. Tapi tahukah sebenarnya investasi itu tidak terbatas bentuknya, bukan hanya harta saja tapi juga bisa berupa pendidikan.

Dengan pendidikan yang tinggi, kehidupan seseorang akan lebih baik. Makanya tak heran banyak orang berlomba-lomba memperoleh pendidikan terbaik. Singapura sering kali menjadi negara favorit orang Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Mau tau kenapa alasannya ? Simaklah ulasan di bawah ini.

Kuliah di Singapura


Faktor Geografis

Salah satu alasan kenapa banyak orang Indonesia kuliah di Singapura adalah faktor geografis. Negara ini letaknya tidak terlalu jauh dengan Indonesia. Transportasi untuk menuju ke sana pun juga beragam bisa menggunakan pesawat atau kapal. Karena letaknya yang dekat sehingga biaya yang dikeluarkan pun relatif terjangkau.

Kultur yang tidak jauh berbeda

Cultur Shock kerap menjadi masalah ketika sedang berkuliah di luar negeri. Menghadapi budaya baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan adalah sesuatu yang sulit untuk banyak orang. Namun hal ini bisa diminimalisir saat berkuliah di Singapura. Karena letaknya yang masih di kawasan Asia tenggara, jadi kulturnya pun tak jauh berbeda dengan Indonesia.

Mungkin orang Indonesia harus lebih beradaptasi dengan aturan-aturan di negara maju tersebut yang dikenal sangat disiplin. Misalnya larangan membuang sampah sembarangan, akan ada sanksi denda bila ada yang melanggar.

Tingkat kejahatan yang rendah

Singapura adalah negara yang maju dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya yang tinggi. Singapura pun juga dikenal sebagai negara yang disiplin tidak pandang buluh saat menegakkan aturan. Baik orang lokal atau asing diberikan hak dan kewajiban yang sama.

Jadi jangan khawatir dengan keamanan saat berada di sana. Karena tingkat kriminalitas dinegara tersebut sangat rendah. Fakta ini juga menjadi alasan kenapa banyak pelajar asing ingin kuliah di sana.

Biaya Hidup Yang Terjangkau

Banyak orang beranggapan kuliah di luar negeri harus mengeluarkan dana yang mahal. Namun hal ini bisa dibantahkan saat berkuliah di Singapura. Biaya kuliah di sana pada umumnya lebih terjangkau bila dibandingkan biaya kuliah dinegara-negara Eropa dan Amerika.

Faktor jarak yang tak terlalu jauh dengan Indonesia juga menjadi faktor yang menghemat pengeluaran saat menempuh pendidikan di Singapura.

Kaya akan budaya

Kuliah di Singapura akan membuat kita belajar tentang keanekaragaman budaya. Singapura adalah negara yang didiami oleh orang dari banyak etnis. Mulai dari Melayu, China, India, Bangladesh, Inggris dan masih banyak lagi.

Macam budaya yang ada di sana akan mengingatkan kita tentang suasana budaya di Indonesia. Belajar Di Singapura juga akan menambah kemampuan beradaptasi, karena kita akan setiap hari bertemu budaya-budaya baru (ilmiahku.com).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel