Tips Membantu Anak Mendapatkan Teman

Tips Membantu Anak Mendapatkan Teman - Setiap anak-anak memiliki karakteristik masing-masing, termasuk dalam bersosial. Ada anak yang supel, terbuka dan mudah membaur dengan temannya, ada pula yang sebaliknya bersifat pendiam, tertutup dan tidak mudah bersosialisasi.

Kemampuan anak dalam hal bersosialisasi sangatlah tergantung dari karakter bawaan mereka. Sebagai orang tua, kita bisa melakukan beberapa kiat agar anak mudah bersosialisasi dan mendapatkan teman.

Tips Membantu Anak Mendapatkan Teman


Berikut ini adalah beberapa tips membantu anak mendapatkan teman.

Perhatikan interaksi anak dengan lingkungannya

Anak bisa saja memiliki sikap yang berbeda ketika di rumah dan ketika di lingkungan luar. Cobalah untuk lebih sering menengok aktivitas anak misalnya saat di sekolah. Apakah ada perbedaan, apakah anak terlihat malu dengan temannya ?

Hal ini sering terjadi terlebih bila anak dari awal memiliki sifat pemalu. Cemas saat berhadapan dengan orang lain, dan jarang memulai pembicaraan. Orang tua harus tanggap mengenai hal ini dan melatih kemampuan sosial anak.

Dampingi anak di langkah pertamanya

Kata kunci dari keberhasilan bersosialisasi anak adalah saat kepercayaan diri tumbuh padannya. Terutama pada fase awal anak memulainya. Peran orang tua penting di sini. Damping anak saat mereka awal-awal masuk sekolah, dampingi anak saat mereka bermain di tempat yang lebih ramai. Buatlah mereka nyaman dilingkungan baru.

Jangan memaksa anak berada di lingkungan yang lebih besar, jika memang mereka belum merasa aman.

Ajari Anak Skill Berbicara

Berbicara adalah skill dasar untuk memulai sosialisasi. Dengan skill bicara yang baik, anak akan lebih mudah mendapatkan teman.

Untuk dapat diterima dilingkungan barunya, anak juga harus bisa memperkenalkan diri dan mendengarkan pembicaraan orang lain. Skill ini bisa dilatih tentunya. Libatkan anak dalam berdiskusi, bisa diawali dengan mendiskusikan menu sarapan, acara favoritnya dan masih banyak hal lagi.

Aktif mengajak anak berbicara anak meningkatkan kemampuan interaksinya.

Libatkan anak dalam aktivitas sosial

Orang tua perlu melibatkan anak dalam berbagai aktivitas sosial. Karena dengan itulah, anak bertemu dengan orang lain. Aktivitas sosial juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan skill Komunikasi anak. Anak juga akan berlatih bekerja sama dengan orang baru.

Untuk awal, jangan menaruh anak pada aktivitas-aktivitas yang berbau kompetitif terlebih dahulu. Libatkan anak dalam aktivitas sosial yang santai. Mencari aktivitas sesuai hobi anak, juga bisa dilakukan agar Kepercayaan diri tambah naik.

Latih anak saat mendapat respons negatif dari orang lain

Bisa jadi anak menjadi sulit punya teman karena mendapatkan respons negatif dari orang lain. Seperti pengalaman di ejek, ditertawakan dan sebagai. Hal ini akan terus melekat bila anak tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Anak bisa saja terlanjur yakin bahwa dunia luar adalah sesuatu yang tidak aman. Respons negatif akan membuat anak sulit percaya akan hubungan pertemanan. Orang tua harus bisa memberikan pengertian dan melatih anak saat menghadapi pengalaman buruk yang berkaitan dengan interaksi dunia luar.

Demikianlah bahasan singkat kami tentang tips membantu anak mendapatkan teman. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke ilmiahku.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel