Daftar Manfaat Kuliah Sambil kerja

Daftar Manfaat Kuliah Sambil kerja

Daftar Manfaat Kuliah Sambil kerja - Kuliah adalah jenjang pendidikan yang banyak diimpikan orang. Kuliah bisa memperbaiki karier kerja, memperbanyak relasi, mendapatkan gelar dan sebidang alasan lainnya.

Namun kuliah sering memaksa orang untuk menggelontorkan uang karena jumlah tagihannya yang besar. Maka dari itu banyak mahasiswa di luar sana yang melakukan kuliah sambil bekerja. Lalu apa saja sih keuntungannya ? Simak ulasan tentang daftar manfaat kuliah sambil kerja di bawah ini

Unggul di bidang pengalaman

Jangan merasa rendah diri ketika kita harus terpaksa kuliah sambil kerja. Meskipun ini merupakan pilihan yang tidak mudah. Tapi percayalah sebenarnya ini cara tuhan untuk mendidik kita.

Dengan kuliah sambil bekerja kita akan mendapatkan pengalaman yang belum pernah dirasakan oleh teman kuliah kita. Kita akan benar-benar menghadapi situasi dunia nyata dibandingkan dengan teman kita yang masih bergelut pada teori. Pada hari kelulusan nanti, pengalaman inilah yang mempermudah kita dalam mencari pekerjaan.

Memperkaya Relasi

Salah satu hal penting yang bisa kita dapatkan saat kuliah sambil bekerja adalah mendapatkan relasi. Relasi kita tidak terbatas dalam dunia kampus, kita juga akan mendapatkan relasi dari lingkungan tempat kerja kita.

Dengan relasi yang luas ini adalah modal penting kita untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan mendatang. Dengan relasi kita bisa mendapatkan bantuan apabila kita kesusahan, peluang mendapatkan pekerjaan juga lebih terbuka bila kita membiasakan diri banyak bergaul dengan orang.

Komitmen mengatur waktu

Kuliah dan bekerja itu memang aktivitas yang melelahkan pada awalnya, mungkin sebenarnya kita memilih jalan ini karena terpaksa untuk mencari uang. Tapi percayalah fase yang rasakan ini akan membuat kita menjadi orang yang mudah beradaptasi,

Lama-kelamaan kita tidak akan merasakan berat menjalani dua aktivitas secara bersamaan. Waktu akan mengajari kita untuk disiplin mengelola waktu dan disiplin menyelesaikan apa yang telah kita mulai.

Mental menjadi kuat

Kebanyakan orang ketika pertama kali melakukan kuliah sambil bekerja pasti akan merasa berat. Bagaimana tidak kita dipaksa untuk pintar membagi waktu, mencurahkan tenaga, dan pikiran untuk kedua hal yang idealnya harus dikerjakan dalam 1 fokus ini.

Tapi dari tempaan inilah kita beli untuk menjadi pribadi yang kuat, ibarat senjata kita ini adalah keris sedangkan kuliah dan bekerja adalah bentuk tempaannya. Kita akan dibakar, di ukir, di rendam berkali-kali, namun perjuangan itu akan terbayar dengan kita yang bermental kuat menjalani kerasnya hidup ini.

Bisa membayar keperluan sendiri

Ini adalah manfaat positif ketika kita kuliah sambil bekerja. Kita mendapatkan bayaran dari hasil jerih payahnya sendiri. Kita tidak perlu meminta bantuan orang tua lagi untuk membayar keperluan-keperluan kita selama kuliah. Kita juga akan belajar caranya mengatur uang dan menjadi pribadi yang mandiri , tidak bergantung dengan orang tua lagi.

Menjadi disiplin dan bertanggung jawab

Konsekuensi yang harus dihadapi saat kuliah sambil bekerja adalah kita harus bisa membagi waktu untuk menjalankan keduanya. Ini bukanlah hal mudah, tapi dari sinilah tanggung jawab dan kedisiplinan kita di uji.

Bisakah kita terus mempertahankan komitmen hingga kuliah kita berakhir,  bisakah kita tetap profesional dalam bekerja meskipun juga harus berkuliah ? Jika ini berhasil dipegang teguh akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab.

Demikianlah ulasan kami tentang daftar manfaat kuliah sambil kerja yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan (ilmiahku.com).

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel