Iklan Responsif

Energi dalam Black Hole? Cek Yuk!

Kalian tahu gak sih apa itu Black Hole? Pasti gak asing dong dengan kata Black Hole yang akhir-akhir ini sedang viral. Betul gak sebenarnya Black Hole bisa menarik benda-benda yang berdekatan dengannya? Penasaran? Simak artikel berikut ini biar semakin ngerti dan paham!

Energi dalam Black Hole? Cek Yuk! Firda Nurul Izzah

Apa itu Black Hole?

Black Hole adalah lubang hitam yang ada di luar angkasa yang memiliki berat 6 miliar kali berat matahari. Bisa dibayangkan dong seberapa besar Black Hole ini. Black Hole terbentuk dari bintang raksasa yang telah mati. Suatu bintang yang sudah kehabisan energi ini cahayanya akan hilang kemudian meledak dan mulai berubah menjadi Black Hole. Nah, akhir-akhir ini baru ditemukan gambar asli dari Black Hole ini nih. Yuk, lihat gambarnya.

Pada tahun 1790 John Michaell dan Piere Simon Laplace menyatakan bahwa ada bintang yang tak terlihat di angkasa. Kemudian Albert Einstein mengemukakan teori relativitas pada tahun 1910 yang memperkirakan ada sesuatu di luar angkasa yang dapat memengaruhi tempat dan waktu. Beberapa astronom juga mempercayai bahwa setiap galaksi yang ada di semesta ini mengelilingi lubang hitam yang berada pada pusat galaksi.

Sejak pertama kali teori tentang Black hole dicetuskan yaitu sekitar 250 tahun lalu, Untuk pertama kalinya gambar asli dari Black Hole dirilis pada tanggal 11 April 2019. Tentunya tidak mudah untuk mengambil foto dari bentuk asli Black Hole ini. Para ilmuwan melakukan penelitian selama dua tahun dengan menggunakan 8 teleskop yang diletakkan pada titik yang berbeda-beda. Black Hole ini ditemukan pada galaksi M87. 

Bagaimana Black Hole Bisa Menarik Benda-benda yang Berdekatan Dengannya?

Black Hole ini merupakan benda yang sangat besar dan memiliki massa jenis yang sangat besar pula, hal ini dikarenakan Black Hole memiliki massa yang besar namun volumenya sangat kecil sehingga bentuknya sangat padat dan mampat. Massa yang besar mengakibatkan Black Hole bisa menarik benda-benda yang ada di sekitarnya dan jika dua Black Hole saling berdekatan maka mereka bisa bergabung menjadi satu menjadi Black Hole yang lebih besar lagi. Black hole memiliki gravitasi yang sangat besar, inilah mengapa benda bahkan cahaya yang berdekatan bisa tersedot ke dalam Black hole.

Apakah Black Hole Pernah Disinggung di Al Quran?

Mari kita amati Al-Qur’an surat at-Takwir ayat 15 dan 16 berikut ini.
()فَلَا اُقْسِمُ بِالخُنَّسِ 
()الْجَوَارِالْكُنَّسِ

Apabila dicocokkan dengan ilmu sains, ayat ini cocok dalam menjelaskan tentang Black Hole ini.
  1. Kata الخنس, dalam Bahasa Arab berarti tertutupi atau tidak terlihat. Ini kenapa jin dan setan dalam surat An-Nas disebut dengan Al- Khannas karena mereka tidak terlihat.
  2. Kata  الجوار, artinya berjalan.
  3. Kata الكنس, berasa dari Bahasa Arab مِكْنَسَةٌ yang memiliki arti sapu. Secara istilah diartikan dengan menarik sesuatu kepada dirinya dengan kuat.

Apabila kita telaah kembali, semua yang disebutkan dalam Al-Qu'ran Surat At-Takwir ini menunjukkan ciri-ciri dari Black Hole yaitu sesuatu yang tidak terlihat dan berjalan dengan menyapu apapun yang ada disekitarnya. Jadi sebelum dijelaskan oleh ilmuwan, Al-Qur’an sudah lebih dahulu membahasnya.

Black Hole kan Gelap, Kok Bisa Difoto?

Nah, sebenarnya Black Hole itu memancarkan gelombang radio. Para ilmuwan menangkap gambar tersebut menggunakan gelombang radio yang sampai ke Bumi. Gelombang tersebut ditangkap dari teleskop yang kemudian datanya disimpan dalam hard disk baru kemudian bisa diolah dengan komputer.

Uraian di atas tentang Black Hole. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini. Semoga bermanfaat.

Penulis: Firda Nurul Izzah (S1 Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya)
Editor: Binar Kurnia Prahani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel